Senin, Juni 29, 2009

KING: Behind the Novel

Tahun-tahun belakangan ini dunia perbukuan Indonesia dimarakkan oleh jenis buku adaptasi dari film. Sebagai sebuah eksplorasi kreativitas, tentu saja genre ini menjadi menarik untuk disimak; mengingat tidak setiap film akan dibukukan dan tidak setiap penulis memperoleh kesempatan untuk menuliskannya.

Bagaimana sih caranya memproses penulisan novel adaptasi? Apakah cukup hanya membaca skenario? Perlukah secara khusus menonton filmnya terlebih dahulu? Perlukah melakukan konsultasi dengan pihak produser dan sutradara? Bagaimana caranya mengeksplorasi soul/spirit/jiwa dari film tersebut?

Benarkah novel adaptasi KING berbeda dengan novel-novel adaptasi lainnya? Benarnya naskah awalnya harus mengalami revisi berkali-kali? Bagaimana sang penulis harus menjalani proses kreatifnya sambil berkonsultasi jarak jauh hingga ke Bangkok?

Iwok Abqary, salah seorang penulis produktif Indonesia, akan membuka rahasia di balik penulisan novel adaptasi KING. Ia akan membagikan pengalaman suka maupun duka, serta tip-trik hingga akhirnya naskah karyanya dinyatakan "lulus" oleh Nia Sihasale Zulkarnaen dan Ari Sihasale untuk diterbitkan.

Selain itu, Anda juga bisa menggali lebih jauh dengan bertanya langsung kepada pengarangnya mengenai berbagai hal dalam talkshow-nya di PESTA BUKU JAKARTA 2009. Jangan lewatkan kesempatan ini, karena selain membuka wawasan, mungkin akan tiba giliran Anda diminta untuk menuliskan buku adaptasi. Catat jadwalnya:

Hari/tanggal: Minggu, 5 Juli 2009
Pukul: 18.30 WIB
Tempat: Stand Kelompok Agromedia, Pesta Buku Jakarta 2009, Istora Senayan.

Baca novelnya, nonton filmnya mulai 25 Juni 2009
http://aleniapictures.com/kingmovie/

2 komentar:

wah, mas Iwok berarti ada jumpa fans jg donk di sana? XDDDD

Selamat yah mas.. mudah-mudahan KING laris teroos...
Maaf waktu itu gak bisa dateng, padahal emang udah niat kesana euy

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More