Kamis, September 20, 2007

Asal Mula Adzan

Tahukah kamu, bahwa adzan yang kita dengar berkumandang lima kali sehari ini asalnya diusulkan (salah satunya) dalam bentuk suara lonceng, dan bukan dalam lafaz-lafaz seperti yang kita dengarkan saat ini?

Pada jaman dulu, Rasulullah Saw. kebingungan untuk menyampaikan saat waktu shalat tiba kepada seluruh umatnya. Maka dicarilah berbagai cara. Ada yang mengusulkan untuk mengibarkan bendera pas waktu shalat itu tiba, ada yang usul untuk menyalakan api di atas bukit, meniup terompet, dan bahkan membunyikan lonceng. Tetapi semuanya dianggap kurang pas dan kurang cocok.

Adalah Abdullah bin Zaid yang bermimpi bertemu dengan seseorang yang memberitahunya untuk mengumandangkan adzan dengan menyerukan lafaz-lafaz adzan yang sudah kita ketahui sekarang. Mimpi itu disampaikan Abdullah bin Zaid kepada Rasulullah Saw. yang kemudian menyetujuinya untuk menggunakan lafaz-lafaz adzan itu untuk menyerukan panggilan shalat.

Lalu siapakah yang pertama kali mengumandangkan adzan tersebut? Siapa pula yang bermimpi hal yang sama dengan Abdullah bin Zaid? Temukan jawabannya dan 98 cerita lainnya dalam buku '99 Kisah Menakjubkan Alquran' - Ridwan Abqary/Dar!Mizan.

1 komentar:

ahh iwok udah jual buku ni yeeeeeeeee :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More