Minggu, Januari 15, 2006

Commonroom, Jumpa Penulis Blogfam


Jam 13.30 Wib
kok sepi ya? dari jalan sebelum masuk Commonroom (CR) baru keliatan Ayu yg lagi beres-beres bawaannya. **Dalam hati bersorak, horeeeeeeee ngga nyasar!** Bram sih kayaknya dah standby dari pagi ya Bram?

Jam 14.30 Wib
Masih sepi juga. Baru ketambahin V3a, Mba Itha & mba Dahlia, Diyana, Mas Allan, dan beberapa calon peserta temen-temennya Bram. Duh, bisa tepat waktu ngga ya? Moderator jadi bingung, takut respon untuk acara ini kurang.
Ngga lama, menjelang jam 3 teng berturut-turut berdatangan juga Donna & Suami (hehehe mas isman lah), Eddi, Syafrina dan peserta-peserta lainnya. Editor dari GPU, Grasindo, dll juga berdatangan. Tapi tetep kursi yg disediakan belom juga terisi setengahnya. mulai deh deg-degan.

Jam 15.05 Wib
bujubusyetttttttt ... rombongan peserta berdatangan. Mas Enda, bapaknya blogger Indonesia datang bersama puluhan kurawa blogger-nya (istilah mas Isman). wahhhhh ... penuh nih.
"Wok, mulai aja," bisik mas Isman.
mulai lah kepanikan sang moderator dimulai. Mulai sekarang ya? gimana mulainya? wah repot musti jawab pertanyaan batin sendiri. dag-dig-dug ngga karuan jadinya.

and the show really must go on ...
Terbawa-bawa gaya formal kalo bawain acara di kegiatan kantor, plus kepanikan ga tau kalo jumpa penulis tuh seperti apa biasanya, omongan pembukaan gw terasa ngga enak bener (ya ngga sih penonton & pendengar?). gw ngerasa belibet aja ngomongnya. Hapalan yg disiapin di bis sepanjang jalan tadi raib entah kemana. Duh, mana bingung musti berdiri apa duduk ya moderatornya?

Setelah Mas Allan selesai membacakan ide kreativitas dibalik penyusunan kumcer 'Addicted To Weblog'nya Maknyak, gw udah merasa lebih rileks. Ngomong pun udah bisa sambil selonjoran dibawah. Kayaknya informal banget ya acaranya, so that gw mutusin gw juga jangan siap grak gitu posisinya. ternyata setelah duduk dan selonjoran dibawah, nervous dan panic gw mencair perlahan-lahan. thanks God!
Doorprize Maknyak berupa buku 'Addicted to Weblog' terbitan Pustaka Populer OBOR keluar sebagai Doorprize pertama, dengan pertanyaan : "Sebutkan salah satu judul cerpen Maknyak di buku Addicted to Weblog". dan ternyata salah seorang peserta dengan tepat menjawab pertanyaannya (pdhl belum punya bukunya). selamat ya.

Donna giliran berikutnya dengan kupasan 2 bukunya ('Quarter Life Fear' dan 'Belanglicious'). karena waktu yg terbatas, mba Donna ini cukup ngebut juga dengan penjelasannya. hehehe inget limit waktu ya Don? 3 pertanyaan peserta juga langsung dibabat habis. Para peserta cewe yg rata2 berseragam SMA tampak antusias mendengarkan tips & trik Donna menyusun Chicklit & Teenlit nya. Pada kepengen nulis kayak mba Donna ya? seperti kata Maknyak meniru iklan2 : ayoooo, kamu bisa!!
"Mba Donna, saya suka menulis juga, tapi kok susah banget ya nulis endingnya? kira2 gimana ya?" tanya Atika yg sampe akhir acara merebut 2 doorprize : Kalender dari CR, dan buku dari GPU.
"kalo saya mo ngirim naskah ke penerbit caranya gimana? apakah harus sudah dilengkapi cover dsb?" tanya mba .... (siapa namanya ya? ngga kenalan ih. member BF juga pokoknya). selamat ya karena pulangnya menggondol doorprize bukunya Isman (BAM) dan Syafrina (life begins at Fatty).
Dengan singkat dan padat Donna menjelaskan sampe membuat penanya terangguk-angguk puas. 2 buku Donna juga dilempar sebagai doorprize jg.

Berikutnya Syafrina menjelaskan acara telpon-telponannya dengan editor Grasindo. Lha, kok telpon2an? Mba nana itu sharing pengalamannya yg butuh waktu cukup lama untuk penerbitan bukunya. hihihi dengan lucu dan detailnya mba Nana brecerita panjang lebar tentang perjuangannya itu. malah korbannya yg disebut2 (editor Grasindo) ada dideretan para peserta. Nah lho, mba nana ga takut dicegat pas mo pulang ke batam nih? hehehe O iya, hari ini (minggu) mba nana launching bukunya juga di radio Ardan Bandung.

dan selanjutnya giliran penulis yang paling ganteng diantara penulis yg ada. hehehe cowoknya cuman sendiri sih. Sesuai bukunya yang memang beraliran humor, mas Isman ternyata ngocol juga pas ngomong di depan. riuh juga suasananya, ada yg sampe terbatuk-batuk segala. hehehe Mas Isman yg ternyata mendapatkan kesulitan penerbitan bukunya gara-gara aliran essai humor yg belum memasyarakat di Indo, ternyata butuh survey pasar dulu sebelum melenggang masuk proses cetak.
Trus lucu juga, gara-gara judul bukunya itu buku mas Isman sempat ditemukan dibeberapa lokasi yg tidak seharusnya. buku BAM ini kan humor, tapi ternyata pernah ditemukan di deretan buku2 agama, buku politik, buku filsafat, sampe pernah disangka bukunya ini adalah buku perjuangan!! halahhhhh ... lain kali judulnya ini aja mas : BUKU HUMOR. titik. hehehe

Giliran Tria (V3a) dengan buku futuristiknya 'Lost in Teleporter'. Coba, kenapa mba tria ini ngambil tema teleporter? ternyata, usut punya usut, ini gara2 rumah mba tria selalu ada didaerah pinggiran (ups) yg jauh kalo mo kemana2. dari dulu mikirnya 'enak kali ya kalo ada teleporter yg ngga usah ribet kalo mo kemana2'. ehhh ... akhirnya jadi sebuah buku yg terus terang sangat beda dan wajib untuk dibaca. Apakah mba Tria akan selalu bermain di futuristik, seperti pertanyaan salah seorang peserta? ternyata tidak. jadi tema apa dong yg akan diusung di novel berikutnya? hmmm ... masih rahasia kali ya. blom dapet bocoran nih. tapi yg pasti novel2 berikutnya akan hadir. duh, just can't wait.

Ternyata, Doorprize yg terkumpul suangat banyak. sampe bingung nih panitia nyiapin pertanyaannya (thank you buat Donatur). mau tau pertanyaan2nya (termasuk pertanyaan session II)?
- Siapa yg pake underwear warna item!!! (busyet dah mba Nana pertanyaannya). dan mau tau siapa yg pake underwear warna item kemaren?? dia adalahhhhhhhhh .... hayo ngacung!
- Siapa nama lengkap penulis buku Addicted to Weblog dan julukannya?
- Siapa nama ID Donna di Blogfam?
- Sebutkan Alamat lengkap Commonroom?
- Sebutkan salah satu forum di Blogfam?
- Kapan Blogfam didirikan?
dan pertanyaan2 lainnya. kaos & Stiker Blogfam, Kaos Singcat, Kalender & Pin Commonroom, buku2 dari GPU ditebar untuk jadi rebutan. seru dan rame meski ada wajah2 mupeng dari Bram, Dhika, Edi, Ayu, dan bahkan mba Nana, Donna & tria!! yg pengen dapet doorprize juga. hehehe maaf ya ... tidak berlaku untuk penulis dan panitia.

Session II giliran mba Itha yg maju. Sejarah Blogfam dan kegiatan Blogfam serta forum-forum yang ada dikupas tuntas, sampe pada bingung mo nanya apa ya? hehehe dilanjut dengan mas Isman yg khusus ngupas galery kreasi, fungsi Blog sebagai sarana pembelajaran menulis, sampe ke produk unggulan Blogfam : CERFET!! untuk yg satu ini mas Isman sampe menggelar praktek langsung. 3 group masing-masing 7 orang beradu kreasi membuat Cerfet dadakan. satu orang menulis satu kalimat, terus sampe orang ke tujuh. weits, tidak sembarang menulis lho. mas Isman ngasih syaratnya bahwa tokoh utama harus bernama Enda, pekerjaannya blogging, lokasi cerita di Anyer. Tokoh pembantu bernama Cut meymey. hayaaaaaaaaaaahhhh bingung kan? gimana caranya coba bikin kalimat yg musti nyambung sama kalimat sebelumnya dengan batasan2 seperti itu. Setelah dinilai langsung sama tim penulis dan editor penerbit (dengan pemberian applaus terheboh pada saat cerita dibacakan), ternyata blogfammer Bandung jadi juara!! horeeeeeeeeeee .... mengalahkan tim Gmail dan tim peserta umum. heboh heboh heboh!! duh senengnya semua berakhir dengan gembira.
Eits, doorprize masih banyak. dan kita bagi-bagi lagi. baik banget ya para sponsor (makasih .. makasih...)

ada perasaan lega ketika acara dengan resmi ditutup. wwwwuuuuaahhhhhhhhhh ... semua beban terasa hilang seketika. we really did it, dengan segala kekurangan yang ada. Acara selanjutnya? Kopdar Kelurahan bandung ke 3!! hehehe meskipun peserta dan tamu2 sudah beranjak pulang, commonroom ternyata masih rame dengan celotehan Blogfammer. Apalagi saat Mba nana ngeluarin oleh2 dari Batam, dan Donna mulai dengan ramalannya. rame lagi sampe pada males pulang.

Oleh2 buat calon penulis (let's say resume kemaren):
- "Practice .. practice .. practice!!" (Primadonna Angela)
- "Di sekeliling kita banyak sekali ide yg bisa dituangkan jadi tulisan. lihatlah lebih seksama!" (Isman H. Suryaman)
- "Tulislah setiap ide yg datang. Simpan! karena itu akan sangat berguna suatu saat dibutuhkan" (Tria Barmawi)
- "Ditolak penerbit bukanlah suatu aib, tetapi lebih merupakan suatu proses pembelajaran bagi kita untuk introspeksi guna perbaikan tulisan kita" (Labibah 'Maknyak' Zain)
- "Berinisiatif dan sabar" (Syafrina Siregar)



Makasih boeat :
- Blogfam Dot Com = for giving me a chance to be a part of this event
- Commonroom = buat tempatnya.
- Sponsor Doorprize = GPU, Grasindo, Yayasan OBOR, Singcat, Commonroom-Tobucil, Blogfam (ada yg kelewat?)
- Maknyak, Mas JAF, Mba Rara79, Mba Itha, Pak Amrilt, Mba Vi3, Moderators & admins Blogfam lainnya
- Blogfammer Bandung (keep kompak euy!), dan blogfammer yg udah jauh-jauh datang ke Bandung.
- Peserta Jumpa Penulis Blogfam = Thanks atas atensinya.

21 komentar:

waaa... baca yg paling awal, jadi bikin ikut2an deg2an. ternyata.. berakhir dg suksesss..
selamat selamat selamat..
ditunggu foto dan liputan handycamnya. :)

selamat sukses acaranya ya wok!
terbukti kelurahan bandung emang pantes dpt kopdar terseru (dan terkompak)! ;)

++retno /rwidiani

selamat iwok dan bolo kurowo blogfamers bandung! Bangga deh punya kalian. akhirnya panitya kebagian buku juga kan? hehehehe.

-maknyak-

selamat ya...
ceritanya seru euy

sorri kalo liputan pake hendikemnya g bagus
maklum pemula bos!

Next...Jakarta yaaaaa

Pleaseeeeeeeeeeeeeee

plok ..plok ...plok..!!
selamat ya mas Iwok ... cukup berhasil membawa acara ini. Terima kasih banget.
Klo aku, deg2annya berkurang setelah melihat commonroom. Ternyata tempatnya nyantai banget, kirain seperti aula gitu yg kita bakalan duduk didepan podium.
Ternyata tempatnya asik, santai dan gak formal. Ilang deh deg-degannya.

Duh maap ya klo ogut pake kaos blogfam sendiri ...hihihihi.
Klo mau pesen, nanti aku kirimin deh.

Pak lurah emang hebat

Anak buahnya juga perlu dibanggakan :))

Narssiiiss

Hidup Keluarahan Bandung

itu yg paling atas, undangan ya, wok ? keren euy

Makasih juga untuk Mas Iwok yg dah bawain acara :D Asyik kok..

duhh.... ngebacanya koq kerasa ikutan masuk dalam keseruan acara tadi!!! hikssssss... jadi pengen ikut acaranya, jadi ingin baca buku2nya, jadi pengen kenal sama penulis2 tsb and belajar dari mereka! thank u yah wok buat oleh2 utk calon penulisnya! berguna banget :)

sukses...sukses...
nyenengin.......berkesan....

banyak deh

wok, ceritanya seru banget ya ternyata. tapi wok, foto-fotonya sedikit sekali ya. mana nih yang ada om moderator lagi on duty?

gile yah.. dari blogging aja ampe bikin buku.. sintingnya lagi ampe bikin seminar.. salut dah.. emang blog itu penting banget yah?.. hihihi.. gua sendiri seneng banget ngeblog sebenernya.. tapi ngga kebayang aja ampe ada yg bikin buku, apalagi seminar.. ebadnya yg dateng banyak lagi.. woooow..

Fotoku kok gak dipajang?!hhhuuhuuuuuuu...sirik nih moderatornya.......

tp seneng jg, ternyata oleh2ku gak memakan korban jiwa.....malah ada yg ketagihan tuh......hahahahah

hahaha..daku tahu siapa yg pake underwear hitamm....

Wok .. yg dapet bukunya Nana itu Dahlia. Tp yg ngeborong 2 buku (bukunya isman dan donna) itu Fitra.
Yg dapetin bukunya maknyak si Iin aka bejo.
Yg dapet bukunya Tria sapa ya?

betul...betul...tapi dahlia ngak mau ngacungin tangan....*lari dari kenyataan*

Wok...
Gue baru buka ini kadonya.
Ternyata ada TTD langsung ya dari penulisnya...
Waaaaaaaa.... gue seneng banget :">

Disela-sela kerepotan loe ini, tnyata loe masih inget ma gue :">

Makasiiiii... :">

*peluk-peluk Iwok*

...
...
...

*smoga bini-nya gak marah :))*

hiks..irinyah ga bisa dateng. Sakitnya kelamaan mas...kapan2 ketemuan lagi yah. salam buat si Brindil yah....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More