Sabtu, September 29, 2007

'Balap Lari' di Mombi SD


ternyata cerpen itu ada di Mombi SD Vol. 30 - 2007. Weeeeyy ... nongol lagi euy! Horeeee ... senangnya. Kali ini nggak ada yang ngabarin cerpen ini nongol di Mombi. Pas pulang ke rumah, eh ada paket dari Mombi. Gw sih mikir, pasti Mombi ngasih nomor bukti terbit cerpen-cerpen gw yang kemaren. Tapi pas dibuka, kok ada 3 majalah? Bukannya cerpen gw yang dimuat disana cuma ada 2? Hmmm ... yang satu pasti majalah bonus. hehehe

Ealaaah, ternyata ada cerpen gw yang 'balap lari' nangkring di majalah Mombi edisi terbaru. Langsung jingkrak-jingkrak lagi. heuheuheu ....Eh, ternyata di majalah ini ada cerpen Beby juga yang berjudul 'Lampu Untuk Iko'. Horeee ... selamat ya Beb. Satu majalah nih.

Makasih Mombi, Makasih Mba Renny.

Kamis, September 27, 2007

Pelajaran baru!

Rasanya selalu senang apabila ada sesuatu hal baru yang bisa dipelajari. Mangkanya gw langsung bilang oke ketika salah seorang editorku nawarin proyek ngedit lagi. Biasa, modal nekat. Hehehe, sikat aja! Padahal orderannya seperti apa belum tahu sama sekali. hihihi.

Katanya sih kali ini cuma memperhalus kalimat dan gaya bahasa, biar lebih meremaja (ehm, gw gitu loh! remaja tingting! hehehe). Kebetulan naskahnya adalah sebuah non fiksi untuk remaja. Gw pernah nulis dua buah buku nonfik buat remaja, apa gara-gara itu ya tawaran ini dikasiin ke gw? Apakah itu berarti buku-buku gw yang nonfiksi remaja itu cukup oke? heuheuheue ... mudah-mudahan sih begitu.

Yang jelas, gw seneng banget sudah dipercaya lagi. Alhamdulillah, sebuah pelajaran baru. Sepertinya gw memang masih haus untuk belajar. Thank you sudah memberikan kesempatan gw untuk terus belajar. Mudah-mudahan nggak mengecewakan ya?

Kamis, September 20, 2007

Asal Mula Adzan

Tahukah kamu, bahwa adzan yang kita dengar berkumandang lima kali sehari ini asalnya diusulkan (salah satunya) dalam bentuk suara lonceng, dan bukan dalam lafaz-lafaz seperti yang kita dengarkan saat ini?

Pada jaman dulu, Rasulullah Saw. kebingungan untuk menyampaikan saat waktu shalat tiba kepada seluruh umatnya. Maka dicarilah berbagai cara. Ada yang mengusulkan untuk mengibarkan bendera pas waktu shalat itu tiba, ada yang usul untuk menyalakan api di atas bukit, meniup terompet, dan bahkan membunyikan lonceng. Tetapi semuanya dianggap kurang pas dan kurang cocok.

Adalah Abdullah bin Zaid yang bermimpi bertemu dengan seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan adzan dengan menyerukan lafaz-lafaz adzan yang sudah kita ketahui sekarang. Mimpi itu disampaikan Abdullah bin Zaid kepada Rasulullah Saw. yang kemudian menyetujuinya untuk menggunakan lafaz-lafaz adzan itu untuk menyerukan panggilan shalat.

Lalu siapakah yang pertama kali mengumandangkan adzan tersebut? Siapa pula yang bermimpi hal yang sama dengan Abdullah bin Zaid? Temukan jawabannya dan 98 cerita lainnya dalam buku '99 Kisah Menakjubkan Alquran' - Ridwan Abqary/Dar!Mizan.

Minggu, September 16, 2007

[Terbit] 99 Kisah Menakjubkan Alquran

Judul : 99 Kisah Menakjubkan Alquran
Penerbit : Dar!Mizan
Jumlah Halaman : 399 Halaman
Hard Cover, Full Ilustrasi, Full Color
Harga : Rp. 135.000,-

Akhirnya terbit! Horeeee ... kabar terakhir yang gw terima dari editor gw, buku ini sudah beredar dan bertarung dengan buku-buku sejenis di bulan ramadhan. di MP yang ini juga sudah ditulis bahwa buku gw ini memang sudah beneran terbit dan sudah masuk display-display toko buku. sik-sik-sik! Ayo pada beliiii ....

Duh, jadi inget waktu bikin buku ini.
"Harus 99 ya?" tanya gw waktu itu. Kaget aja pas ngebayangin gw harus nulis 99 cerita yang per ceritanya 3 halaman. Glek deh! Hampir 300 halaman!
"Iya." jawab sang pemberi order tegas.
"Nggak bisa kurang? misalnya berubah jadi 77, atau 66, atau bahkan 55?" tawar gw sok berani. Masih ngeri aja musti nulis ratusan lembar naskah. Kayak mau nyaingin Harry Potter aja. hehehe
"Nggak bisa!"

Perjuangan pun dimulai. Puluhan malam dilewati untuk bergelut dalam menyusun lembar demi lembar untuk mengejar angka 99 yang ditargetkan. Entah sudah berapa lembar koyo yang ditempel di leher gara-gara : masuk angin! dan tercatat 4 kali dikerok untuk ngilangin angin-angin bandel yang maksa masuk. Hahaha .. perjuangan yang sungguh luar biasa.

Alhamdulillah, sekarang semua proses berat itu serasa hilang melihat buku itu sudah terbit dengan sangat indah dan ekslusif-nya. Sebuah buku yang sempat jadi obsesi gw : Tebal, Full ilustrasi, dan full color! bahkan Hard Cover! Whuaaaahh ... Ramadhan kali ini diawali dengan sebuah limpahan rahmat dan berkah yang luar biasa.

Terima kasih ya Allah, terima kasih Bhai Benny, Kang Rama, to make this be true!

Jumat, September 14, 2007

20 Cerita Gokil, Released!


Paket yang ditunggu yang mana, eh yang datang yang mana. Malah yang nggak disangka-sangka tiba-tiba nongol sore ini. Horeeee ... buku '20 Cerita Gokil - Based on True Stories' sudah terbit! 20 cerita hasil seleksi Sayembara Menulis Cerita Lucu/Gokil/Konyol yang diadakan oleh Mediakita sekarang sudah selesai dibukukan, dinikmati kelucuannya. Hehehe ... 2 eksemplar masing-masing diberikan untuk para penulis yang tergabung dalam buku ini.

Nggak nyangka pula kalo cerita gw 'Brengsek, Mobil sapa sih itu?' ditaro sebagai cerita pertama. Sik-asik-asik ... mudah-mudahan karena ceritanya bagus! Hihihi ... iya gitu? Yang surprise, di buku ini gw ketemu sama temen kuliah dulu (Guniez) yang nggak pernah ketemu lagi sejak sama-sama lulus dulu. Wuih ... miss you, buddy! Ayo, nulis lagi. See, ternyata kamu bisa nulis juga kan?

O iya, di buku ini gw ketemu juga dengan temen-temen blogfam yang sering belajar nulis sama-sama di Forum Galery Kreasi Blogfam. Horeeee .. ada Pritha, Salmanfaris, Etna Lesly, dan Yustin. Tambah semangat ya!

Jumat, September 07, 2007

Heh, masuk Mombi Lagi?

Ichen SMS plus telepon kemaren sore, ngabarin kalo cerpen gw dimuat lagi di MOMBI. Kali ini di MOMBI SD Vol. 29 - 2007. Horeeeeee ... senengnyaaaaaaaaa. Thanks ya Chen atas infonya. Untung aja ngasih tahu, kalo engga gw ngga bakalan tahu. Thanks juga Mba Renny udah memuat lagi cerpen gw di MOMBI. lagi dooooooong. hehehe

Selasa, September 04, 2007

Cerpen Gw di Mombi


Tadi siang kaget aja ada mas Ali yang nge-buzz di YM, dan ngabarin kalo ada cerpen gw yang nongol di Mombi. Whuaaaah ... langsung blingsatan, dan ngabarin semua orang kalo cerpen gw dimuat di majalah. Hahaha ... kelakuan si Iwok ya begitu itu tuh. Malu-maluin kadang-kadang.

Langsung penasaran pengen nyari majalahnya. Duh, udah masuk ke tasik belum ya? takutnya pas nyari-nyari, ternyata belum ada. Kecewa kan? Akhirnya bubar kantor yang ditunggu-tunggu datang juga. Tanpa buang waktu langsung ngacir ke Toko buku Lontar, yang buat ukuran Tasik sih cukup lengkap. NGGAK ADA! Whuaaaah ... disini aja ngga ada, apalagi di tempat laen?

Nggak puas, ngacir lagi ke Toserba Yogya. Perasaan di supermarketnya ada stand majalah. Kali aja ada. Bismillah ... gw lari lagi. Hmm ... langsung menuju rak majalah, dan memilah-milah satu demi satu majalah yang terpajang, berharap terselip satuuuu aja majalah MOMBI yang dimaksud.

Whuaaaa ... ada! Majalah Kreativitas MOMBI edisi 24 terbit 29 Agustus 2007. Kayaknya sih ini yang terbaru. Pede aja ambil dan bayar di kasir. Langsung robek sampulnya dan buka-buka isinya. dari halaman ke halaman ternyata ngga ada. Udah panik aja salah beli. Duuuhh ... nyampe halaman terakhir, ternyata ada 'CONGKLAK RAKSASA'. Horeeeee ... itu cerpen gw!

Makasih Mas Ali yang sudah ngasih tahu, Mba Renny juga yang sudah ketitipan cerpen itu ke email pribadinya. Thanks MOMBI. Jadi pede nulis cerpen anak lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More