Senin, Mei 11, 2015

Hidroponik Sederhana Sistem Sumbu (Wick)

Bukannya mau ngajarin sih, karena saya juga masih belajar berhidroponik. Baru 2 bulan ini saya bergabung dengan grup hidroponik di facebook. Gara-gara sering mantengin setiap postingan yang ada (lalu ngiler lihat betapa indah dan suburnya tanaman member grup di sana), akhirnya saya mulai mencoba. Berhasil? Ada yang berhasil, banyak juga yang gagal. Hehehe. Menurut para master hidroponik, tidak ada jaminan pasti sebuah keberhasilan tanam, karena banyak faktor yang mempengaruhi. Seseorang yang berhasil menanam sebuah jenis tanaman di kota A, belum tentu akan sukses juga di kota B. Suhu, ketinggian lokasi, dll. akan sangat berpengaruh. Karena itu, uji coba tanam harus selalu dilakukan agar kita bisa mengetahui setiap faktor keberhasilan atau kegagalan.

Dan, mengingat banyak teman yang tergiur juga untuk mencoba hidroponik, akhirnya saya bikin postingan ini. Siapa tahu dengan belajar bareng, bisa saling menyemangati untuk terus menghijaukan lingkungan rumah. Setidaknya, beberapa kebutuhan dapur sudah tidak perlu beli lagi. :D

Dari sekian banyak sistem hidroponik yang ditawarkan, saya memilih yang paling mudah; sistem wick atau sumbu. Bukan hanya karena cara pembuatannya yang paling mudah, tapi dari sisi biaya juga paling murah. Sistem Wick bisa menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah. Contohnya botol air mineral. Daripada jadi sampah, ternyata masih bermanfaat juga lho buat hidroponik.

Tertarik juga? Yuk kita mulai bercocok tanam!

Bahan yang dibutuhkan :



  1. Botol air mineral ukuran 600 ml
  2. Rockwool (salah satu media tanam untuk hidroponik, bisa beli di toko pertanian atau online) - Bisa diganti sama dacron, busa bekas jok kursi, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
  3. Kain flanel / sumbu kompor / kain yang menyerap air

Cara membuat botol untuk media tanam hidroponik


Potong botol air mineral menjadi 2 bagian (lihat gambar)
Lubangi bagian atas leher botol di dua sisi dengan solder atau paku yang dipanasi (gambar kiri). Masukan kain flanel yang sudah dipotong memanjang melalui dua lubang tadi (gambar kanan)

Pasang terbalik bagian atas botol ke bagian bawah botol (lihat gambar). Media tanam hidroponik sederhana sudah siap digunakan.


Tapi tunggu, botol di atas belum akan kita gunakan saat ini. Yang harus kita lakukan sekarang adalah menyemai benih tanamannya terlebih dahulu. Karena itu, siapkan benih-benih yang akan kita tanam. Untuk latihan menanam hidroponik, sebaiknya dimulai dengan tanaman sayuran. Sayuran lebih mudah ditanam dan ... cepat panen! Horeee ...

Contoh benih sawi/caisim tosakan dan selada bokor yang saya miliki

Saat ini, benih/bibit tanaman banyak sekali dijual online. Kalau di sekitar anda tidak ada toko pertanian yang menjual benih tanaman, anda bisa membelinya online. Saya biasa membeli benihnya di sini, sini, dan sini. Kalau mau googling, akan ada ratusan penjual benih online. Anda bisa menyesuaikan pembelian dengan lokasi seller yang terdekat dengan kota anda.

Menyemai Benih

Potong-potong rockwool dengan ukuran 2,5 x 2,5. Rockwool bisa dibeli online juga. Biasanya penjual benih tanaman menyediakan rockwool juga.
Basahi rockwool dengan air. Ciprat-ciprat rockwool agar tidak terlalu basah (air tidak terlalu menggenang). Tempatkan di nampan atau kotak plastik bekas yang ada. Bolongi bagian tengah setiap rockwool dengan lidi/tusuk gigi. Jangan buat lubang terlalu dalam, cukup kira-kira 2 mm saja.

Yang harus dilakukan sekarang adalah memasukkan benih ke dalam lubang yang sudah dibuat di atas rockwool. Setelah selesai semua, tutup wadah dengan kantong plastik hitam dan tempatkan di tempat yang teduh atau gelap. Cek setiap hari apakah benih sudah sprout (pecah benih) atau belum. Untuk sawi dan selada, biasanya dalam 1-2 hari sudah sprout. Tanda sprout adalah dengan munculnya calon akar (putih-putih) dan menyembul calon daun.

Kalau sudah ada yang pecah benih (berkecambah/berakar) segera kenalkan dengan sinar matahari. Jemur wadah berisi benih tersebut di bawah sinar matahari pagi sampai siang. Kalau matahari sudah terik, cukup simpan di tempat yang terang dan tidak perlu ditutup lagi oleh plastik hitam. Terlambat mengenalkan pada sinar matahari bisa mengakibatkan etiolasi (Kutilang = Kurus, tinggi, langsing). Apa itu etiolasi? Silakan baca di sini biar jelas ya.

Contoh etiolasi pada tanaman yang telat dikenalkan pada sinar matahari. Batangnya memanjang dan akan menghambat pertumbuhannya (dua tanaman yang di depan. Yang lainnya masih cukup normal)

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses pertumbuhannya. Karena itu, sudah harus mengenal sinar matahari (simat) setiap harinya. Jangan lupa untuk mengecek apakah rockwool masih cukup basah atau sudah kering. Tambahkan atau semprotkan air agar rockwool tetap basah dan lembab.

Benih yang mulai tumbuh dalam beberapa hari.

Bercocok tanam, tidak terkecuali hidroponik, membutuhkan kesabaran. Tanaman tidak akan tumbuh begitu saja. Karena itu dibutuhkan perawatan dan perhatian. Sebelum pindah ke media tanam (botol), yang mereka butuhkan hanya air dan sinar matahari yang cukup. Kita hanya perlu menunggu sampai setiap tanaman sudah berdaun 4 (sudah keluar daun sejati) yang menandakan mereka sudah siap pindah tanam dan memerlukan nutrisi.

Sawi saya sudah berdaun 4, sehingga sudah bisa dipindah ke media tanam (botol hidroponik)

Menyiapkan Nutrisi

Tanaman sudah semakin besar, sudah memerlukan nutrisi untuk pertumbuhannya. Karena tidak ditanam di tanah (yang biasanya sudah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi mereka) dan hanya mengandalkan air saja, dibutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan mereka. Dalam hidroponik dikenal nutrisi dengan istilah AB MIX.

Salah satu contoh pupuk hidroponik yang dijual (Foto dari fjb.kaskus.co.id)
AB MIX ini biasa dijual di toko pertanian atau online. Ada yang masih dalam bentuk bubuk, ada juga yang sudah dalam bentuk larutan cair. Kalau anda membeli dalam bentuk bubuk, baca panduan cara melarutkannya. Biasanya dicantumkan dalam kemasan kok. Pada saat saya beli AB MIX ini, penjualnya bahkan melampirkan cara melarutkannya dalam selembar kertas.

Ada bebeberapa jenis AB MIX. Untuk sayuran, pastikan anda membeli AB MIX Daun (sayuran daun). Kecuali kalau nanti sudah mencoba tanaman buah, AB MIX yang harus disiapkan juga khusus untuk buah. AB MIX akan terdiri dari 2 larutan cair yang terpisah, yaitu larutan A dan larutan B. Kedua larutan nutrisi ini adalah larutan pekat yang dalam penggunaannya nanti harus dicampur lagi dengan air.

Pada saat tanaman sudah siap dipindahkan dari media semai ke media tanam (botol), nutrisi ini harus segera disiapkan. Ada takaran khusus untuk pemberian nutrisi sebagai awalan, yaitu; 5ml (milimeter) larutan A ditambah 5 ml larutan B, dicampur dengan 1 liter air. Aduk rata. Setelah itu nutrisi sudah bisa dipindahkan pada botol-botol media tanam hidroponik.

Pindah Tanam

Siapkan kembali botol air mineral yang sudah dibuat sebelumnya. Isi bagian bawah botol dengan larutan nutrisi. Pindahkan hati-hati rockwool yang berisi tanaman yang sudah berdaun empat ke bagian dalam botol bagian atas yang sudah diisi kain flanel. Pasangkan kedua bagian botol tersebut seperti gambar di bawah ini.

Selesai!

Mengapa sistem ini disebut dengan sistem wick atau sumbu? Kita bisa melihatnya dengan adanya media flanel sebagai sumbu yang membantu mengalirkan nutrisi dari botol bawah ke botol bagian atas. Rockwool adalah media yang akan menyerap air nutrisi yang dibawa kain flanel, sehingga akar-akar muda tanaman akan menyerapnya dari rockwool. Semakin besar, akar tanaman akan keluar dari rockwool dan merayap melalui kain flanel menuju larutan nutrisi di bagian bawah dan mengisapnya sendiri.


Semakin tanaman membesar, kebutuhan nutrisi juga semakin besar. Karena itu, seminggu sekali larutan nutrisi harus ditambah. Kalau di awal campuran nutrisi adalah ; 5ml + 5ml + 1 lt. Minggu kedua naikkan menjadi 6ml + 6ml + 1lt. begitu seterusnya sampai tanaman siap panen.

Jangan biarkan larutan nutrisi di botol bagian bawah kosong karena akan menyebabkan tanaman mati kekeringan. Botol yang berisi larutan nutrisi rentan terkena lumut karena paparan sinar matahari. Karena itu, kalau mau, lapisi botol bagian bawah dengan kertas warna gelap. Atau cat dengan warna hitam. Tapi, karena saya menggunakan botol-botol ini tanpa pelapis, biasanya pada saat pergantian nutrisi, saya bersihkan lumut-lumut yang menempel hingga bersih kembali. Kerja lagi sih, tapi saya sih asyik-asyik aja.

Kalau tidak mau menggunakan botol bekas air mineral, sebenarnya kita bisa juga menggunakan baskom atau tempat plastik lainnya. Sistemnya sama saja kok. Hanya saja, sebagai media menempatkan rockwool berisi tanamannya saya menggunakan netpot (pot kecil) atau bisa juga dengan bekas air mineral gelas yang sudah dilubangi ujung bawahnya dan dipasangi kain flanel. Untuk menutup baskom/wadah plastiknya menggunakan styrofoam yang dilubangi sehingga pot-pot akan menggantung dan tidak menyentuh air. dengan cara seperti ini, kita bisa menempatkan beberapa pot tanaman sekaligus.



Demikian cara hidroponik sederhana dengan sistem wick. Sebenarnya ada berbagai macam jenis hidroponik, seperti sistem NFT, Dutch Bucket, Autopot, fertigasi, drip, rakti apung, dan lain-lain. Tapi karena saya baru nyoba yang sistem wick, jadi baru ini saja yang saya tulis. Setidaknya dari sistem wick ini sudah ada sawi yang berhasil saya panen. Hehehe.

Siap-siap masuk dapur

Ini lahan sempit di teras samping tempat saya eksperimen dengan hidroponik


Selamat bercocok tanam. Yuk, kita hijaukan rumah! ^_^

Update

Pada perkembangannya, saya mulai melebarkan sayap dengan memulai membuat modul DFT dari paralon. Berhasil dengan sistem wicks/sumbu membuat saya ingin mencoba sistem hidroponik lainnya yang lebih baik. Berikut adalah beberapa fotonya.



85 komentar:

Whoooooooooooooooooooo... berhasil! Print ah, mau coba

Kang iwok, itu pupuk aman gak ? Soalnya takut mengandung pestisida. Kalau tanpa pupuk tanaman bisa hidup sehat ga ?

@meity - ayo mulaiiiii :D
@Ratna - kayaknya sih aman ya, soalnya belum pernah ada obrolan seputar efek dari penggunaan AB MIX ini di grup. Kalau tanpa nutrisi, sepertinya tanamannya nggak bakalan tumbuh bagus deh mba. :D

Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya

Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya

Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya

Ini yang kutunggu ..setelah lihat di Instagram kupikir tahu Sumedang :)
Thanks sharingnya

Sama-sama mba Tatit, selamat bercocok tanam :)

Keren banget Kang, sangat luar biasah hahaha, itu rockwall kok kayak tahu ya :D

mampir ah kesini! hihi..
wah, hidroponik! :D
Billy jg pernah praktek loh kak..
di sekolah ada pelajaran kewirausahaan yg kebetulan agribisnis diajarin sama dosen ttg sistem hidroponik ini. pernah nyoba bikin juga hehe..
lumayan tuh hasilnya, subur makmur dehhh..!

@Salman - hahaha ... banyak orang yang ngira itu memang tahu :))

@Billy - wah, pernah praktek hidroponik ya Bil? Gimana, sekarang masih nanam nggak? :D

Print ahhhh
Buat persiapan proyek ngabuburit

Hahaha siiip ... kalo mau, tar aku invite ke grup facebook hidroponik ya :D

kang kain flanel bisa di ganti kaen bekas apa ya yg bisa menterap air,biar ga usah beli gitu

Hardiyan - Bisa kok, tinggal cari kain-kain bekas, tapi yang bisa menyerap ya. Kalau ada kain yang mau dipakai, coba aja celupkan ke air dulu, lihat apakah menyerap dengan baik atau tidak. Pakai sumbu kompor juga bisa kok :)

Makasih sharingnya. Sistem sumbu ini merupakan yang termudah dari hidroponik. Sehingga bisa diajarkan di kelas dan melatih kreativitas. Kreativitas sangat diperlukan untuk menghadapi kehidupan yang penuh dinamika dan tantangan. Orang yang kreatif bisa diketahui melalui Tes Torrance, tes menyebutkan kegunaan benda sebanyak-banyaknya, tes menggabungkan kata, dan tes kreativitas lainnya. Kreativitas tidak berhubungan dengan IQ, ada anak yang kreativitasnya tinggi dengan IQ rendah, ada anak yang kreativitasnya tingi dengan IQ tinggi, ada anak kreativitasnya rendah dengan IQ rendah dan ada juga yang kreativitasnya rendah meskipun ia ber IQ tinggi. Memang faktor kesuksesan selain kreativitas masih banyak faktor lain seperti kerja keras, dll. Secara sederhana Kreativitas ditunjukan dengan banyaknya karya atau produk yang dihasilkan. Tetapi Indeks kreativitas negara Indonesia dan indeks kreativitas pelajar Indonesia masih rendah menurut Martin Prosperity Institute (2015) dan OECD-PISA (2012). Maka dari itu perlu diajarkan kreativitas sejak TK sampai Perguruan Tinggi. Mau membaca tulisan ini lebih lanjut, silahkan masuk ke situs http://simposiumguru2015.kemdikbud.go.id/. Daftar dan download hasil penelitian sederhana saya, dengan judul "MEMBANGKITKAN KREATIVITAS SISWA SMP DENGAN TES KREATIVITAS SEDERHANA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI HIDROPONIK". Dan berikan dukungan dengan mencentang tanda like atau bintang. Mudah-mudahan bermanfaat.

Pak, apa air yg berisi pupuk ab mix itu harus selalu diganti?. Klo iya berpa kali seminggu?. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Pak, apa air yg berisi pupuk ab mix itu harus selalu diganti?. Klo iya berpa kali seminggu?. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

@Acounite - kalau airnya masih ada (dan tidak berlumut), tidak perlu diganti. cukup ditambahkan nutrisinya saja. Tetapi kalau sudah berlumut dan mengental sebaiknya air diganti, soalnya lumut nanti akan mengganggu pertumbuhan akar. :)

Assalam mualaikum...
Om tinggalnya ditasik? boleh minta alamatnya kebetulan saya juga dari tasik
Saya ingin tau lebih tentang Hidroponik dari pakarnya.Kebetulan Postingan om menarik jadi saya ingin mencoba hidroponik
Terimakasih.

Walaikumsalam. Saya tinggal di Karoeng kang, jalan taman pahlawan. Silakan kalau mau mampir ke rumah :)

kang kalo mau dapet AB mix n rockwool di tasik di mana ya? maaf minta infonya

terimakasih mas membantu sekali untuk saya yang baru mulai dari nol, dan mau mencoba tanamanhidroponikku kreasi sendiri

@Saeful - di Tasik kayaknya masih jarang yang jual ABMix. saya biasa beli online :)

@Ardath - sama-sama. selamat bertanam :)

menarik ulasannya,.. bibit durian bisa ndak ya dibuat hidroponik ndak y. hehe

Pak.. beli pupuk online nya.. boleh tau gk. Saya dr kalimantan tengah, di palangka raya gk ada yg jual. No saya 0811 521 9800

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

makasih pak infonya, sistem hidroponik yang paling bagus bagaimana??

Berapa lama waktu yang dibutuhkan? 1 bulan? jawab ya kak

@Hidroponik organik - semua sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja, saya baru mencoba 2 sistem saja; wick dan DFT. yang DFT pertumbuhannya lebih bagus, karena aliran nutrisi mengandung cukup oksigen dibandingkan sistem wick yang lebih statis :)

@tamara - Untuk sayuran, dari semai sampai masa panen kurang lebih 40 harian. Bisa lebih juga, tergantung pertumbuhannya normal atau tidak :)

mau tanya gan...brp harga nutrisi AB mix satu paket..utk daun dan buah...dan brp harga rock woolnya...mksh sblmnya

tanaman Yang paling cocok untuk hidroponik sistem ini jenis apa ya? mohon dibalas, terimakasih

Pak mau tanya itu kain flanelnya pasti ngresap keatas ya? Soalnya saya coba bagian atasnya kering? Solusinya bagaimana?

@Anonim - Harga nutrisi ABMix ukuran kecil 20ribu. Kalau rockwool adanya yang lokal. harganya 10ribu :)

@Intan - sebenarnya tanaman apa saja bisa kok di hidroponik. Hanya saja, untuk tanaman buah berbatang besar, tentunya membutuhkan media tanam yang besar dan juga tidak ekonomis dalam hal pemberian nutrisinya. Kebanyakan, orang menanam sayuran untuk berhidroponik. Bunga juga bisa kalau memang suka bunga :)

@Unknown - ya betul, seharusnya air akan menyerap ke atas. kalau memang bagian atas masih tetap kering, coba dicelup dulu kain flanelnya ke dalam air. setelah itu baru digunakan. kalau sudah basah, biasanya akan lebih mudah menyerap kainnya :)

Makasih Banyak Nih Sudah Diberi Panduan Lengkap Bagaimana Bikin Hidroponik. Saya Jadi Lebih Mudah Dalam Proses Penanamanya

tanya dong, itu kalau pake pot besar pakainya sekam atau apa ya???

@kebunmu - terima kasih sudah mampir :)
@Ricky - kalau menggunakan pot besar, metannya saya biasa pakai sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1:1. Sistemnya bisa guyurponik (disiram manual)

Bisa mas, tapi duriannya jadi sayur yak hahahaha

Thanks bang Iwok, jadi keburu nyoba. ��

pak iwok,

invite saya di FB heru Dasuki yaa

tks

Pak iwok..sip..
Klo gak keberatan invite sy di fb..jsudarmono

Pak iwok..sip..
Klo gak keberatan invite sy di fb..jsudarmono

MasyaAllah...Sughooiii...kereeen...mau praktek *_*

Kang iwok itu kalo akarnya numbuh kebawah kena air ndapapa?tx infonya sgt membantu kang iwok jual online nga?

Kang iwok itu kalo akarnya numbuh kebawah kena air ndapapa?tx infonya sgt membantu kang iwok jual online nga?

Tasikna palih mana,hoyong di ajar. saya di Pasiripis Padakembang, Galunggung. WA 081320085202. Nuhun pisan.

terima kasih sharingnya kang

Mas iwok kalau sebagian akar tanamanx masuk ke cairan nutrisi ngak masalah?

@Unknown - Nggak masalah kok. Semakin tanaman tumbuh membesar, akar pun akan semakin banyak dan mencari/menyedot nutrisi sendiri.

mas iwok makasi, moga mas iwok sehat sekeluarga, jangan sungkan bagi bagi ilmu, ga ada yang rugi ko. salam buat keluarga

Kang Iwok, thanks for sharing. Sangat berguna dan memotivasi nih. Insha allah akan ikut hidroponik juga.. ����

@Semangat Baru - terima kasih sudah mampir.
@Ardhian - Sama-sama. Ayo berhidroponik juga :)

Kang iwok @ klo sistem wick gmna perbandingan nutrisi nya perminggu smpai panen

@Anonim
Bagusnya sih memiliki TDS meter ya, karena setiap tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Tapi kalau belum ada TDS, bisa naikan 1 ml nutrisinya per 1 minggu.

Pak Iwok,coba deh yg sistem NFT.Tanaman akan mendapatkan pasokan oksigen lbh bnyk sehingga prtumbuhan tanaman lbh cepat.

Sangat membantu terutama saya yg masih baru belajar makasih kang semoga sehat selalu

mantap bener kang...

sangat membantu artikelnya

@Wiya - saya sudah pakai DFT, dan pertumbuhannya memang lebih bagus :)
@Muhamad Fauzie - Sama-sama, terima kasih sudah mampir :)
@Heru - terima kasih. :)

Saya coba pakai sumbu kompor gak naik kang airnya... Apa pasangnya salah? Gimana si cara pasangna

Pak..saya mencoba menanam dg sistem wick. Pucuk seladanya selalu mengering..kenapa ya? Sementara sawi keriting dan pagoda baik2 saja..
Apa takaran nutrisi untuk selada berbeda ya? Berapa ml takaran nutrisi yg tepat untuk selada? Terima kasih.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

untuk tanaman yang besar seperti cabe ato tomat apakah masih pakai media rockwool juga ya?

@Muhamad Fauzie - Maaf saya baru buka blog lagi. Kalau air tidak naik. coba sumbu kompornya dicelup air dulu semuanya mas, biar basah. Setelah itu air pasti akan merambat naik lagi.

@@Lily - Maaf kalau jawabannya lama. Kalau pucuk selada mengering, itu artinya nutrisinya ketinggian. coba diturunkan lagi. Nutrisi untuk selada dan sawi memang berbeda. Selada cukup di kisaran 840 ppm, sementara sawi di 1350.

@Anonim - Ya, rockwoll adalah alat bantu untuk semai. Jadi untuk semai tomat atau cabe bisa menggunakan rockwool juga (dan tidak perlu dicabut RW-nya saat pindah tanam nantinya)

Kak itu kalo nutrisinya dari air kotoran kambing aja. Apa bisa ??

Halo Eva, saya belum pernah pakai nutrisi pakai kotoran kambing. selama ini pakai ABmix saja.

Pak kebetulan saya ada tugas dari sekolah... kalau saya mau mindahin tanaman cabe dari pot, bisa pakai media tanam apa selain rockwool? Tanamannya sudah lumayan besar soalnya..

Halo Dayu, maksudnya mindahin dari tanah ke sistem hidroponik? Sebaiknya, penerapan sistem hidroponik harus sedari tanaman masih kecil, karena kalau sudah besar seperti ini bisa merusak akar tanaman. kalau akar tanaman sudah terganggu, tanaman bisa mati atau terganggu pertumbuhannya.

Maaf mau tanya, itu rockwoolnya ditaruh begitu saja di atas kain flanelnya?

mas. pas penyemaianny nutup pakek plastik hitam ny harus kencang hingga gak ada udara. atau hanya sebatas ngidarin dari cahaya matahari?

Mohon ijin promo..Om.

Untuk teman-teman yang ingin mulai berhidroponik tersedia Starter Kit Hidroponik yg cocok untuk teman2x yang ingin cepat memulai belajar menanam secara hidroponik karena paket starter kit ini mudah dipelajari, mudah digunakan dan mudah dalam perawatannya.

Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini dapat digunakan untuk menanam beberapa sayuran seperti, Kangkung, Bayam, Pakcoy/Sawi, bawang daun dll.

Hasil maksimal akan didapat apabila saat proses penanaman Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini diletakkan pada tempat terkena sinar matahari yang cukup

Satu paket Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) terdiri dari :

2 Pcs Bak Tanam/Bak Nutrisi warna Biru, Abu-abu, Merah (ukuran 39 x 30 x 12 cm)
2 lembar Tutup Bak Tanam bahan Impraboard warna Biru, Merah, hijau @ 9 lubang netpot
18 Pcs Netpot putih
18 Pcs Sumbu dari kain Flanel warna Hijau
1 Pcs Pupuk Nutrisi AB Mix IJO kemasan 250 gr (untuk 100 ltr nutrisi siap pakai)
1 Pcs Media Tanam Rockwool
1 Pcs Nampan semai warna Hijau
1 Pcs Gelas ukur plastik 1 ltr
4 Bungkus Repacking benih (Kangkung, Bayam Merah, Pakcoy & Selada)
1 Pcs Panduan Penggunaan Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu)

Bisa di dapat di Bukalapak, alamat linknya : https://www.bukalapak.com/hydroponictejafarm

Terimakasih.

Salam
Hydroponic

Mohon ijin promo..Om.

Untuk teman-teman yang ingin mulai berhidroponik tersedia Starter Kit Hidroponik yg cocok untuk teman2x yang ingin cepat memulai belajar menanam secara hidroponik karena paket starter kit ini mudah dipelajari, mudah digunakan dan mudah dalam perawatannya.

Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini dapat digunakan untuk menanam beberapa sayuran seperti, Kangkung, Bayam, Pakcoy/Sawi, bawang daun dll.

Hasil maksimal akan didapat apabila saat proses penanaman Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) ini diletakkan pada tempat terkena sinar matahari yang cukup

Satu paket Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu) terdiri dari :

2 Pcs Bak Tanam/Bak Nutrisi warna Biru, Abu-abu, Merah (ukuran 39 x 30 x 12 cm)
2 lembar Tutup Bak Tanam bahan Impraboard warna Biru, Merah, hijau @ 9 lubang netpot
18 Pcs Netpot putih
18 Pcs Sumbu dari kain Flanel warna Hijau
1 Pcs Pupuk Nutrisi AB Mix IJO kemasan 250 gr (untuk 100 ltr nutrisi siap pakai)
1 Pcs Media Tanam Rockwool
1 Pcs Nampan semai warna Hijau
1 Pcs Gelas ukur plastik 1 ltr
4 Bungkus Repacking benih (Kangkung, Bayam Merah, Pakcoy & Selada)
1 Pcs Panduan Penggunaan Starter Kit Hidroponik (Sistem Wick/Sumbu)

Bisa di dapat di Bukalapak, alamat linknya : https://www.bukalapak.com/hydroponictejafarm

Terimakasih.

Salam
Hydroponic

Pak bisa gabung di grup fb hydroponik bapa kah? Nama akun fb saya weny riska nandani

@Maulana - ngga perlu kencang kok, karena tujuannya untuk menghindari cahaya saja :)

@Dinda Riska - langsung join saja ke sini ya karena saya tidak bisa add member berdasarkan nama saja. Ini linknya : https://www.facebook.com/groups/1446926952304234/

Uraiannya sederhana dan mudah dimengerti. Terimakasih pak Iwok, telah berbagi ilmu.

Mantappp,, hudang urang tasik,, urang hejokeun tasik tehh,

Mantap. Ini gimana ya punya saya ko kutilang terus udah 2kali nyoba... Heuheuheu

@I made - Sama-sama, terima kasih juga sudah mampir :)

@Herman - Hayu ah geura der :D

@Sidik - penyebab utama terjadinya kutilang adalah telatnya memperkenalkan benih pada sinar matahari. Coba semai ulang, lalu di hari ke 2 sudah langsung kenalkan sinar matahari pagi (jemur). Rata-rata kesalahan pemula memang begitu sih, termasuk saya dulu. hehehe. Hayu semangat lagi kang sidik :D

Pupuk ab mik jika dicamur ke kolam ikan kira2 ikanya terganggu tdk.... mf msh awam

Pupuk ab mik jika dicamur ke kolam ikan kira2 ikanya terganggu tdk.... mf msh awam

Terimakasih kang iwok sudah sharing ilmu yg bermanfaat terutama buat saya kang

Kalo tanpa pupuk ya tidak bisa hidup...tanaman kan mengubah zat anorganik menjadi organik pasti aman

Om Iwok, untuk DFT
Itu rockwool lgsung terendam terus2an di nutrisi apa disambung pakai sumbu lagi??

Lg mw desain sih, smoga sukses jg
��

@Alim - kenapa ABMix-nya dicampur ke kolam ikan pak? kalau mau sistem aquaponik, sepetinya ada cara tersendiri lagi. Tapi saya tidak faham, silakan googling saja ya. Maaf :)

@anggih Wibowo - sama-sama kang, selamat berkebun :D

@ikurniawan - kalau saya pake sumbu lagi kang, jadi tidak rockwool tidak terendam. Kalau yang terendam sistemnya NFT kali ya? :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More