Dari Pelatihan Blog Pelajar Tasikmalaya

Sempet bingung pas disuruh jadi instruktur pelatihan buat anak sekolah di Tasik. Gw memang bisa ngeblog, tapi kalo disuruh ngajarin? Hmmm .. tapi kadang gw berbekal nekad juga, gw langsung oke-in aja. jadilah 100 orang pelajar hari Kamis kemaren tumplek di Aula PT. TELKOM Kandatel Tasikmalaya. Bujuuuug ... banyak amat? Dibagi 2 gelombang sih, tapi 50 per sesi kan tetep aja banyak!

Ternyata, seru juga! anak-anak ini begitu antusias pengen bisa nge-blog. Bahkan diantara semua peserta, nyempil beberapa anak SD yang diluar dugaan lebih cepet ngerti, dan bisa membuat blog lebih cepat dibanding beberapa yang lainnya. Karena gw cukup gaptek dengan hal-hal teknisnya, gw bawa peserta cara membuat blog termudah di www.blogger.com. Panduannya simpel dan gampang dimengerti. Semuanya sudah ada kok, diajarin dikit aja mereka sudah jalan sendiri-sendiri. Yang agak ribet mungkin pas harus berurusan dengan source luar blogger, seperti pengambilan shoutbox, atau merubah layout blog dari situs template gratisan.

Waktu 4 jam yang disediakan ternyata nggak cukup untuk menyampaikan materi yang sudah disiapkan. Apalagi koneksi speedy yang up and down sempat membuat kelabakan semua panitia yang bertugas, gara-gara peserta nggak bisa mendapat akses yang baik, dan keteteran mengikuti materi. Tapi secara keseluruhan, semua berjalan cukup baik. Kalo ada kekurangan disana-sini, masih bisa dianggap wajar toh? Toooooh ...

Yang paling seru sih pas acara doorprize. Kebetulan gw bawa 5 buah buku (termasuk satu buku sumbangan dari Ryu) dan beberapa bolpoin cantik dari TELKOM. Kuisnya? Dulu-duluan nitip pesan di shoutbox blog gw! Sekalian promosi blog dan buku-buku gw! hahaha ... usaha teruuuuuuuus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?