Daily Report in Dublin

Ada dua excitement pas tau gua menang kuis nonton konser D12 di Dublin Irlandia. Kesatu gua bakalan ke luar negeri (ini pertama kali gua ke luar), dan kedua bakalan nonton konser grup band kelas dunia disana! Ini bener-bener diluar dugaan. Kalo boleh dibilang ini miracle, ya ini adalah miracle! God knows what I’ve been dreaming of selama ini. And the story begins :

24 September 2004,
15.00 Wib
Nyampe Cengkareng. Wah kepagian ya? Sementara pesawat take-off jam 6-an sore, gua udah nyampe Cengkareng jam 3 sore. Staff Music-inc, Kyle, dan Melany dari Universal Music malah belum ketahuan ada dimana. Agak panik juga sih mengingat gua belum megang tiket dan belum tahu jam pasti keberangkatan. Untung ngga lama setelah itu staf Music-Inc nelpon kalo mereka sudah dalam perjalanan ke Bandara.

16.30 Wib.
Ketemu Staf Music-Inc, Kyle dan Melany. Say hi, check-in, urus fiscal, say goodbye to Amien dari Music-Inc, then we fly to Dublin by KLM pas jam 18.55 Wib.



25 September 2004
07.00 waktu Amsterdam
Kita tiba di Schipol Airport Amsterdam. Wuaaaahhhh … ngelurusin badan nih setelah satu jam dua puluh menit terbang dari Jakarta ke Singapura, dan diteruskan 12 jam terbang dari Singapura ke Amsterdam, akhirnya kita bisa ngelurusin badan selama 4 jam di Schipol sambil nunggu transfer ke Dublin.
Yang bikin suck, HP gua ngga bisa konek! Padahal beberapa hari sebelum berangkat petugas di Grpari Telkomsel sudah bilang internasional roaming sudah dibuka dan ready to use. Bete juga ngga bisa laporan ke orang2 rumah. Terpaksa gua pinjem HP Kyle untuk satu-dua-tiga SMS. Hehehehe … thanks Kyle.
Breakfast di McD, skalian ngerokok! Gila …. Enak banget. Mulut rasanya udah asem banget 14 jam ngga nemu asep. Hehehehe untung di Schipol ada restoran yang smoking area, jadi 4 jam cukup puas buat berbatang-batang rokok sebelum bisa nemu asep lagi entah kapan (yg gua tahu di luar susah banget nyari smoking area).

10.00 waktu Amsterdam
Leaving Schipol Amsterdam by Aer Lingus to Dublin.



11.20 waktu Dublin
Finally kita nyampe Dublin Irlandia. Udara segar dan angin dingin menyambut kedatangan kita (hehehehe … sok puitis banget ya?), mungkin karena hujan baru saja mengguyur bumi Dublin jadi suasananya ya seperti itu.
Setelah beli persediaan Pop-up Peta di airport, kita segera meluncur ke Travelodge, tempat kita akan menginap, di daerah Swords. Hmmm … lumayan jauh juga. Sopir Taxi-nya kaget banget pas di bilang kalo kita datang ke Dublin just for a concert! Dibilang kita datang untuk D12, sang sopir kelihatan bingung. Ngga kenal D12 ya? Wah … ngga gaul nih!

14.00 Explore the downtown
City Center jadi sasaran. Where else? Pusat kota memang biasanya paling rame kan? Berbekal informasi dari receptionist Travelodge dan selembar peta, kita berangkat pake bis ke City center of Dublin.
Kalo dibilang Dublin adalah kota wisata ya ngga salah juga. Begitu masuk kota aja jalanan sudah penuh orang. Anak-anak gaulnya Dublin plus ratusan (atau ribuan ya?) turis berbaur menuhin jalan dan pertokoan di seputar kota. Sebenarnya ngga tau juga sih yang mana penduduk local dan yang mana wisatawan, karena mereka semua sama-sama bule! Hehehehehe … tapi kalo yang menuh-menuhin Irish Gift Shops sih udah pastinya wisatawan, karena ngapain juga kan orang local beli merchandise Dublin/Irlandia?
We walked in shop to shop dan blok to blok. Ngga nyadar banget kalo kita tuh udah jalan jauh banget. Peta sementara dilipat dulu, kalo ntar nyasar baru dibuka! Hehehehe … Meski mata udah kerasa berat (eh di Indonesia udah semestinya siap-siap cuci kaki dan bobo tuh), kita masih maksain jalan. Kita mikir, kalo waktu 3 hari ngga dimanfaatin maksimal we’ll be missing some parts of Dublin. Ya udah, jalan lagi ….. shopping? Hmmm … bekal euro mulai dipake. Ada yg cocok, sikat! Kali aja besok ngga kesitu lagi. Tapi kita masih2 ati-ati juga belanja : pertama karena masih rada2 kaget dengan harga2 disana (yg kalo dikonversi ke rupiah bisa bikin sakit hati), kedua siapa tahu pas jalan lagi ke toko-toko berikut ada yang harganya lebih miring. Jadi memang masih lebih banyak survey-nya ketimbang transaksi-nya. Masih ada hari esok man ……
Jam 6 sore toko-toko mulai tutup. Hah, masih terang benderang gini kok udah tutup? Tapi ya itulah … kita ngga bisa nahan mereka buka lebih lama karena memang kebiasaannya seperti itu. Hanya minimarket dan pub/bar yang buka sampai tengah malam. Kaget? Pasti, karena di Indonesia kan minimal jam 9 malem baru toko/supermarket pada tutup. So, kita mesti kemana nih sekarang?
Ternyata sekarang kita mesti nyari jalan pulang! Posisi kita sih jelas ada di peta, tapi bus stop arah ke Travelodge-Swords ada dimana? Nah lho …. Jangan kira semua orang Dublin tahu alur semua bis ya, karena pelayan toko yang kita tanya ternyata malah semakin menyesatkan! Busettt … we walked couple blocks for nothing. Ngga ada satupun bis arah Swords yang lewat depan kita duduk manis menunggu. Jam menunjukkan arah delapan, dan mulai terasa gelap. Ujung-ujung jari yang lecet dan betis yg mulai pegel membuat kita males bergerak lagi. Cuma satu harapan, ada bis arah Swords yang nyasar lewat tempat kita duduk. Hehehehehe … kita semakin putus asa begitu ngga ada satupun Taxi yang mau berhenti ngasih tumpangan (hmmm .. apa kita seseram itu ya sampe ngga mau ada yang ngangkut?).
For second opinion gua nanya ke bus driver di bus stop terdekat, dan ternyata kita mesti jalan balik beberapa blok untuk nyampe bus stop arah Swords. Fiuhhhh ……. Lengkap sudah penderitaan.



21.00
Nyampe kamar, mandi, tidur!

26 September 2004
4.00
Secara kebetulan kita bertiga terbangun (gua tahu itu pas breakfast) pas jam 4 pagi dan susah tidur lagi! Mungkin karena waktu di Indonesia sudah jam 10 pagi, dan jam segitu biasanya kita udah sibuk dengan segala aktivitas, dan kayaknya mata belum bisa menyesuaikan dengan waktu setempat. Hehehehe ….. tapi setelah dipaksain dan kecapean seharian kemarin, gua bisa tertidur lagi dan terbangun jam 7 pagi pas Kyle gedor-gedor pintu : “Hey Iwok, wake up!”

09.00 Ready to Shop
Udara dingin banget pagi ini. Sambil menggigil kedinginan kita bergerak kembali ke City Center. Ini adalah hari kedua kita Dublin, dan waktunya berburu souvenirs! Kapan lagi coba, karena besok kita harus sudah packing dan pulang! 
Biar bisa explore the whole Dublin, kita ikut Bus City Tour hari ini. Seru … muter-muter Dublin tanpa harus cape. Meski cuma lewat (ngga mungkin turun karena keterbatasan waktu), tapi kita jadi tahu Guinness Storehouse, Dublin Zoo, National Museum, Old Jameson & The Chimney, Wax Museum, Temple Bar, Trinity College, dan tempat-tempat bersejarah dan layak kunjung lainnya. Mungkin lain kali pas ke Dublin lagi  kita bisa nyempetin masuk.
Selanjutnya Shopping! Karena mahal-mahal gua beli small things aja. Yang penting ada khas Dublin/Irlandia-nya. Keychain dan pin jadi sasaran (pasti!).

16.00 kita balik ke Travelodge untuk prepare for the concert. Ngga mungkin lah kita nonton sambil nenteng-nenteng tas belanjaan.

18.40 we’re late for the concert?
Kaget aja pas nyampe Ambassador theater sudah ngga terlihat ada antrian panjang lagi kayak kemaren. Ternyata pintu sudah dibuka dari tadi sore, dan crowd sudah sebagian besar masuk. Wah … ngga dapet posisi strategis dong?
Ngga ada pemeriksaan barang? Kamera boleh masuk ya? Well that’s great! Tadinya sudah khawatir kalo gua ngga bisa nangkep moment-moment penting di dalam with the camera.
Rapper local sudah mulai perform pas kita nyelip-nyelip mencoba masuk barisan depan. Mumpung masih bisa dapet barisan depan, dan mumpung crowd masih cuek-cuek nanggepin tu rappers.
Meskipun di tiket jelas-jelas dicantumin Eminem ngga bakalan datang, tapi gua masih berharap ada kejutan besar pas mereka perform nanti. Tiba-tiba nongol di tengah konser mungkin? Mentok-mentoknya di akhir konser?
Jam 9 malem belom ada tanda-tanda D12 bakalan nongol. Jeda lama dari penampilan solo rapper lokal terakhir bikin penonton bete, padahal betis udah lumayan pegel. Tapi munculnya crew dan bodyguard-nya D12 dengan atraksi bagi-bagi handuk mulai memanaskan suasana. D12 will perform soon!



21.30 teng!
The Dj muncul! Brrrruakkkk … Crowd belakang merangsek ke depan. Dorong kiri kanan mulai menggoyahkan posisi strategis gua. Wah, bule-bule jangkung langsung menghalangi pemandangan. Mereka ngga peduli ada three Asians yang jauh-jauh datang di belakang mereka. Wah ngga bener nih.
Kon artis muncul gw semakin terdorong mundur. Sudah mulai kasar nih hehehehe ya sudah, selip kiri-kanan lagi gua akhirnya dapat posisi lumayan. 4 lapisan dari depan panggung. Aman lah dan lumayan masih bisa ngeliat jelas-las muka-mukanya Proof, Swift, Bizzarre, Kon Artist, dan Kuniva. Too Bad Eminem tetep ngga nongol.
2 jam full D12 geber lagu-lagu dari album terbaru mereka : “D-12 World”. Git Up, American Psyco, Bitch, 40 Oz, My band, D-12 World, How Come, Just Like You jadi andalan mereka untuk mancing crowd sing along. Tanpa Eminem, performance mereka ngga jadi luntur, dan crowd kayaknya ngga perduli Em ada atau tidak. Em Cuma satu member D12 aja, toh yang 5 muncul lengkap dengan atraksi masing-masing disini, and they’re great! Jadi ngga terlalu kecewa karena absent-nya Eminem di Dublin.



23.30
the party was over and we’re back to the hotel. Tired but had a great moment. Well, I took some pictures of them and it’s a proof that I was in their concert!

27 September 2004
04.00
tetep bangun jam 4, dan kali ini ngga bisa tidur lagi. Daripada bengong mendingan packing bawaan biar ngga ribet lagi pas waktunya pulang. Kok ngga kerasa ya hari ini udah mesti pulang? Kayaknya lain kali Music-In dan sponsor mesti ngasih waktu lebih panjang lagi. Hehehehehe …

11.00
We’re ready to go home. Hik...hik..hik.. kapan ya gua bisa kesini lagi?
Ke Dublin airport, waiting for the flight. Sambil nunggu, kita nyempetin check email dulu di airport. Wah … baru tahu kalo Music-Inc ngeluarin game baru : Shoot ‘Em ALL!

15.40
Kita pulang. Seperti biasa transfer pesawat di Amsterdam, transit di Singapura dan terakhir nyampe di Seokarno Hatta jam 16.00 Wib. Fiuh … the trip was really over (Ops, I still needed 6 hours more to reach my home sweet home di Tasikmalaya).

Big thanks to Music-Inc, Amild, and Universal Music Indonesia!
(diambil dari laporan perjalanan gw buat Music-Inc dan sponsor)

Komentar

Anonim mengatakan…
wah sayang cuma 3 hari, ya wok. nyaho lo jetlag hahaha...aku biasanya seminggu baru bisa adaptasi waktu

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?