7 Tahun Blogfam


Jadi geli kalo inget niat gw gabung di Blogfam dulu. Alasannya sangat tidak bermutu; Pengen menghias blog dengan banner-banner! Jiaaaaah ... Perasaan, kalo nggak ada bannernya, blog gw ga keliatan bagusnya. Hahaha ... beneran nggak mutu, kan? Waktu awal-awal bikin blog, dan blogwalking ke beberapa blog, gw sering ngiri dengan layout blog mereka yang bagus-bagus. Apalagi dilengkapi dengan hiasan banner-banner. Gw mikir, itu banner ngambilnya dari mana, ya? Kok bisa sih blog mereka banyak bannernya begitu. Apa tinggal nyomot trus tempel begitu aja? Wekekek *pletak*

Akhirnya, tahun 2005 itu, gw ngobrol sama Usup, blogger asal Pontianak yang udah gw kenal lama tapi belom pernah kesampean ketemuan sampe sekarang. Bener aja, dia langsung ngeledek gw; “gabung dulu di komunitasnya, woy! Baru lho bisa tempel bannernya.” Hihihi ... maklum dah cuy, gw kan blogger baru, blom ngerti sama sekali sama komunitas-komunitas blog begitu.

Nggak ada alasan apapun kenapa tiba-tiba gw ngeklik sebuah banner komunitas di sebuah blog (entah blog siapa, lupa), dan dibawa ke sebuah forum bernama blogfam – blogger family. Bodo ah, pikir gw waktu itu, apapun komunitasnya yang penting gw bisa dapet bannernya. Dan ... tiba-tiba saja setelah itu gw jadi terlibat banyak dengan komunitas ini. Dari awalnya sekadar iseng, lalu tiba-tiba Blogfam membawa gw ke sebuah titik yang nggak pernah gw duga sebelumnya.

Sebagai blogger baru, kegiatan-kegiatan online dan offline menjadi sebuah keseruan tersendiri buat gw. Gw jadi sering banget ikut kopdar, meski harus jauh-jauh ke Bandung atau Jakarta untuk ketemuan dengan Blogfammers lainnya. Ikutan sibuk waktu kelurahan Bandung ngegelar acara Jumpa Penulis Blogfam (yang pertama dan kedua), atau ikutan lomba-lomba online yang diadain Blogfam setiap tahunnya. Salah satu yang sangat mengesankan adalah ketika ikut lomba menulis cerita anak, pertengahan tahun 2006. Waktu itu, salah satu jurinya adalah Benny Rhamdani.  Dalam lomba ini gw ngeborong 3 gelar juara, yaitu juara 1 kategori cerita realita, juara 2 kategori cerita fantasi, dan juara favorit kategori cerita realita. Sebuah penghargaan yang membuat gw syok; I can write!

Sejujurnya, gw nggak pernah nyangka akan bergelut dengan dunia tulis menulis. Tapi melalui Blogfam, gw bisa menemukan salah satu bakat yang mungkin selama ini nggak pernah di asah. Saat itu, Blogfam ternyata gudangnya penulis handal. Sebut saja, Isman H. Suryaman, Primadonna Angela, Syafrina Siregar, Tria Barmawi, Benny Rhamdani, Labibah Zain, dll. Bergaul dengan mereka, gw dibawa ke dunia penulisan yang tidak pernah gw tahu sebelumnya. Selain itu, kegiatan-kegiatan Blogfam dalam dunia penulisan mau tidak mau ikut menyeret gw juga ke dunia ini.

Sebut saja, proyek kerjasama Blogfam dengan Penerbit Cinta (Mizan Grup). Saat itu diadakan seleksi penulisan untuk proyek buku ‘Teen World; Ortu Kenapa Sih?’. Dan tulisan gw lolos! Yay, buku gw yang pertama pun akhirnya terbit, sebuah antologi dengan 14 member Blogfam lainnya. It was just a start, karena semangat gw pun semakin menggebu setelah itu. Apalagi kemudian, Blogfam membuka kelas penulisan untuk penulisan cerita anak. Pematerinya tidak tanggung-tanggung, Benny Rhamdani! Gw masih inget, dulu kelas ajaib ini terdiri dari beberapa siswa saja. Di antaranya adalah; Nunik Utami, Dewi Cendika, Erlina Ayu, Ryu Tri,  Beby Haryanti Dewi, Dewi Rieka, dll. Sekarang mereka sudah malang melintang dalam dunia penulisan.

Setelah itu, keterlibatan dalam dunia tulis pun semakin melekat. Blogfam tak pernah henti bekerjasama dengan beberapa penerbit untuk proyek penyusunan buku. Sebut saja beberapa buku hasil kerjasama dengan Penerbit Gradien, yaitu; kumcer 'Biarkan Aku Mencintaimu Dalam Sunyi',  'Flash! Flash! Flash!', 'Ramuan Jomblo', dan 'Makan Tuh Cinta!', dan dua buah buku Kumcer Cerita Anak hasil kerjasama dengan Azka Press. Di sini selain gw terlibat dalam penulisannya, terlibat pula sebagai editor akuisisi untuk menyaring naskah-naskah yang masuk. Alhamdulillah ... nggak nyangka bisa terlibat sejauh itu.

Sedari kecil mungkin gw sudah suka menulis, tapi gw nggak pernah nyangka kalau melalui Blogfam-lah jalannya akan terbuka. Support penuh semangat yang ditunjukkan seluruh membernya membuat gw berani melangkah jauh. Tidak sia-sia, Blogfam memberikan semuanya. Mereka sudah mengenalkan gw pada orang-orang hebat, membukakan jalan, sekaligus mendukung sepenuhnya. Kalau sekarang gw sudah menerbitkan tidak kurang dari 30 buku, gw selalu bilang; it wouldn't be happened kalo dulu gw nggak join Blogfam. Lebay? Ah, nggak juga. Toh itu yang gw rasain sampe sekarang.

So, thanks a bunch buat Blogfam, buat seluruh admin, modi, dan tentu saja seluruh membernya. Blogfam adalah rumah kedua buat gw. Di sini gw menemukan apa yang gw butuhkan; sebuah kehangatan dan kekeluargaan. Kalau sudah merasa nyaman, kenapa harus cari yang lain, kan?

Selamat Ulang Tahun Blogfam ke-7!

Komentar

Anonim mengatakan…
Jadi kapan kita berjumpa lagi di lebak bulus pagi-pagi buta? jyahahaha
Ippen mengatakan…
tenang mas kalo masih takut nyasar di jakarta, aku masih banyak panduan ama rute bisnya kok *maklum mantan kenek :P
gajahpesing mengatakan…
Selamat Ulang Tahun Blogfam yang ke-7, semoga makin jaya...

salam kenal mas Iwok
sibair mengatakan…
selamat ulang tahun blogfam :D
Anonim mengatakan…
blogfam met ultah yang ke 7
senang lilis bisa menjadi keluarga besar blogfam
senang juga mengenal banyak orang di blogfam
Ilham Himawan mengatakan…
Kang...rumah kedua dah dibooking oranglain, wah sempit dong kalo semua dah bilang blogfam rumah kedua...hihihi Met Ultah Blogfam *berpelukan*
JaF mengatakan…
lebih nyaman lagi kalau ada duren, kang hehehehe
kapan ya sempet ke tasik.. Dulu cuma sempet lewat doang
salman mengatakan…
hmmmmm, menarik banget tulisan kang iwok ini, dan panjang banget, kayak nulis novel jadinya *yaiyalah kan penulis novel gitoooh
Nad mengatakan…
Ya ampun *tepokjidat* aku kok baru nemu blog Kang Iwok yang ini? Slama ini kirain yang di MP aja. Ke mane aje, Nad? :D

Aku dah lamaaaa banget join blogfam, tapi baru sekarang beraktif ria. *maluw, tutup muka rapat2* Dan, subhanallah, langsung dapat manfaatnya! Gede banget! :D

Tkyu, Kang Iwok & Blogfam.
kasma_maret mengatakan…
bisa jadi cerpen ni catatannya, pak
met ultah buat blogfam
Iwok mengatakan…
@Ragil - tunggu saatnya tiba. hahaha
@Ippen - Nah, ga ada Ragil, Ippen pun siap. hihihi .. ayo sapa lagi yang siap jemput? :p
@Gajah - salam kenal juga. thanks ya udah ikut ngeramein forum :)
@Sibair - terima kasih. selamat ultah buat kita semua :)
@Lis - sama2 Lis. senang juga Lilis udah bergabung di Blogfam
@Ilham - horeee .. teletubies pindah ke Blogfam. *berpelukan*
@Om Jaf - guren. hiks ... *ditunggu di Tasik kalo lewat lagi Om. hehehe*
@Salman - apa jadiin novel aja ya Man? hahaha
@Nad - aku sendiri pangling kok sama rumah yg ini, Nad. Baru bersih-bersih sebulanan ini nih. Pas ditengok aja, layoutnya udah acak-acakan, gara2 naro image template-nya di web yg udah tutup (geocities). akhirnya pake template gratisan aja. hehehe
@Kasma - hah, jadiin cerpen aja ya? Tapi Salman minta jadiin novel. hehehe
tuteh mengatakan…
Happy bday Blogfaaaaam :D

Karena blogfam pun saya bisa menulis dan punya buku meskipun bukan buku sendiri :D

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?