Hidroponik Sederhana Sistem Sumbu (Wick)

Bukannya mau ngajarin sih, karena saya juga masih belajar berhidroponik. Baru 2 bulan ini saya bergabung dengan grup hidroponik di facebook. Gara-gara sering mantengin setiap postingan yang ada (lalu ngiler lihat betapa indah dan suburnya tanaman member grup di sana), akhirnya saya mulai mencoba. Berhasil? Ada yang berhasil, banyak juga yang gagal. Hehehe. Menurut para master hidroponik, tidak ada jaminan pasti sebuah keberhasilan tanam, karena banyak faktor yang mempengaruhi. Seseorang yang berhasil menanam sebuah jenis tanaman di kota A, belum tentu akan sukses juga di kota B. Suhu, ketinggian lokasi, dll. akan sangat berpengaruh. Karena itu, uji coba tanam harus selalu dilakukan agar kita bisa mengetahui setiap faktor keberhasilan atau kegagalan.

Dan, mengingat banyak teman yang tergiur juga untuk mencoba hidroponik, akhirnya saya bikin postingan ini. Siapa tahu dengan belajar bareng, bisa saling menyemangati untuk terus menghijaukan lingkungan rumah. Setidaknya, beberapa kebutuhan dapur sudah tidak perlu beli lagi. :D

Dari sekian banyak sistem hidroponik yang ditawarkan, saya memilih yang paling mudah; sistem wick atau sumbu. Bukan hanya karena cara pembuatannya yang paling mudah, tapi dari sisi biaya juga paling murah. Sistem Wick bisa menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah. Contohnya botol air mineral. Daripada jadi sampah, ternyata masih bermanfaat juga lho buat hidroponik.

Tertarik juga? Yuk kita mulai bercocok tanam!

Bahan yang dibutuhkan :



  1. Botol air mineral ukuran 600 ml
  2. Rockwool (salah satu media tanam untuk hidroponik, bisa beli di toko pertanian atau online) - Bisa diganti sama dacron, busa bekas jok kursi, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
  3. Kain flanel / sumbu kompor / kain yang menyerap air

Cara membuat botol untuk media tanam hidroponik


Potong botol air mineral menjadi 2 bagian (lihat gambar)
Lubangi bagian atas leher botol di dua sisi dengan solder atau paku yang dipanasi (gambar kiri). Masukan kain flanel yang sudah dipotong memanjang melalui dua lubang tadi (gambar kanan)

Pasang terbalik bagian atas botol ke bagian bawah botol (lihat gambar). Media tanam hidroponik sederhana sudah siap digunakan.


Tapi tunggu, botol di atas belum akan kita gunakan saat ini. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menyemai benih tanamannya terlebih dahulu. Karena itu, siapkan benih-benih yang akan kita tanam. Untuk latihan menanam hidroponik, sebaiknya dimulai dengan tanaman sayuran. Sayuran lebih mudah ditanam dan ... cepat panen! Horeee ...

Contoh benih sawi/caisim tosakan dan selada bokor yang saya miliki

Saat ini, benih/bibit tanaman banyak sekali dijual online. Kalau di sekitar anda tidak ada toko pertanian yang menjual benih tanaman, anda bisa membelinya online. Saya biasa membeli benihnya di sini, sini, dan sini. Kalau mau googling, akan ada ratusan penjual benih online. Anda bisa menyesuaikan pembelian dengan lokasi seller yang terdekat dengan kota anda.

Menyemai Benih

Potong-potong rockwool dengan ukuran 2,5 x 2,5. Rockwool bisa dibeli online juga. Biasanya penjual benih tanaman menyediakan rockwool juga.
Basahi rockwool dengan air. Ciprat-ciprat rockwool agar tidak terlalu basah (air tidak terlalu menggenang). Tempatkan di nampan atau kotak plastik bekas yang ada. Bolongi bagian tengah setiap rockwool dengan lidi/tusuk gigi. Jangan buat lubang terlalu dalam, cukup kira-kira 2 mm saja.

Yang harus dilakukan sekarang adalah memasukkan benih ke dalam lubang yang sudah dibuat di atas rockwool. Setelah selesai semua, tutup wadah dengan kantong plastik hitam dan tempatkan di tempat yang teduh atau gelap. Cek setiap hari apakah benih sudah sprout (pecah benih) atau belum. Untuk sawi dan selada, biasanya dalam 1-2 hari sudah sprout. Tanda sprout adalah dengan munculnya calon akar (putih-putih) dan menyembul calon daun.

Kalau sudah ada yang pecah benih (berkecambah/berakar) segera kenalkan dengan sinar matahari. Jemur wadah berisi benih tersebut di bawah sinar matahari pagi sampai siang. Kalau matahari sudah terik, cukup simpan di tempat yang terang dan tidak perlu ditutup lagi oleh plastik hitam. Terlambat mengenalkan pada sinar matahari bisa mengakibatkan etiolasi (Kutilang = Kurus, tinggi, langsing). Apa itu etiolasi? Silakan baca di sini biar jelas ya.

Contoh etiolasi pada tanaman yang telat dikenalkan pada sinar matahari. Batangnya memanjang dan akan menghambat pertumbuhannya (dua tanaman yang di depan. Yang lainnya masih cukup normal)

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses pertumbuhannya. Karena itu, sudah harus mengenal sinar matahari (simat) setiap harinya. Jangan lupa untuk mengecek apakah rockwool masih cukup basah atau sudah kering. Tambahkan atau semprotkan air agar rockwool tetap basah dan lembab.

Benih yang mulai tumbuh dalam beberapa hari.

Bercocok tanam, tidak terkecuali hidroponik, membutuhkan kesabaran. Tanaman tidak akan tumbuh begitu saja. Karena itu dibutuhkan perawatan dan perhatian. Sebelum pindah ke media tanam (botol), yang mereka butuhkan hanya air dan sinar matahari yang cukup. Kita hanya perlu menunggu sampai setiap tanaman sudah berdaun 4 (sudah keluar daun sejati) yang menandakan mereka sudah siap pindah tanam dan memerlukan nutrisi.

Sawi saya sudah berdaun 4, sehingga sudah bisa dipindah ke media tanam (botol hidroponik)

Menyiapkan Nutrisi

Tanaman sudah semakin besar, sudah memerlukan nutrisi untuk pertumbuhannya. Karena tidak ditanam di tanah (yang biasanya sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi mereka) dan hanya mengandalkan air saja, dibutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan mereka. Dalam hidroponik dikenal nutrisi dengan istilah AB MIX.

Salah satu contoh pupuk hidroponik yang dijual (Foto dari fjb.kaskus.co.id)
AB MIX ini biasa dijual di toko pertanian atau online. Ada yang masih dalam bentuk bubuk, ada juga yang sudah dalam bentuk larutan cair. Kalau anda membeli dalam bentuk bubuk, baca panduan cara melarutkannya. Biasanya dicantumkan dalam kemasan kok. Pada saat saya beli AB MIX ini, penjualnya bahkan melampirkan cara melarutkannya dalam selembar kertas.

Ada bebeberapa jenis AB MIX. Untuk sayuran, pastikan anda membeli AB MIX Daun (sayuran daun). Kecuali kalau nanti sudah mencoba tanaman buah, AB MIX yang harus disiapkan juga khusus untuk buah. AB MIX akan terdiri dari 2 larutan cair yang terpisah, yaitu larutan A dan larutan B. Kedua larutan nutrisi ini adalah larutan pekat yang dalam penggunaannya nanti harus dicampur lagi dengan air.

Pada saat tanaman sudah siap dipindahkan dari media semai ke media tanam (botol), nutrisi ini harus segera disiapkan. Ada takaran khusus untuk pemberian nutrisi sebagai awalan, yaitu; 5ml (milimeter) larutan A ditambah 5 ml larutan B, dicampur dengan 1 liter air. Aduk rata. Setelah itu nutrisi sudah bisa dipindahkan pada botol-botol media tanam hidroponik.

Pindah Tanam

Siapkan kembali botol air mineral yang sudah dibuat sebelumnya. Isi bagian bawah botol dengan larutan nutrisi. Pindahkan hati-hati rockwool yang berisi tanaman yang sudah berdaun empat ke bagian dalam botol bagian atas yang sudah diisi kain flanel. Pasangkan kedua bagian botol tersebut seperti gambar di bawah ini.

Selesai!

Mengapa sistem ini disebut dengan sistem wick atau sumbu? Kita bisa melihatnya dengan adanya media flanel sebagai sumbu yang membantu mengalirkan nutrisi dari botol bawah ke botol bagian atas. Rockwool adalah media yang akan menyerap air nutrisi yang dibawa kain flanel, sehingga akar-akar muda tanaman akan menyerapnya dari rockwool. Semakin besar, akar tanaman akan keluar dari rockwool dan merayap melalui kain flanel menuju larutan nutrisi di bagian bawah dan mengisapnya sendiri.


Semakin tanaman membesar, kebutuhan nutrisi juga semakin besar. Karena itu, seminggu sekali larutan nutrisi harus ditambah. Kalau di awal campuran nutrisi adalah ; 5ml + 5ml + 1 lt. Minggu kedua naikkan menjadi 6ml + 6ml + 1lt. begitu seterusnya sampai tanaman siap panen.

Jangan biarkan larutan nutrisi di botol bagian bawah kosong karena akan menyebabkan tanaman mati kekeringan. Botol yang berisi larutan nutrisi rentan terkena lumut karena paparan sinar matahari. Karena itu, kalau mau, lapisi botol bagian bawah dengan kertas warna gelap. Atau cat dengan warna hitam. Tapi, karena saya menggunakan botol-botol ini tanpa pelapis, biasanya pada saat pergantian nutrisi, saya bersihkan lumut-lumut yang menempel hingga bersih kembali. Kerja lagi sih, tapi saya sih asyik-asyik aja.

Kalau tidak mau menggunakan botol bekas air mineral, sebenarnya kita bisa juga menggunakan baskom atau tempat plastik lainnya. Sistemnya sama saja kok. Hanya saja, sebagai media menempatkan rockwool berisi tanamannya saya menggunakan netpot (pot kecil) atau bisa juga dengan bekas air mineral gelas yang sudah dilubangi ujung bawahnya dan dipasangi kain flanel. Untuk menutup baskom/wadah plastiknya menggunakan styrofoam yang dilubangi sehingga pot-pot akan menggantung dan tidak menyentuh air. dengan cara seperti ini, kita bisa menempatkan beberapa pot tanaman sekaligus.



Demikian cara hidroponik sederhana dengan sistem wick. Sebenarnya ada berbagai macam jenis hidroponik, seperti sistem NFT, Dutch Bucket, Autopot, fertigasi, drip, rakti apung, dan lain-lain. Tapi karena saya baru nyoba yang sistem wick, jadi baru ini saja yang saya tulis. Setidaknya dari sistem wick ini sudah ada sawi yang berhasil saya panen. Hehehe.

Siap-siap masuk dapur

Ini lahan sempit di teras samping tempat saya eksperimen dengan hidroponik


Selamat bercocok tanam. Yuk, kita hijaukan rumah! ^_^

Update

Pada perkembangannya, saya mulai melebarkan sayap dengan memulai membuat modul DFT dari paralon. Berhasil dengan sistem wicks/sumbu membuat saya ingin mencoba sistem hidroponik lainnya yang lebih baik. Berikut adalah beberapa fotonya.



Komentar

Meity Mutiara mengatakan…
Whoooooooooooooooooooo... berhasil! Print ah, mau coba
Ratna Dks mengatakan…
Kang iwok, itu pupuk aman gak ? Soalnya takut mengandung pestisida. Kalau tanpa pupuk tanaman bisa hidup sehat ga ?
Iwok mengatakan…
@meity - ayo mulaiiiii :D
@Ratna - kayaknya sih aman ya, soalnya belum pernah ada obrolan seputar efek dari penggunaan AB MIX ini di grup. Kalau tanpa nutrisi, sepertinya tanamannya nggak bakalan tumbuh bagus deh mba. :D
Tatit mengatakan…
Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya
Tatit mengatakan…
Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya
Tatit mengatakan…
Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya
Tatit mengatakan…
Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya
Iwok mengatakan…
Sama-sama mba Tatit, selamat bercocok tanam :)
Salman Faris mengatakan…
Keren banget Kang, sangat luar biasah hahaha, itu rockwall kok kayak tahu ya :D
Billy Briliant mengatakan…
mampir ah kesini! hihi..
wah, hidroponik! :D
Billy jg pernah praktek loh kak..
di sekolah ada pelajaran kewirausahaan yg kebetulan agribisnis diajarin sama dosen ttg sistem hidroponik ini. pernah nyoba bikin juga hehe..
lumayan tuh hasilnya, subur makmur dehhh..!
Iwok mengatakan…
@Salman - hahaha ... banyak orang yang ngira itu memang tahu :))

@Billy - wah, pernah praktek hidroponik ya Bil? Gimana, sekarang masih nanam nggak? :D
Upay the explorer mengatakan…
Print ahhhh
Buat persiapan proyek ngabuburit
Iwok mengatakan…
Hahaha siiip ... kalo mau, tar aku invite ke grup facebook hidroponik ya :D
Toko PAJ2 mengatakan…
kang kain flanel bisa di ganti kaen bekas apa ya yg bisa menterap air,biar ga usah beli gitu
Iwok mengatakan…
Hardiyan - Bisa kok, tinggal cari kain-kain bekas, tapi yang bisa menyerap ya. Kalau ada kain yang mau dipakai, coba aja celupkan ke air dulu, lihat apakah menyerap dengan baik atau tidak. Pakai sumbu kompor juga bisa kok :)
Anonim mengatakan…
Makasih sharingnya. Sistem sumbu ini merupakan yang termudah dari hidroponik. Sehingga bisa diajarkan di kelas dan melatih kreativitas. Kreativitas sangat diperlukan untuk menghadapi kehidupan yang penuh dinamika dan tantangan. Orang yang kreatif bisa diketahui melalui Tes Torrance, tes menyebutkan kegunaan benda sebanyak-banyaknya, tes menggabungkan kata, dan tes kreativitas lainnya. Kreativitas tidak berhubungan dengan IQ, ada anak yang kreativitasnya tinggi dengan IQ rendah, ada anak yang kreativitasnya tingi dengan IQ tinggi, ada anak kreativitasnya rendah dengan IQ rendah dan ada juga yang kreativitasnya rendah meskipun ia ber IQ tinggi. Memang faktor kesuksesan selain kreativitas masih banyak faktor lain seperti kerja keras, dll. Secara sederhana Kreativitas ditunjukan dengan banyaknya karya atau produk yang dihasilkan. Tetapi Indeks kreativitas negara Indonesia dan indeks kreativitas pelajar Indonesia masih rendah menurut Martin Prosperity Institute (2015) dan OECD-PISA (2012). Maka dari itu perlu diajarkan kreativitas sejak TK sampai Perguruan Tinggi. Mau membaca tulisan ini lebih lanjut, silahkan masuk ke situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/. Daftar dan download hasil penelitian sederhana saya, dengan judul "MEMBANGKITKAN KREATIVITAS SISWA SMP DENGAN TES KREATIVITAS SEDERHANA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI HIDROPONIK". Dan berikan dukungan dengan mencentang tanda like atau bintang. Mudah-mudahan bermanfaat.
acounite's blog mengatakan…
Pak, apa air yg berisi pupuk ab mix itu harus selalu diganti?. Klo iya berpa kali seminggu?. Mohon pencerahannya. Terima kasih.
acounite's blog mengatakan…
Pak, apa air yg berisi pupuk ab mix itu harus selalu diganti?. Klo iya berpa kali seminggu?. Mohon pencerahannya. Terima kasih.
Iwok mengatakan…
@Acounite - kalau airnya masih ada (dan tidak berlumut), tidak perlu diganti. cukup ditambahkan nutrisinya saja. Tetapi kalau sudah berlumut dan mengental sebaiknya air diganti, soalnya lumut nanti akan mengganggu pertumbuhan akar. :)
Unknown mengatakan…
Assalam mualaikum...
Om tinggalnya ditasik? boleh minta alamatnya kebetulan saya juga dari tasik
Saya ingin tau lebih tentang Hidroponik dari pakarnya.Kebetulan Postingan om menarik jadi saya ingin mencoba hidroponik
Terimakasih.
Iwok mengatakan…
Walaikumsalam. Saya tinggal di Karoeng kang, jalan taman pahlawan. Silakan kalau mau mampir ke rumah :)
Unknown mengatakan…
kang kalo mau dapet AB mix n rockwool di tasik di mana ya? maaf minta infonya
tanamanhidroponikku mengatakan…
terimakasih mas membantu sekali untuk saya yang baru mulai dari nol, dan mau mencoba tanamanhidroponikku kreasi sendiri
Iwok mengatakan…
@Saeful - di Tasik kayaknya masih jarang yang jual ABMix. saya biasa beli online :)

@Ardath - sama-sama. selamat bertanam :)
bibit durian mengatakan…
menarik ulasannya,.. bibit durian bisa ndak ya dibuat hidroponik ndak y. hehe
Unknown mengatakan…
Pak.. beli pupuk online nya.. boleh tau gk. Saya dr kalimantan tengah, di palangka raya gk ada yg jual. No saya 0811 521 9800
Iwok mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hidroponik organik mengatakan…
makasih pak infonya, sistem hidroponik yang paling bagus bagaimana??
Unknown mengatakan…
Berapa lama waktu yang dibutuhkan? 1 bulan? jawab ya kak
Iwok mengatakan…
@Hidroponik organik - semua sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja, saya baru mencoba 2 sistem saja; wick dan DFT. yang DFT pertumbuhannya lebih bagus, karena aliran nutrisi mengandung cukup oksigen dibandingkan sistem wick yang lebih statis :)

@tamara - Untuk sayuran, dari semai sampai masa panen kurang lebih 40 harian. Bisa lebih juga, tergantung pertumbuhannya normal atau tidak :)
Anonim mengatakan…
mau tanya gan...brp harga nutrisi AB mix satu paket..utk daun dan buah...dan brp harga rock woolnya...mksh sblmnya
Polsek Ngasem Bojonegoro mengatakan…
tanaman Yang paling cocok untuk hidroponik sistem ini jenis apa ya? mohon dibalas, terimakasih
Unknown mengatakan…
Pak mau tanya itu kain flanelnya pasti ngresap keatas ya? Soalnya saya coba bagian atasnya kering? Solusinya bagaimana?
Iwok mengatakan…
@Anonim - Harga nutrisi ABMix ukuran kecil 20ribu. Kalau rockwool adanya yang lokal. harganya 10ribu :)

@Intan - sebenarnya tanaman apa saja bisa kok di hidroponik. Hanya saja, untuk tanaman buah berbatang besar, tentunya membutuhkan media tanam yang besar dan juga tidak ekonomis dalam hal pemberian nutrisinya. Kebanyakan, orang menanam sayuran untuk berhidroponik. Bunga juga bisa kalau memang suka bunga :)

@Unknown - ya betul, seharusnya air akan menyerap ke atas. kalau memang bagian atas masih tetap kering, coba dicelup dulu kain flanelnya ke dalam air. setelah itu baru digunakan. kalau sudah basah, biasanya akan lebih mudah menyerap kainnya :)
KebunMu.Com mengatakan…
Makasih Banyak Nih Sudah Diberi Panduan Lengkap Bagaimana Bikin Hidroponik. Saya Jadi Lebih Mudah Dalam Proses Penanamanya
Unknown mengatakan…
tanya dong, itu kalau pake pot besar pakainya sekam atau apa ya???
Iwok Abqary mengatakan…
@kebunmu - terima kasih sudah mampir :)
@Ricky - kalau menggunakan pot besar, metannya saya biasa pakai sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1:1. Sistemnya bisa guyurponik (disiram manual)
IPAKU mengatakan…
Bisa mas, tapi duriannya jadi sayur yak hahahaha
Unknown mengatakan…
Thanks bang Iwok, jadi keburu nyoba. ��
Unknown mengatakan…
pak iwok,

invite saya di FB heru Dasuki yaa

tks
jsudarmono mengatakan…
Pak iwok..sip..
Klo gak keberatan invite sy di fb..jsudarmono
jsudarmono mengatakan…
Pak iwok..sip..
Klo gak keberatan invite sy di fb..jsudarmono
Unknown mengatakan…
MasyaAllah...Sughooiii...kereeen...mau praktek *_*
Unknown mengatakan…
Kang iwok itu kalo akarnya numbuh kebawah kena air ndapapa?tx infonya sgt membantu kang iwok jual online nga?
Unknown mengatakan…
Kang iwok itu kalo akarnya numbuh kebawah kena air ndapapa?tx infonya sgt membantu kang iwok jual online nga?
Iwan Tahir mengatakan…
Tasikna palih mana,hoyong di ajar. saya di Pasiripis Padakembang, Galunggung. WA 081320085202. Nuhun pisan.
bisnis proses mengatakan…
terima kasih sharingnya kang
debi rizky ramadhana mengatakan…
Makasih min
Unknown mengatakan…
Mas iwok kalau sebagian akar tanamanx masuk ke cairan nutrisi ngak masalah?
Iwok mengatakan…
@Unknown - Nggak masalah kok. Semakin tanaman tumbuh membesar, akar pun akan semakin banyak dan mencari/menyedot nutrisi sendiri.
Unknown mengatakan…
mas iwok makasi, moga mas iwok sehat sekeluarga, jangan sungkan bagi bagi ilmu, ga ada yang rugi ko. salam buat keluarga
Ardhian mengatakan…
Kang Iwok, thanks for sharing. Sangat berguna dan memotivasi nih. Insha allah akan ikut hidroponik juga.. ����
Iwok mengatakan…
@Semangat Baru - terima kasih sudah mampir.
@Ardhian - Sama-sama. Ayo berhidroponik juga :)
Anonim mengatakan…
Kang iwok @ klo sistem wick gmna perbandingan nutrisi nya perminggu smpai panen
Iwok mengatakan…
@Anonim
Bagusnya sih memiliki TDS meter ya, karena setiap tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Tapi kalau belum ada TDS, bisa naikan 1 ml nutrisinya per 1 minggu.
Unknown mengatakan…
Pak Iwok,coba deh yg sistem NFT.Tanaman akan mendapatkan pasokan oksigen lbh bnyk sehingga prtumbuhan tanaman lbh cepat.
Unknown mengatakan…
Sangat membantu terutama saya yg masih baru belajar makasih kang semoga sehat selalu
riotic84 mengatakan…
mantap bener kang...

sangat membantu artikelnya
Iwok mengatakan…
@Wiya - saya sudah pakai DFT, dan pertumbuhannya memang lebih bagus :)
@Muhamad Fauzie - Sama-sama, terima kasih sudah mampir :)
@Heru - terima kasih. :)
Unknown mengatakan…
Saya coba pakai sumbu kompor gak naik kang airnya... Apa pasangnya salah? Gimana si cara pasangna
Unknown mengatakan…
Pak..saya mencoba menanam dg sistem wick. Pucuk seladanya selalu mengering..kenapa ya? Sementara sawi keriting dan pagoda baik2 saja..
Apa takaran nutrisi untuk selada berbeda ya? Berapa ml takaran nutrisi yg tepat untuk selada? Terima kasih.
Unknown mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan…
untuk tanaman yang besar seperti cabe ato tomat apakah masih pakai media rockwool juga ya?
Iwok mengatakan…
@Muhamad Fauzie - Maaf saya baru buka blog lagi. Kalau air tidak naik. coba sumbu kompornya dicelup air dulu semuanya mas, biar basah. Setelah itu air pasti akan merambat naik lagi.

@@Lily - Maaf kalau jawabannya lama. Kalau pucuk selada mengering, itu artinya nutrisinya ketinggian. coba diturunkan lagi. Nutrisi untuk selada dan sawi memang berbeda. Selada cukup di kisaran 840 ppm, sementara sawi di 1350.

@Anonim - Ya, rockwoll adalah alat bantu untuk semai. Jadi untuk semai tomat atau cabe bisa menggunakan rockwool juga (dan tidak perlu dicabut RW-nya saat pindah tanam nantinya)
Unknown mengatakan…
Kak itu kalo nutrisinya dari air kotoran kambing aja. Apa bisa ??
Iwok mengatakan…
Halo Eva, saya belum pernah pakai nutrisi pakai kotoran kambing. selama ini pakai ABmix saja.
Dayu mengatakan…
Pak kebetulan saya ada tugas dari sekolah... kalau saya mau mindahin tanaman cabe dari pot, bisa pakai media tanam apa selain rockwool? Tanamannya sudah lumayan besar soalnya..
Iwok mengatakan…
Halo Dayu, maksudnya mindahin dari tanah ke sistem hidroponik? Sebaiknya, penerapan sistem hidroponik harus sedari tanaman masih kecil, karena kalau sudah besar seperti ini bisa merusak akar tanaman. kalau akar tanaman sudah terganggu, tanaman bisa mati atau terganggu pertumbuhannya.
D. Fuzarman mengatakan…
Maaf mau tanya, itu rockwoolnya ditaruh begitu saja di atas kain flanelnya?
Unknown mengatakan…
mas. pas penyemaianny nutup pakek plastik hitam ny harus kencang hingga gak ada udara. atau hanya sebatas ngidarin dari cahaya matahari?
Hydroponic Tejafarm mengatakan…
Mohon ijin promo..Om.

Untuk teman-teman yang ingin mulai berhidroponik tersedia Starter Kit Hidroponik yg cocok untuk teman2x yang ingin cepat memulai belajar menanam secara hidroponik karena paket starter kit ini mudah dipelajari, mudah digunakan dan mudah dalam perawatannya.

Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini dapat digunakan untuk menanam beberapa sayuran seperti, Kangkung, Bayam, Pakcoy/Sawi, bawang daun dll.

Hasil maksimal akan didapat apabila saat proses penanaman Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini diletakkan pada tempat terkena sinar matahari yang cukup

Satu paket Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) terdiri dari :

2 Pcs Bak Tanam/Bak Nutrisi warna Biru, Abu-abu, Merah (ukuran 39 x 30 x 12 cm)
2 lembar Tutup Bak Tanam bahan Impraboard warna Biru, Merah, hijau @ 9 lubang netpot
18 Pcs Netpot putih
18 Pcs Sumbu dari kain Flanel warna Hijau
1 Pcs Pupuk Nutrisi AB Mix IJO kemasan 250 gr (untuk 100 ltr nutrisi siap pakai)
1 Pcs Media Tanam Rockwool
1 Pcs Nampan semai warna Hijau
1 Pcs Gelas ukur plastik 1 ltr
4 Bungkus Repacking benih (Kangkung, Bayam Merah, Pakcoy & Selada)
1 Pcs Panduan Penggunaan Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu)

Bisa di dapat di Bukalapak, alamat linknya : https://www.bukalapak.com/hydroponictejafarm

Terimakasih.

Salam
Hydroponic

Hydroponic Tejafarm mengatakan…
Mohon ijin promo..Om.

Untuk teman-teman yang ingin mulai berhidroponik tersedia Starter Kit Hidroponik yg cocok untuk teman2x yang ingin cepat memulai belajar menanam secara hidroponik karena paket starter kit ini mudah dipelajari, mudah digunakan dan mudah dalam perawatannya.

Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini dapat digunakan untuk menanam beberapa sayuran seperti, Kangkung, Bayam, Pakcoy/Sawi, bawang daun dll.

Hasil maksimal akan didapat apabila saat proses penanaman Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini diletakkan pada tempat terkena sinar matahari yang cukup

Satu paket Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) terdiri dari :

2 Pcs Bak Tanam/Bak Nutrisi warna Biru, Abu-abu, Merah (ukuran 39 x 30 x 12 cm)
2 lembar Tutup Bak Tanam bahan Impraboard warna Biru, Merah, hijau @ 9 lubang netpot
18 Pcs Netpot putih
18 Pcs Sumbu dari kain Flanel warna Hijau
1 Pcs Pupuk Nutrisi AB Mix IJO kemasan 250 gr (untuk 100 ltr nutrisi siap pakai)
1 Pcs Media Tanam Rockwool
1 Pcs Nampan semai warna Hijau
1 Pcs Gelas ukur plastik 1 ltr
4 Bungkus Repacking benih (Kangkung, Bayam Merah, Pakcoy & Selada)
1 Pcs Panduan Penggunaan Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu)

Bisa di dapat di Bukalapak, alamat linknya : https://www.bukalapak.com/hydroponictejafarm

Terimakasih.

Salam
Hydroponic

Unknown mengatakan…
Pak bisa gabung di grup fb hydroponik bapa kah? Nama akun fb saya weny riska nandani
Iwok mengatakan…
@Maulana - ngga perlu kencang kok, karena tujuannya untuk menghindari cahaya saja :)

@Dinda Riska - langsung join saja ke sini ya karena saya tidak bisa add member berdasarkan nama saja. Ini linknya : https://www.facebook.com/groups/1446926952304234/
Unknown mengatakan…
Uraiannya sederhana dan mudah dimengerti. Terimakasih pak Iwok, telah berbagi ilmu.
Unknown mengatakan…
Mantappp,, hudang urang tasik,, urang hejokeun tasik tehh,
Unknown mengatakan…
Mantap. Ini gimana ya punya saya ko kutilang terus udah 2kali nyoba... Heuheuheu
Iwok mengatakan…
@I made - Sama-sama, terima kasih juga sudah mampir :)

@Herman - Hayu ah geura der :D

@Sidik - penyebab utama terjadinya kutilang adalah telatnya memperkenalkan benih pada sinar matahari. Coba semai ulang, lalu di hari ke 2 sudah langsung kenalkan sinar matahari pagi (jemur). Rata-rata kesalahan pemula memang begitu sih, termasuk saya dulu. hehehe. Hayu semangat lagi kang sidik :D
alim mengatakan…
Pupuk ab mik jika dicamur ke kolam ikan kira2 ikanya terganggu tdk.... mf msh awam
alim mengatakan…
Pupuk ab mik jika dicamur ke kolam ikan kira2 ikanya terganggu tdk.... mf msh awam
Unknown mengatakan…
Terimakasih kang iwok sudah sharing ilmu yg bermanfaat terutama buat saya kang
Unknown mengatakan…
Kalo tanpa pupuk ya tidak bisa hidup...tanaman kan mengubah zat anorganik menjadi organik pasti aman
Unknown mengatakan…
Mau dong di invite
iKurniawan mengatakan…
Om Iwok, untuk DFT
Itu rockwool lgsung terendam terus2an di nutrisi apa disambung pakai sumbu lagi??

Lg mw desain sih, smoga sukses jg
��
Iwok mengatakan…
@Alim - kenapa ABMix-nya dicampur ke kolam ikan pak? kalau mau sistem aquaponik, sepetinya ada cara tersendiri lagi. Tapi saya tidak faham, silakan googling saja ya. Maaf :)

@anggih Wibowo - sama-sama kang, selamat berkebun :D

@ikurniawan - kalau saya pake sumbu lagi kang, jadi tidak rockwool tidak terendam. Kalau yang terendam sistemnya NFT kali ya? :)
QnC Jelly Gamat Kapsul mengatakan…
terimakasih infonya gan Jelly Gamat Walatra G Sea
QnC Jelly Gamat Kapsul mengatakan…
terimakasih infonya gan Jelly Gamat Walatra G Sea
Unknown mengatakan…
thans for sharing Walatra Gamat Emas Kapsul
Unknown mengatakan…
Terima kasih pengetahuannya. Saya mau tanya kalau sya memakai botol mineral uk 1,5 l saat penyemaiannya berapa biji sawi ya pak?
Unknown mengatakan…
Kang kalo Rockwoll nya di ganti Ama kapas Bisa tumbuh Gk kang?? Help Me
Ninuk supriyati mengatakan…
Kang..klo semainy pake sistem wick,tp ntr dtanamny k lahan/tanah,bs gk?
Unknown mengatakan…
waduh....makasih buat sharingnya. mau nyoba nihh.... kalo kain fanel ganti 'sumbu2' kain pel (kain pel yg ada tongkatnya n sbg pengganti kain pake banyak yg panjang2 kyk sumbu itu lho... ga tau apa namanya:)) bisa gak?
Unknown mengatakan…
Kang makasih nih... ane baru mau coba pertama kali. mau tanya:
1. Rockwollnya langsung ditaro begitu saja di atas sumbu atau bagaimana?
2. utk sawi, 1 botol aqua 1,5 L taro berapa biji?
Mohon dibalas ya Kang....makasih banyak....
adrian agustin mengatakan…
Kang untuk penyemaian di hari ke 2 itu diperkenalkan oleh sinar matahari nah itu dijemputnya pagi aja apa sepanjang hari hingga tumbuh 4 daun
adrian agustin mengatakan…
Kang untuk penyemaian di hari ke 2 itu diperkenalkan oleh sinar matahari nah itu dijemurnya pagi aja apa sepanjang hari hingga tumbuh 4 daun
Iwok Abqary mengatakan…
Cukup pagi hari saja ya, sekitar 1-2 jam. Setelah itu bisa bertahap dikenalkan simat lebih lama.
Iwok Abqary mengatakan…
Maaf baru dibalas.
1. Iya, rockwollnya ditaro begitu saha di atas sumbu.
2. Sawi lama-lama akan tumbuh besar. Jadi untuk media botol cukup satu biji saja.
Iwok Abqary mengatakan…
Bisa banget 😁
Iwok Abqary mengatakan…
Bisaaa ... Tapi kapasnyan harus agak tebalnya.
Iwok Abqary mengatakan…
Cukup 1 biji saja mba, karena sawi termasuk sayuran yang nantinya membesar ke samping. Jadi satu botol cukup untuk satu pohon saja
Eliya mengatakan…
Maaf pak saya mau nanya, saya kan praktek hidroponik kangkung dg sistem wick ini memakai botol bekas, kira2 berapa ml larutan ab mix untuk 1 botol 600ml? Terimakasih🙏
Iwok Abqary mengatakan…
Takarannya standar saja, 1 liter air + 5ml A + 5ml B. Nanti tuangkan sebagian masuk ke dalam botol yg digunakan 😊
Lenny mengatakan…
Maaf Pak saya mau Tanya kl nanem bibitnya langsung di rockwool di botol itu bisa ga? Jd ga perlu di nampan dulu ? Terima kasih
Iwok Abqary mengatakan…
Boleh, bisa aja kok 😁
Unknown mengatakan…
Mantap..
Unknown mengatakan…
Dijaman lockdown begini..ini cukup inspiratif..cuma rumah saya mengahadap selatan sangat minim matahari ..diperumahan berdempet..sebelah tetangga pohon besar rumah saya terhalang lagi matahari..apakah bisa tumbuh kalau minim matahari kang..mohon pencerahanya..
Fadel andhika zulmi mengatakan…
Assalamu'alaikum om
Izin mau tanya,untuk ukuran airnya pakai media sistem sumbu kays gini
Apakah air menyentuh flanel saja atau sampai terkena dasar dari rockwol ya ?
34PRO KONVEKSI mengatakan…
Apakah media mick ini bisa di gantikan dengan cacahan kain ? Kebetulan banyak sisa kain/ kain perca hasil konveksi kaos raglan Surabaya yang tidak terpakai. Terima Kasih
Unknown mengatakan…
untuk media tanam pada masa pertubuhan dan dewasa pakai apa untuk bunga?, terus perbandingan nya berapa berapa?
nn mengatakan…
"Pasti ama" kah?
Sevia mengatakan…
Wah, akhirnya update lagi blognya. Saya nungguin tulisan Om tentang hidroponik nih hehe. Tulisan tentang Hidroponiknya Om detail banget, sering-sering update ya Om :)
SahabatQQ mengatakan…
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya. Selamat kepada user id Sup**** yang menang dengan nominal 31.150.000 di situs terpercaya SahabatQQ. Anda bosan Dengan kekalahan ? Bermain di SahabatQQ Kemenangan anda terjamin!!



SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
Sebagai salah satu situs judi online terbesar dan terpercaya. SahabatQQ kini telah menyediakan 10 jenis permainan yang dapat anda mainkan hanya dengan 1 User ID saja. Permainan tersebut terdiri dari.

BandarQ
DominoQQ
AduQ
Poker
Bandar Poker
Sakong
Capsa susun
Bandar66
Perang Baccarat
Perang Dadu
Situs Ini kini juga telah mensupport semua jenis bank lokal di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi customer servicenya. Kini juga telah tersedia deposit melalui pulsa Telkomsel, XL , dan Axis TANPA POTONGAN !!!!. Serta bisa juga melalui virtual account atau e-money seperti : OVO, Gopay, Dana, Link aja. Dan lainnya. Semakin dan semakin seru tentunya serta semakin banyak kemenangan yang bisa anda dapatkan di situs terpercaya Seperti SahabatQQ Agen Domino99.

Untuk mengakses situs tersebut bisa melalui link alternatif di bawah ini:

MurniAduQ.Com
MurniAduQ.Net
MurniAduQ.Org
Bukan hanya itu saja tetapi banyak fasilitas fasilitas lainnya yang bisa anda dapatkan seperti :

Minimal Deposit dan withdraw hanya 20.000 saja
Proses Deposit dan withdraw Tercepat tanpa ribet
Menyediakan 10 jenis permainan dalam 1 User Id
Mensupport Semua jenis bank lokal Di Indonesia
Permainan yang fairplay dan 100% player VS player No Robot
Situs dengan keamanan yang terupdate
Situs Judi dengan tingkat kemenangan Terbesar. Agen Domino99
Tersedia deposit melalui pulsa Telkomsel, XL, dan Axis. TANPA POTONGAN!!!
Tersedia Deposit melalui virtual account atau e-money seperti: OVO, Gopay, Dana, Link aja. Dan lain sebagainya.
Itulah sedikit ulasan tentang situs Terpercaya . Dan bukan hanya itu saja tentunya. Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi kami melalui kontak di bawah ini:

Facebook : SahabatQQ Terbaru
Whatsapp : +855889110527
Line : SahabaQQWIN
Wechat : Sahabat_QQ
Buruan gabung dan Rasakan Kemenangan Bersama di Situs SahabatQQ Agen Domino99.

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?