Be Fashionable with Batik

Saya tidak pernah membayangkan akan menyukai batik. Lebih detilnya, saya tidak pernah membayangkan akan memiliki koleksi baju batik, bahkan lebih dari satu! Bagaimana tidak, dulu saya hanya memiliki satu baju batik saja. Itupun sengaja dibeli untuk persiapan kalau ada undangan pernikahan saja. Bisa dibayangkan, setiap ada undangan pernikahan saya selalu mengenakan baju batik yang sama. Kalau saja saya di foto di setiap undangan pernikahan, lalu foto-foto itu dijajarkan, pasti yang berbeda hanya foto pengantinnya saja, karena penampilan saya pasti akan tetap sama.

Perubahan terjadi pada saat batik begitu membumi di tanah air (dan hebatnya bahkan mendunia!) beberapa tahun terakhir. Rasanya ada perasaan rikuh melihat berita tentang batik melanglang buana. Rasanya ada perasaan kikuk melihat  batik wara-wiri di sekeliling saya. Ketika banyak orang (bahkan bangsa asing) terlihat begitu nyaman mengenakan batik, kenapa saya bahkan tidak pernah mencoba mengenakannya?

Dulu saya selalu menganggap baju batik hanya cocok untuk orang tua saja, kolot, jadul, tidak fashionable. Nanti-nanti saja saya pakai batik kalau usia saya sudah sepuh. Ternyata keadaan sudah menjadi lain. Di sekeliling saya batik sudah terlihat begitu berwarna, begitu elegan, dengan motif yang begitu kaya. Batik tidak lagi terlihat sebagai ‘baju kondangan’, batik sudah menyesuaikan dengan keadaan. Trend pakaian dengan motif batik yang fashionable mulai meraja. Kalau sudah begitu, alasan apalagi saya menghindari batik?

Sebuah website  tentang batik semakin membuat saya melek dunia batik. Bagaimana tidak, pandangan sempit saya tentang batik menjadi sesuatu yang memalukan. Sebagai bangsa Indonesia yang seharusnya bangga dan melestarikan batik karena sudah dicanangkan UNESCO menjadi Warisan Budaya Dunia dari Indonesia, saya malah seolah tidak peduli. Melalui www.batikindonesia.com pandangan saya pun berubah 180 derajat.

Melalui banyak foto, cerita, dan informasi, saya mulai mengenal kalau variasi batik pun begitu beragam. Tidak lagi hanya motif batik lereng yang dulu biasa dikenakan (alm) Ibu saya, atau motif-motif kain samping yang biasa dikenakan ibu-ibu rumah tangga, tapi banyak sekali motif lainnya yang mengagumkan. Sebut saja, motif Parang Klitik Kuning (Jogja), motif Bunga Titisan Merah (Madura), motif Sapi (Tasikmalaya), motif megamendung, dan banyak lagi motif lainnya.

Dari banyaknya koleksi di website ini, saya pun baru mengetahui kalau pengrajin batik pun ada di seluruh penjuru nusantara. Tidak hanya Jogja, Cirebon, atau Pekalongan yang selama ini dikenal sebagai sentra batik, tetapi juga tersebar mulai dari Aceh, Padang, Lampung, Pontianak, Palangkaraya, sampai ke Madura. Semua hadir dengan ciri khas batiknya yang unik dan berbeda-beda.

Anggapan saya kalau batik adalah kain kolot, jadul dan hanya pantas untuk orang tua langsung pupus seketika. Saya banyak menemukan variasi warna dan desain yang begitu elegan, yang bahkan akan sangat pantas dikenakan seorang pria. Image bahwa batik hanya pantas dikenakan pada saat acara resmi pun langsung saya coret. Batik bisa disulap menjadi baju kerja harian yang cantik dan gaya. Batik pula bisa dijadikan pakaian casual yang dikenakan untuk hangout bersama teman dan keluarga. Kenapa tidak, batik ternyata bisa dimodifikasi menjadi pakaian yang nyaman dan terlihat modern.

Batikindonesia.com benar-benar menyajikan yang terbaik bagi pecinta batik. Tidak hanya menawarkan kain dengan variasi motif dari berbagai daerah, tetapi juga menawarkan produk-produk siap pakai yang sudah terpilih. Ambil contoh; seprai, syal, selendang, bolero, tshirt, blazer, dan lain-lain. Semuanya ditawarkan dengan range harga yang terjangkau, bahkan dimulai dengan harga di bawah Rp. 100ribu.

Untuk kepentingan penyuka batik yang tertarik dengan produk-produknya, Batikindonesia.com melayani penjualan online. Mereka bahkan sudah menyiapkan kemasan-kemasan cantik untuk berbagai kepentingan. Lihat saja penawaran mereka berupa Kado Pernikahan, Kado Ulang Tahun, kado untuk Mama, Kado untuk  Papa, Kado untuk Sahabat, dan lain-lain. Semua disajikan dengan packaging yang cantik dan menarik. Pemesan bahkan tidak perlu repot mengemas ulang dan mengirimkannya kepada penerima kado. Batikindonesia akan langsung mengirimkan langsung kepada alamat yang dituju.

Tidak ada lagi alasan saya untuk tidak mengenakan batik. Alhamdulillah ... di lemari saya sudah tersimpan berbagai baju batik untuk berbagai kepentingan. Yang resmi dan yang casual. Rasanya bangga, setiap kali mengenakan batik, saya merasa sudah ikut melestarikan warisan budaya bangsa. Bagaimana dengan anda? Silakan bertandang ke www.batikindonesia.com , saya yakin anda pun akan bangga dan semakin mencintai batik.

Komentar

Anonim mengatakan…
wah....kang iwok ganteng...wkwkwkw

sayapun akhirnya sukaaaa batik kang!
Iwok mengatakan…
Izza, pasti ganteng dong, kan udah ada bakat ganteng dari kecil. hahaha ... *jitak*
tree susilo mengatakan…
betuul kang iwok kalau pake batik tambah ganteeng....tapi gantengan saya ya kang...hehehehe*kabbbuuuuurr*
Iwok mengatakan…
@adi - hahahaha .... itu pasti jawabannya Rexy. coba kita tanya sama Abith dan Rayya .... eh, ternyata gantengan aku katanya Di! hahaha

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?