Jumat, September 24, 2010

Mainan Baru; Hamster!


Sebenernya udah lama banget pengen miara hamster. Tapi selalu tertunda-tunda terus gara-gara takut nggak keurus. Setelah baca-baca di gugel kalo miara hamster ini ga sulit, akhirnya bulat juga tekad miara hamster. Awalnya sih gara-gara Rayya ngamuk pengen hamster pas liat binatang ini dijual di pintu masuk Bonbin Bandung (padahal pas sering liat di petshop ga pernah tuh dia ngamuk-ngamuk pengen beli). Akhirnya gw beli satu. Karena buta jenis-jenis hamster, gw asal comot aja hamster yang lucu. Ternyata pas gw beli kandangnya di pet shop, baru ketahuan kalo hamster gw itu jenis Syria. Ada apa dengan Hamster Syria? Itu adalah jenis hamster yang ukurannya bisa tumbuh jadi gede! Hiiiiy ... kalo ngegedein sih gw males, jadi nggak ada lucu-lucunya lagi. Yang bikin hamster lucu kan bodinya yang imut. Kalo pengen yang gede sih, sekalian aja miara marmut!

Karena hamster punya gw belinya di Bandung, dan ogah banget balik lagi ke Bandung cuma buat nuker hamster doang, akhirnya gw hibahkan tuh hamster ke penjaga petshop yang langsung ajrut-ajrutan kesenengan (malah sempet jadi rebutan sama penjaga lainnya). Sebagai gantinya, gw beli hamster baru di petshop itu.

Nah, buat yang baru minat miara hamster, harus ati-ati sebelum mutusin beli hamster. Jangan asal lucu langsung comot aja. Apalagi tergiur harga murah. Hamster syria terhitung paling murah, tapi badannya bisa melar sampe sekepalan tangan orang dewasa pas gedenya. Yah, segede marmut lah. Asli, kalo udah gede nggak keliatan lucu dan imutnya lagi. Kalo mau, pilihlah jenis Campbell, winter white (WW), atau Roborovski sekalian. Ketiga jenis ini perkembangan badannya nggak seekstrim Syria. Kalo mau yang imut terus, pilih Roborovski, yang bakalan tetep imut. Tapi harganya agak-agak kenceng satunya. Di sini sih harganya seratus ribu per ekor. Campbell dan WW lebih murah, tapi tetep kiyut. Banyak variant warna bulunya juga.

Gw pilih Sepasang WW. Yang cewek gw pilih WW Sapphire, yang cowoknya WW normal. Sekalian juga beli kandangnya yang gede, biar bebas muter-muter. Hehehe ... soalnya udah dilengkapi mainan kinciran, perosotan, bak makan, dan botol minumnya juga.  Yang nggak ada paling ayunan dan jungkat-jungkit aja. Halah. Biar lengkap, gw beli juga bak mandinya (yang diisi pasir khusus biar bulunya bersih dan wangi).

Ternyata seru juga miara hamster. Kadang yang anteng bukan Abith dan Rayya, tapi Bapaknya! Balik ngantor yang dicari malah hamster duluan, dan bukan anak-anaknya. hehehe. Tapi anak-anak gw juga ternyata asik-asik aja sama piaraan ini. Mereka udah biasa megang dan mainin binatang ini tanpa rasa jijik atau takut (beda sama Emaknya yang masih geli-geli gitu megang hamster). kalo hari libur juga udah dijamin ada mainan baru. Selain bersiin kandang, ganti serbuk, nyuci kandang dan bak cucinya, trus ngejer-ngejer duo hamster yang sengaja dilepasin. Rame, soalnya Abith dan Rayya pasti sambil jerit-jerit.

Oya, duo hamster ini dikasih nama (sama Abith) Chiko dan Choki. Chiko yang cewek, Choki yang cowok. Setelah 3 bulan dipiara, kemaren si Chiko melahirkan anak kembar 4! Hureee .... piaraan gw nambah. Mesti beli kandang baru nih.

3 komentar:

punten ah, mampir nih kang iwok :)
soal hamster saya juga geli tuhhh.. apalagi kabarnya hamster dengan kejam kalo ditaro rame2 di satu kandang bisa saling memakan? iya gitu??

meni sieun..

saling memakan sih nggak, tapi kalo berantem iya. Punyaku anaknya udah gede2 tuh, skrg ribut banget tiap hari. berantem terus. musti dipisah kandang lagi kayaknya, sesuai umur masing2. huaaaa ... di rumah udah ada 2 kandang masa nambah lagi? istriku makin bete kayaknya tuh. hahaha

ane juga melihara .waktu pertama beli ane maen comot aje
dan sekalian beli handang ane kira hamster itu gk bisa segede marmut
jadi ane beli kandang yg kecil aje karna hamster yg ane beli kan kecil '' pas itu ehh pas baru di pelihara baru 1 bulan 1minggu salah satu hamster nya udah segede tangan ane . ahkir nya ane jadi beli kandang 2 kali -_- sial emang

ane malah sempet mikir apa itu marmut kecampur sama hamster :v
pas ane cari cari info ternyata itu hamster syrian kwokwkwkw

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More