[Catatan Perjalanan] Asean Blogger Conference - Part 1

Senin malam, 14 November 2011. Jam sudah menunjukkan pukul 23.00 Wib. saat kaki saya melangkah meninggalkan rumah. Ada tempat yang harus saya tuju selarut itu, terminal bis. Dan ada bis yang harus segera membawa saya ke Jakarta malam itu juga. Besok pagi, saya harus terbang ke Bali untuk sebuah perhelatan akbar; Asean Blogger Conference. Wow!

Sempat terbersit rasa ragu saat menerima undangan untuk mengikuti konferensi ini. Apakah saya pantas untuk mengikuti acara sebesar ini? Meski sudah ngeblog dari penghujung tahun 2005, tapi eksistensi saya di dunia blog tanah air merasa belum seperti rekan-rekan blogger lainnya. Saya merasa seperti blogger yang terkungkung dalam tempurung, hanya berkeliling di satu komunitas blog yang saya ikuti saja - blogfam.com. Saya bahkan seolah buta dengan sepak terjang dunia blog tanah air yang sudah merambah kemana-mana. Ada keraguan, apakah saya akan mengenal rekan-rekan blogger lainnya di sana? Bagaimana dengan essensi konferensi ini yang mengangkat ruang yang lebih luas lagi; Asean? Apakah saya bisa mengikutinya?

ABC (Asean Blogger Conference) memang tidak hanya diikuti perwakilan dari setiap negara Asean, tapi terutama perwakilan komunitas-komunitas blogger yang ada di seluruh penjuru nusantara. Inilah yang ingin saya kejar pada akhirnya. Bersama dengan rekan saya yang juga ikut mewakili blogger Tasikmalaya - Duddy, sebelumnya kita memang sudah membahas tentang kemungkinan membentuk Komunitas Blogger Tasikmalaya. Selama ini blogger-blogger Tasikmalaya asyik dengan aktivitas ngeblog masing-masing, tanpa ada wadah yang merangkul mereka dalam satu payung. Kami berdua sempat mencetuskan untuk membentuk wadah itu, sehingga blogger Tasikmalaya bisa lebih 'terlihat' dan bisa bersatu dalam menggalakan dunia blog di kampung halaman. Terlebih, alangkah indahnya kalau kami bisa berbuat lebih dari itu dan memberikan sumbangsih lain, seperti halnya aktivitas sosial yang sering digalakan komunitas lain di tanah air.

Berbekal semua itu, kami melihat sisi lain dari keikutsertaan kami dalam ABC ini. Kami ingin belajar banyak dari komunitas-komunitas lain yang hadir dalam konferensi ini, menggalang komunikasi, dan juga informasi tentang sebuah komunitas. Tentunya tanpa melupakan partisipasi kami dalam mensukseskan tujuan ABC yang sudah dicanangkan panitia sebelumnya. Bismillah... semoga keberangkatan kami bisa memberikan banyak manfaat pada akhirnya.

Pukul 6 pagi, saya sudah tiba di Kampung Rambutan, dan pukul 7 di Cengkareng. Hahaha ... kepagian nih. Sambil nunggu keberangkatan, akhirnya saya senam pagi dulu dan jogging keliling bandara dan Kang Duddy nongkrong dulu sambil ngepel bandara ngebul beberapa batang. Nggak lama ketemu Yudha, kontingen asal Bandung, yang ternyata masih satu grup perusahaan dengan Obama Kang Duddy. Oalah, dunia ini sempit banget ya. Ternyata kalau sudah ngumpul begitu, waktu pun tidak terasa lama. Jam 8 saya harus segera check-in karena harus ngelapin pesawat dijadwalkan take-off jam 9.30.  Eh, di dalam malah ketemu peserta ABC lainnya. Ada Nike, Mas Banyumurti, Mas Acep, dan... siapa lagi ya? lupa nyatet. hehehe. Yang jelas rombongan Lion Air 9.30 ada beberapa orang. *tepuk tangaaan* Meski begitu, tetep saja pesawatnya baru berangkat pukul 10. Delay 30 menit karena terjadi pertukaran gate on last minute. ckckck... ngerjain banget nih, kenapa nggak pesawatnya aja yang muter dan pindah gate? *eh, susah ya mindahin pesawat?*

Nyampe Bandara New York Ngurah Rai sudah lewat tengah hari Wita. Ternyata sudah ada Mba Indah Juli yang nungguin dan ngasih kalungan bunga. Wuiih... berasa mau kawin lagi dikalungin bunga begitu. Hihihi. Di bandara pula akhirnya saya bertemu banyak peserta lain yang jadwal kedatangannya berdekatan; blogger kalimantan, ambon, dll. Kebersamaan pun mulai terasa. Tidak terasa adanya perbedaan jarak dan daerah, yang ada hanyalah persamaan status; we are bloggers! 

Obrolan di pintu kedatangan bandara mulai terjalin. Semua saling bercerita, bahkan jauh sebelum konferensi ini dimulai keesokan hari. Mata saya pun mulai berbinar saat mas Banyu Murti dari Internet Sehat mengajak diskusi tentang bagaimana caranya menyelamatkan bumi dari serbuan alien penjajagan penyelenggaraan workshop internet sehat ke daerah-daerah. Saya langsung menawarkan diri Tasikmalaya sebagai kota yang harus dikunjungi. Bahkan agenda ini akan menjadi bahan diskusi saya untuk disampaikan pada teman-teman blogger Tasikmalaya sepulang ABC ini. Ah, senang rasanya, bahkan di kesempatan pertama gathering komunitas blogger ini sudah mulai terasa manfaatnya. Iler Semangat saya pun semakin meluap.

Sekelompok blogger sudah terkumpul saat mas Bahtiar selaku panitia penyelenggara ABC menggiring kami menuju bis yang akan membawa kami ke Pop Harris, jl. Teuku Umar Denpasar. Di sanalah seluruh Panitia dan Peserta ABC akan main bola menginap.

Pop Harris adalah hotel yang simpel. Bangunan luar dan bagian dalam kamarnya tidak neko-neko, serba simpel. Kalau saya bandingkan, mungkin serupa dengan hotel Tune-In yang akrab banget di kalangan travellers. Salah satu yang saya suka dari hotel ini adalah petugas hotelnya yang terlihat nyantai dan ngepop. Dengan setelan tshirt dan jeans selutut, kesan kaku langsung hilang seketika. Tidak ada adegan petugas hotel koprol  membungkukkan badan saat tamu lewat. Cukup seulas senyum ramah pun cukup menyenangkan. Pengunaan warna-warna gothic terang yang ngejreng di sana-sini pun membuat setiap ruangan menjadi cerah ceria.

Satu kamar diisi oleh 3 peserta ABC dengan sistem acak. Tidak ada satu kontingen yang mendapatkan room yang sama. Tujuannya agar seluruh komunitas bisa membaur dengan baik. Saya sekamar dengan Faisal dari Depok dan Mas Punco dari Gorontalo.

Siang itu saya sempat tidur sekejap di halaman parkir kamar. Badan letih karena belum istirahat dengan baik sejak semalam, badan lengket karena belum sempat mandi sejak tahun lalu semalam juga, membuat mata ini langsung kriyep-kriyep lihat kasur yang empuk. Badan yang segar sehabis mandi malah membuat kantuk semakin menyerang. Makanya, sambil menunggu rombongan lain berdatangan, saya pun tertidur dengan pulas.

Acara hari pertama mulai berlangsung saat jadwal makan malam tiba. Seluruh rombongan dibawa menuju ke Danes Art Veranda di Jl. Hayam Wuruk Denpasar, untuk merayakan Ulang Tahun ke-4 BBC-Bali Blogger Community. Horaaaay .... selamat ultah BBC, semoga semakin eksis dan jaya di dunia blog tanah air. Dalam perayaan ultahnya ini, BBC tidak main-main. Selain jamuan yang melimpah (ada nasi Jenggo! waaa..akhirnya saya bisa ngerasain juga), acara sambutan buat seluruh peserta ABC dengan penyerahan Udeng (ikat kepala) untuk seluruh perwakilan peserta dari setiap negara, hiburannya pun tidak kalah meriah. Emoni dan DKantin meramaikan acara dengan musiknya yang hangat dan menghentak. Liputan tentang Emoni dan DKantin bisa dibaca di blognya kang Duddy.

Malam sudah larut saat kami meninggalkan Danes Art Veranda. Wajah-wajah lelah sudah terlihat. Sementara besok hari sejumlah jadwal padat sudah menunggu. Yang dibutuhkan hari ini adalah dugem sampai pagi tidur dan meluruskan punggung.

Komentar

Ca Ya mengatakan…
aiiihhh asiknyaaa...kpn ane ke Bali yak :(((((((((
Anonim mengatakan…
Jangan lama-lama ya kang bersambungnya, kebanyakan susah nge-jilidnya ntar..hehe
Iwok mengatakan…
@Ca ya - ayo direncanain liburan ke sana :)
@Gatot - hahaha sengaja biar pada penasaran *padahal lagi dikejar dedlen naskah nih, jadi bagi2 waktu nulisnya. hehehe*
hariesaja mengatakan…
yg terpenting tugas utama sebulan sekalinya sudah saya ingat dengan baik...mau bersambung berapa kali juga itu no problemo lah
Iwok mengatakan…
@Harie - hahaha ... teman yang baik *tepuk-tepuk*
dafhy mengatakan…
wah sudah cukup lama ngeblognya ya mas. blogger senior nich *sungkem* :-)
Anonim mengatakan…
kapan ya aku bisa ikut acara seperti ini
Iwok mengatakan…
@Dafhy - ngeblognya sudah lama, tapi apdetnya jarang. hehehe... makasih ya sudah berkunjung :)
Nike mengatakan…
mimpi apa aku ketemu sama Kang Iwok dan ngobrol haha hihi bareng :)
Iwok mengatakan…
@Nike - eh, emang mesti mimpi dulu ya kalau mau ketemu. hehehe seneng juga bisa ketemu Nike, nggak nyangka bisa ketemu di Bali ya?
rian mengatakan…
foto aku mana yaaa.. *acak-acak fotonya*

hihihi :D
Iwok mengatakan…
@rian - hahaha ... ada di facebook ku Yan. cek di sana ya :D

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?