Kaleidoskop Karya 2012

Tahun 2012 tidak mencatatkan banyak karya saya di rimba perbukuan tanah air. Bukan tahun terbaik kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya saat saya bisa melahirkan beberapa buku solo sepanjang tahun. Tahun 2012 saya hanya melahirkan satu novel saja; Cewek-Cewek Tulalit #2 - Traveling Gokil melalui Penerbit Nourabooks.



Lalu, apakah sepanjang tahun itu saya duduk manis saja tanpa menyentuh laptop? Oh tentu tidak. Menulis sudah menjadi bagian hidup saya. Saya tetap menulis dan mencoba untuk tetap menulis setiap hari. Sepanjang 2012 saya sudah menulis beberapa naskah. Sayangnya memang naskah-naskah tersebut belum berjodoh untuk terbit di tahun yang sama. Tidak apa, semuanya memang harus berproses, bukan? Setidaknya saya cukup tenang karena memiliki tabungan naskah untuk terbit di 2013. Beberapa naskah lagi harus melalui proses revisi yang akan mengisi hari-hari saya di 2013 ini.


Tahun 2012 ternyata tidak terlalu sepi karya. Setidaknya ada 3 buku antologi di mana saya terlibat di dalamnya yang berhasil terbit. Rahasia Penulis Hebat Menulis Setting Lokasi diterbitkan di Gramedia Pustaka Utama. Antologi yang dikoordinasi langsung oleh Mas Gola Gong ini adalah proyek sosial yang hasil penjualan bukunya didonasikan untuk pembebasan tanah bagi Rumah Dunia. Yang membanggakan, di buku ini saya tergabung dengan para penulis hebat, seperti Gola Gong, Clara Ng, Akmal Basery, Ary Nilandari, Benny Arnas, dll.


Ah, saya juga cukup senang karena antologi kocak para traveler gokil akhirnya terbit melalui Penerbit Pastel Book (Mizan Grup). Buku yang diberi judul sesuai dengan judul kisah saya di dalamnya - Norak-Norak Bergembira ini merupakan kisah nyata dari beberapa penulis, seperti Beby Haryanti Dewi, Dewi Rieka, Aryanto, Dian Kristiani, Indrajaya, dll.


Menutup tahun 2012, buku saya nambah lagi. Kali ini dalam antologi kisah tentang Indonesia Jungkir Balik yang diterbitkan Nourabooks. Yang asyik, kali ini saya sebuku dengan idola saya, Adhitya Mulya, Boim Lebon, dll! Yiaaay .... Mereka jelas penulis komedi yang sudah malang melintang yang buku-bukunya saya lalap habis bahkan sebelum saya terjun jadi penulis komedi. Cihuy banget, kan?

Empat buku tidak terlalu buruk ya? Semoga 2013 bisa lebih baik dan lebih banyak buku baru. Aamiin.

Ah, 2012 juga semakin tidak sepi karena beberapa tulisan saya nongol di media koran dan majalah. Setidaknya ada 4 tulisan saya yang muncul di Kompas Anak (cerpen), Republika (Rubrik Buah Hati), Majalah NooR (Artikel Traveling), dan Majalah Gadis (Percikan). Mengingat saya tidak terlalu aktif mengirim tulisan ke media, perolehan 4 tulisan ini cukup membanggakan. Siapa tahun tahun 2013 saya bisa lebih gencar menulis juga untuk media. Aamiin.





Komentar

Katerina mengatakan…
Salut sama kang Iwok.
Selamat atas prestasi menulisnya sepanjang 2012, seneng juga bisa jadi pembaca buku Cewek-Cewek Tulalitnya...

Pingin belajar menulis juga jadinya....

Selamat dan semoga 2013 makin lebih dan lebih... Amin
Iwok mengatakan…
@katerina - makasih banyak sudah menjadi salah satu pembaca buku saya. Aamiin ... semoga 2013 lebih cemerlang ya.
Eh, belajar menulis? bukannya kemarin sudah ikutan nulis di buku Love Travel? :D
GPS tracker mengatakan…
indonesia jungkir baliknya mantapss..
Iwok mengatakan…
Terima kasih banyak :)

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?