Selasa, Juni 21, 2011

Blogilicious van Bandung – Semangat Baru!

BlogiliciousVan Bandung adalah kota ke 6 yang dikunjungi tim idblognetwork.com dalam gelaran roadblog 2011. Sebelum ini, Blogilicious Roadblog 2011 sudah terlebih dahulu mengunjungi kota Surabaya, Makasar, Medan, Palembang, dan Jogjakarta. Setelah Bandung, Roadblog 2011 akan berakhir di Jakarta pada 25-26 Juni 2011.

Dengan mengusung tagline ‘Blogging has never been tasted this good!’, Blogilicious seolah membuka angin segar dan warna baru dalam dunia blogging. Tidak tanggung-tanggung, tagline tambahan pun menyemarakan spanduk-spanduk di arena pelaksanaan blogilicious ini; ‘Ajang gaul ter-funky buat para blogger!’. Wohoho ... sebuah slogan yang sangat menyedot perhatian para blogger (dan pengunjung umum) yang datang. Benarkah blogilicious akan semenarik itu? Apa sih yang akan ditawarkan idblognetwork.com sehingga mereka begitu concern terhadap para blogger?

Sejak awal didengungkan, sampai newsfeed Facebook dan timeline twitter saya kemudian dilengkapi oleh berita-berita tentang blogilicious, roadblog ke 7 kota besar di Indonesia ini semakin menarik perhatian saya. Pastinya akan dibutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit untuk mempersiapkan rangkaian acara ini. Apa sih yang benar-benar diusung oleh idblognetwork sehingga mereka ‘rela’ mengeluarkan biaya besar untuk terbang dari satu kota ke kota lain? Kelebihan apalagi yang akan diterima saya sebagai blogger apabila saya konsisten ngeblog sekarang ini? Karena itu, saya pun bermaksud mencegat gelaran roadblog ini di kota terdekat. Blogilicious Van Bandung tentu saja menjadi target. Lokasi saya di Tasikmalaya hanya memungkin saya mencegat roadblog itu di sana.

Minggu pagi buta, 19 Juni 2011, saya meluncur ke Bandung. Empat jam perjalanan bukan menjadi  hal yang sia-sia ketika saya tahu apa yang akan saya peroleh di sana.


Salut! Kata itu langsung tercetus ketika saya melihat deretan formasi inti idblognetwork.com yang hadir di lokasi. Untuk menunjukkan keseriusannya, mereka benar-benar hadir di setiap kota gelaran roadblog. Saya mengenal (dari popularitas mereka sebagai blogger papan atas tanah air) adanya sosok Kukuh TW, Mubarika Darmayanti, Amril T. Gobel, dan Mba Ajeng. Ini jelas penghargaan lebih buat para peserta roadblog, karena bisa mengenal mereka lebih dekat, dan mendapatkan informasi langsung dari sumbernya. Selain itu, nara sumber lain yang dihadirkan pun tidak kalah hebatnya. Nama-nama seperti Kuncoro Wastuwibowo, Ikhlasus Amal, Wiwik, Aris Heru Utomo, Agus Hery dan lainnya adalah blogger-blogger yang sudah malang-melintang dengan keahlian masing-masing di ranah blog tanah air. Kita lihat, apa yang bisa saya serap dari penyampaian mereka.

Tips Blogging
Acara dibuka dengan sesi Tips Blogging oleh Ikhlasus Amal. Sayang, perjalanan jauh membuat saya datang sedikit terlambat. Sesi ini sudah berlangsung lama ketika saya tergopoh-gopoh masuk venue. Nyawa ini pun masih belum ngumpul ketika menyimak pembahasan Mas Amal di menit-menit terakhir. Yang saya tangkap, konsistensi seorang blogger sangat dibutuhkan dengan orisinal tulisan yang harus dipertahankan. Menjaring visitor dengan postingan orisinal dan bermanfaat bahkan lebih efektif daripada dengan teknik SEO. –ah, seharusnya saya bisa berangkat dari rumah lebih pagi.

Etika Blogging
Mba Ajeng, yang di dunia maya lebih dikenal dengan nama Ajengkol, melanjutkan sesi berikutnya dengan topik Etika Blogging. Yang ditekankan pertama kali oleh mba Ajeng adalah, blog tidak menjadi suatu yang private lagi pada saat kita menekan tombol publish terhadap suatu artikel yang ditulis. Pada saat itu, postingan kita sudah menjadi milik umum dan konsumsi publik. Bisakah kita mempertanggungjawabkannya? Menulis postingan secara bijak adalah salah salah satu etika blogging. Hal itu termasuk mencantumkan narasumber tulisan, link tulisan yang kita kutip, dan image yang kita pergunakan. Bagaimanapun, kita harus bisa menghargai karya seseorang. Copy Paste adalah sesuatu yang sangat dilarang dalam blogging. Janganlah menjadi bangga atas hasil karya orang lain.

Mba Ajeng juga menekankan adanya 3 hal yang harus dilakukan dalam blogging; Meng-update blog secara berkala, Mengunjungi blog lain (blog-walking), dan Memberikan komentar pada postingan di blog lain. Update blog menunjukkan bahwa kita memang serius dalam mengelola blog dan peduli terhadap blog yang kita bangun. Blogwalking menunjukkan bahwa kita tidak sendiri, karena di sekitar kita terdapat blog-blog lainnya. Mengunjungi blog milik blogger lain dan bahkan memberikan komentar terhadap postingannya adalah salah satu bentuk penghargaan bagi mereka. Hal itu pun bisa kita rasakan sendiri ketika postingan kita mendapatkan banyak komentar dari blogger lain, bukan?

Berniaga.com
Sebagai bagian dan pendukung dari perhelatan blogilicious roadblog 2011 ini, sesi berikutnya diisi oleh perwakilan dari berniaga.com. Sebagai ‘wajah baru’ dalam persaingan media jual-beli online, penjelasan panjang lebar mengenai website ini cukup menarik perhatian peserta. Bagaimanapun, berniaga.com menjadi wadah baru bagi netters yang selama ini sering menggunakan media online untuk transaksi jual-beli. Adanya kontes ‘Connect and WIN’ berhadiah 40 Ipad dari berniaga.com langsung membuat booth berniaga.com dipenuhi peserta pada saat break acara. Tentu saja agar mendapatkan peluang mendapatkan Ipad gratis. Siapa tahu beruntung, bukan?

Social Media
Microblogging menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia blog saat ini. Tidak bisa dipungkiri, social media seperti twitter, facebook, foursquare, dan jenis socmed lainnya sudah ikut meramaikan dunia blog saat ini. Hanya saja, bagaimana akun socmed yang kita miliki bisa dipergunakan dengan maksimal, bahkan bisa menghasilkan uang! Itulah yang menjadi pokok bahasan dari mba Wiwik yang dalam sesi ini lebih menyorot ke socmed Twitter.

Perempuan cantik yang memiliki akun twitter @wiwikwae ini menyampaikan bahwa, memiliki banyak follower bisa menjadi sasaran para advertiser untuk dimanfaatkan dalam menyebarkan produk mereka. Buzzer adalah istilah bagi mereka yang dibayar untuk ngetwit sesuai permintaan klien. Dengan jumlah follower minimal 500 orang, seseorang bisa mendapatkan kesempatan meraup penghasilan dari kegiatannya bersocialmedia. Bahkan idblognetwork pun memberikan kesempatan seperti ini. Siapa yang tidak ngiler? Ayo, tambah jumlah follower anda.

Ada yang satu hal yang membuat saya tertarik dengan penjelasan Mba Wiwik. Ternyata selama ini aktivitas di media social ini bisa dipantau! Tentunya untuk disesuaikan dengan kepentingan masing-masing. Tweetdeck, hootsuite.com, atau monitter.com adalah alat yang bisa digunakan sebagai media pemantau. Meski saya pernah mendengar selintas mengenai widget-widget ini, tapi saya baru paham mengenai fungsi dan penggunaannya dalam acara ini. Benar-benar membuka wawasan baru.

Blogpreneur
Blog tidak hanya sebuah media curhat, atau diari, atau tulisan serabutan asal tulis. Blog juga dapat dimaksimalkan menjadi sebuah media usaha. Hal ini dibuktikan oleh Rawi Wahyudiono. Melalui blognya di www.prakom.com, Pak Rawi mengelola usahanya dalam melayani penjualan, perbaikan dan service maintenance segala macam Printer dan Alat Perbankan. Terbukti usahanya terus berjalan dan berkembang. Hal ini semakin ditunjang dengan aktifnya Pak Rawi di berbagai komunitas blogger. Terbukti aktif dalam dunia blogging bisa meningkatkan teman dan juga relasi.

Mobile Blogging
Setelah jeda istirahat dan makan siang, sesi selanjutnya langsung menghadirkan Kuncoro Wastuwibowo, seorang praktisi TELKOM, untuk membawakan tema Mobile Blogging. Tema ini langsung menarik minat saya mengingat saya belum pernah mencoba mobile blogging sebelumnya. Selama ini saya tidak pernah membayangkan bisa membuat sebuah postingan menarik dengan jumlah kalimat yang terbatas. Tetapi, menurut Kuncoro yang memiliki blog unik www.kun.co.ro ini, justru itulah menariknya sebuah mobile blogging. Dengan keterbatasan daya tahan mengetik via handphone, sebuah postingan diharapkan langsung tepat sasaran dan tidak bertele-tele.

Mobile Blogging adalah blog yang mobile. Artinya, ngeblog dalam kondisi bergerak dan di tempat-tempat yang tidak pernah dikhususkan sebelumnya. Pada saat ada kejadian istimewa yang perlu ditulis dan dilaporkan, pada saat itulah postingan dibuat dan langsung dipublish. Karena itulah kenapa isi postingannya rata-rata singkat, up to date, dan langsung menuju sasaran.
Untuk melayani kebutuhan mobile blogging ini, Kuncoro menyodorkan beberapa penyedia layanan blog yang cocok untuk mobile, di antaranya; Wordpress Mobile, Tumblr, dan Posterous.

Komunitas Blogger Asean
Sebuah video animasi pendek mengawali sesi ini dengan sangat menarik, menggambarkan tentang indahnya persahabatan di antara negara-negara di Asia Tenggara. Setelah itu, Pak Aris Heru Utomo pun memaparkan tentang telah dideklarasikannya komunitas blogger Asean-Indonesia pada tanggal 10 Mei 2011. Isi deklarasinya bisa dibaca di sini.  Bagaimana pun ini adalah kiprah yang sangat positif untuk terbangunnya suasana yang lebih harmonis di wilayah Asean.  Ayo dukung sepenuhnya!


SEO
Search Engine Optimization. Ini mungkin salah satu sesi yang ditunggu-tunggu banyak orang. Bagaimanapun, SEO menjadi sesuatu yang banyak dipelajari belakangan ini, khususnya untuk para blogger pemula, termasuk saya.  Untuk apa? Itulah yang saya tunggu bahasannya. Karena tidak sempat mencatat, saya kutip saja pengertian SEO ini dari Wikipedia, yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tidak salah kalau Idblogilicous menghadirkan Agus Hery sebagai pembicara. Blogger yang satu ini terlihat begitu piawai dan menguasai seluk beluk tentang SEO ini. Sayangnya, waktu yang disediakan panitia terasa begitu singkat. Berbagai tips dan trik Kang Agus dalam meningkatkan rank atau traffic blog disampaikan terlalu cepat dan terlalu teknis. Buat blogger yang sudah menguasai SEO mungkin masih bisa mengikuti penjelasannya. Hanya saja, saya perhatikan masih banyak peserta (termasuk saya) yang terlihat melongo mendengar berbagai istilah baru berkaitan dengan materi ini. Sepertinya butuh waktu yang tidak sedikit untuk pemaparan SEO ini, mengingat materi ini sangat menarik dan dibutuhkan banyak blogger baru.

Bagaimanapun, sesi ini tidak membiarkan otak saya kosong. Setidaknya saya mulai mengenal tentang SEO dan mudah-mudahan bisa belajar banyak dari postingan rekan-rekan blogger yang sudah berkompeten di bidang ini. atau, idblognetwork mau mengadakan seminar khusus tentang SEO ini?

Blog Monetizing
Tidak salah kalau sesi ini dijadikan materi puncak. Kehadiran Mba Rika dan Kukuh TW selaku founder idblognetwork di atas stage benar-benar membetot perhatian peserta. Saya rasa, pembahasan materi ini pula yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta yang datang ke tempat ini. Tema menghasilkan uang dari ngeblog memang cukup kuat untuk mengusir kantuk, yang secara berseloroh Mba Rika mengatakan bahwa saat itu waktunya cukup ‘horor’ untuk mendengarkan sebuah materi seminar. Tetapi, tak ada satu orang peserta pun yang terlihat lesu lagi. Pandangan mereka sigap, memperhatikan setiap penjelasan penting.

Yang ditekankan pertama kali oleh Mba Rika adalah, ngeblog itu bukan karena uang, tapi uang dihasilkan karena ngeblog. Ini jelas informasi sangat significant untuk meluruskan pandangan blogger sebelumnya. Banyak mereka yang tergiur ngeblog hanya karena mempunyai peluang meraup rupiah. Yang sebenarnya adalah, budayakan dan jiwailah blog itu terlebih dahulu dengan menjadi seorang blogger aktif. Setelah itu, maksimalkan blog yang kita miliki sehingga menjadi blog yang menarik sehingga bisa memancing datangnya banyaknya visitor  dan memiliki rank serta traffic yang tinggi. Pada saat itulah iklan/advrtiser pun akan datang dengan sendirinya. Karena itu, apabila dari awal blogger sudah mengejar penghasilan (dan melupakan etika blogging yang sebenarnya), dikhawatirkan mereka akan menghalalkan berbagai cara agar blog mereka memiliki page rank yang tinggi.

Dari penjelasan detil Mba Rika, dapat dikatakan Idblognetwork (IBN) adalah angin segar bagi seluruh blogger. IBN hadir sebagai fasilitator bagi advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia. Tentu saja menjadi fasilitator bagi blogger juga untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan penghasilan. Tata cara dan ketentuan tentu saja diberlakukan, karena IBN dan Brand hanya akan memilih blog-blog yang qualified dan memenuhi syarat tertentu. Di sinilah blogger dituntut untuk lebih memaksimalkan sajian blog masing-masing agar dapat terpilih.

Ada beberapa penawaran menarik yang ditawarkan oleh Advertiser/Brand melalui IBN, yaitu PPC (Pay Per Click), Pay Per Post (PPP), dan PPA (Pay Per Action). Untuk lebih jelasnya, bisa baca informasi selengkapnya di website www.idblognetwork.com.

Sesi ini jelas menjadi materi paling menarik sepanjang hari itu. Bahkan, Amril T. Gobel selaku moderator acara dari pagi harus membuka dua sesi tanya jawab untuk mengantisipasi keingintahuan banyak peserta yang bertanya mengenai IBN ini.

Yang semakin menarik, di ujung acara ini, diadakan kontes untuk menjaring 4 peserta yang akan mendapatkan hadiah job review dari IBN dengan nilai masing-masing satu juta rupiah. Mba Rika dan Mas Kukuh bergantian memberikan pertanyaan unik seputar IBN yang harus dijawab oleh setiap peserta. Sayang saya tidak mendapatkan job ini meski sudah menjadi salah satu kandidat sebelumnya. Bukan rejeki saya ternyata. Hehehe ... biarlah, mungkin IBN akan memberikan job lainnya buat saya di kemudian hari. Amiiin *ngarepbanget*

Blogilicious van Bandung adalah suntikan semangat baru

Ini bukan omong kosong belaka. Bagi saya dan [mungkin juga] bagi blogger lainnya, Bloglicious van Bandung ini adalah cakrawala baru untuk menjadi seorang blogger yang seutuhnya; blogger yang santun, blogger yang beretika, dan blogger yang bersemangat. Saya seolah diingatkan kembali bahwa menjadi seorang blogger yang potensial [menarik advertiser] itu sangat terbuka lebar. Tinggal bagaimana kita mengoptimalkan kemampuan kita dalam dunia blogging. Semua hasil selalu berdasarkan usaha dan kerja keras, bukan? Apa yang kita inginkan, itulah yang harus kita upayakan. Tak ada hasil yang datang karena sebuah kerja asal-asalan.

Secara keseluruhan, Blogilicious Van Bandung sudah sangat menginspirasi dan bermanfaat. Gegap gempitanya sudah sangat terasa. Keseriusan penyelenggaraan dengan materi dan pembicara sudah harus di ‘like’ dengan dua jempol. Dengan biaya yang sangat ringan, Rp. 25.000, - (bahkan member IBN gratis! Yaay!) sudah diberikan makan siang, coffee break, goodiebag (berisi tshirt, map, stiker, bolpoin, dll), sangatlah jauh dibandingkan dengan bobot materi yang sudah disampaikan.

Hanya saja, kalau harus menyorot kelemahan dari sisi penyelenggaraan, mungkin list dibawah ini dapat dipertimbangkan untuk penyelenggaraan even-even selanjutnya;
  •  Ruangan yang digunakan kurang representative untuk menampung animo peserta yang cukup banyak. Adanya kegiatan lain yang dilaksanakan bersamaan di ruangan sebelah juga cukup mengganggu konsentrasi para peserta, karena sound yang terdengar cukup kuat.
  • Dengan padatnya materi workshop, waktu sehari dirasakan sangat kurang. Apalagi, setiap pembicara hanya diberikan waktu setengah jam saja untuk menyampaikan materi. Waktu yang singkat tersebut mengakibatkan penyampaian materi terkesan diburu-buru, bahkan banyak materi penting yang luput saya catat karena pergerakan slide yang cepat. Dibandingkan lokasi roadblog yang lain, sempat saya pertanyakan kenapa Blogilicious Van Bandung hanya mendapatkan jatah waktu satu hari? 
  • Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap penyelenggara acara yang sudah memberikan makan siang (hehehe), sistem makan prasamanan terasa kurang efektif. Antrian yang panjang, dan waktu break yang singkat mengakibatkan waktu menjadi mulur, karena saat acara seharusnya dimulai, banyak peserta yang masih makan (karena baru kegiliran antrian). Alangkah lebih baiknya kalau makan siang berupa lunch box saja, sehingga peserta bisa makan pada saat bersamaan, dan tidak perlu adanya banyak piring yang bergeletakan di bawah kursi (berasa lagi di kondangan. Hehehe).
Terima kasih banyak buat IBN yang sudah menyelenggarakan even keren seperti ini, terima kasih buat panitia penyelenggara yang tentunya sudah jumpalitan mempersiapkan acara,  dan pastinya buat seluruh sponsorhip yang ikut mendukung kegiatan ini. Saya tunggu even-even menarik selanjutnya.

Salam blogging!
*busyet, panjang bener ya postingan saya*

65 komentar:

Thanks ya Kang Iwok atas kehadirannya. Laporan yang lengkap, keren dan komprehensif. Saran-sarannya sangat bagus dan menjadi masukan berharga buat pelaksanaannya dimasa akan datang

wuih mantap postingnya... saya jadi bisa tau keseruan di bandung walaupun gak ikut kesana...kunjunga pertama nih, salam kenal ya mas :)

@Bang Amril - sama-sama. nggak rugi jauh-jauh saya datang ke Bandung, karena acaranya berisi sekali. Mudah2an saya bisa ikut kegiatan IBN selanjutnya :)

@Sibair - salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca :)

matur nuhun ya kang Iwok untuk reportase yang keren. kemarin gak sempat ya kita berbincang2?

Terima kasih banyak Pak Aris sudah berkunjung. Iya nih, masih malu nyamperin Pak Aris. hehehe ... Insya Allah pada kesempatan lain saya sapa Pak Aris lagi :)

Wowww lengkap banget, Kang :D . Iya ya, baca postingan ini terasa waktu untuk menyampaikan materinya kurang banget. Di Jakarta nanti diadakan dua hari, kayaknya lebih leluasa. Moga-moga aku gak ada halangan untuk ikutan ;)

Kereeeen, nggak hanya jago nulis cerita, Iwok juga jago ngeblog.
Semangat ngeblog, mari kita blogwalking :)

@nunik - naaah ... di Jakarta pasti lebih leluasa waktunya Nik, jadi materinya mudah2an bisa lebih banyak juga. Mantep tuh buat nambah ilmu. Ayo Nik, kapan lagi ada kesempatan bagus seperti ini :D

@mba Indah - hahaha iya, lagi keranjingan ngeblog lagi nih, sampe dedlen tulisan dicuekin. huwaaaa ....

Halo, K' Iwok!
Jadi inget nih kalau saya belum jadi anggota ID Blog Network. Daftar dulu aah..

Menjaring visitor dengan postingan orisinal dan bermanfaat bahkan lebih efektif daripada dengan teknik SEO.-jempol:)

Postingannya menarik sekali, Kang. Sangat berguna, hatur nuhun:)

@Vicky - hallo Vicky, ayo daftar juga :)

@Rini - hatur nuhun juga Rin sudah mampir dan membaca. :)

keren bangget kang,,,salut deh,,

Terima kasih Riqo, kebetulan lagi semangat nulisnya nih. hehehe

wah ada fotoku....xixixixixiix

ternyata pembicara di kota2 lain berbeda ya. pasti acaranya mantap nih.

@Indra - walaah ... dirimu yang mana Ndra? yg ada di booth berniaga ya? hehe .. terima kasih atas kunjungannya :D

@Andre - tampaknya seperti itu. selain formasi inti IBN, pembicara lainnya disesuaikan dengan lokasi setempat. terima kasih sudah berkunjung Ndre :)

Alu sudah diajak mbak Ajeng untuk ikut meramaikan acara ini, alhamdulillah, acaranya sudah ramai tanpa kehadiranku.

Salut buat teman-teman IBN dan para blogger bandung.

Salam sehati

Wah, terima kasih banyak mas Waskita sudah berkunjung. Padahal kalau datang ke bandung saya bisa mengenal sosok blogger hebat satu lagi nih. Mungkin lain kali bisa bersua ya Mas.

Salam sehati juga :)

Liputannya keren mas... Jadi pingin ikut lagi...

terima kasih Trah Yogya. iya nih, saya juga pengen ikutan lagi kalo even serupa. nambah banyak ilmu ttg perblogan.

salam blogger! :)

Wow, lewat postingan Mas Iwok; saya serasa duduk manis di bangku paling depan menghadiri acara blogilicius ini di Bandung. Keren.

Mas Iwok kenal Mba Adenita Zakaria ya? Saya kenal dirimu dari Mba Ade, ocre mas. Tetap semangat blogging ya. Salam hangat buat keluarga di rumah.

Terima kasih Mas Bobby sudah membaca postingan ini.
Iya, saya kenal mba Ade gara-gara blog juga, lanjut ngobrol via YM. sayangnya malah belum pernah ketemu muka.

Salam blogging juga mas :)

Baca postingan di atas bikin aku kangen sama dunia blogger yang dulu sempet aku nikmati tentunya bareng mas iwok juga XDD

serasa sudah lama banget

soal konsistensi itu memang di butuhkkan, dan betapa sulitnya konsistensi itu. Apalagi menjaga konsistensi isi postingan. Beberapa kali memang rasanya seperti mencari jati diri dalam postingan-postingan yang kita buat. Setelah itu merasa galau dan akhirnya mencari gaya lain dalam postingan. Jadi merasa menjadi orang yang tidak konsisten heheheh

Tapi setelah beberapa kali mencoba untuk kembali mendalami betapa seru dan asyiknya berbloging, akhirnya jadi diri dalam berbloging pasti ketemu juga. Ya itu sih yang terjadi sama aku beberapa tahun terakhir ini :D

Happy blogging mas Iwok!

Halo Dian, lama banget nggak ketemu ya? jadi inget masa2 ngeblog di tahun 2006-2007 lalu, saat kita masih semangat full buat ngeblog ya? hehehe

betul, blogging memang asyik, dan ga perlu jadi orang lain. Nulis dengan gaya kita sendiri justru lebih lepas dan tanpa beban. Namun dari sanalah justru postingan kita akan lebih bisa dinikmati, karena kita menulis dengan gaya kita sendiri yang pastinya akan lebih luwes drpd niru2 gaya tulisan orang lain.

Happy blogging juga Dian :)

wah, lengkap banget artikelnya kang iwok..nice post ;)

@Vicky - terima kasih sudah berkunjung. mana nih tulisan ttg Blogiliciousnya, kok belum dipajang? hehehe

wahh lengkap banget mas.. salam kenal

terima kasih Uyun sudah mampir.
salam kenal juga :)

Selamat Ya,
Telah mnjdi Pemenang, :)

Selamat Bang Iwok, Dapat Android nihhh

@ilmuini dan blogremaja : Tengkyu sudah mampir. alhamdulillah nih, nggak nyangka bisa dapet andro. gara-gara IBN :D

Selamaat ya Om dah jadi Juara Blogilicious Bandung.

Oh iya, dari sekian materi di Blogilicious yang aku paling tertarik yaitu di sesi Mobile bloging, Tapi kayaknya kalo mobile bloging ini tidak bisa maksimal kalau tidak didukung oleh Gadget Yg canggih semisal BB / Symbian.
Kalo di Hp java yg aku punya, sama sekali gak ada aplikasi pendukung buat ngeblog, apalagi buat Blogspot,
Waktu di SBY seh ada tips yaitu menggunakan EMAIL POSTING, namun menurutku melalu email justru lebih sulit.

Kalo dibandung Tips ngeblognya ada gak untuk Blogspot biar lebih enak ngeblognya ...??

kalo pake operaminim apabila postingan lebih dari 200 karakter, editornya udah mulai ngeHANK / Melambat kinerjanya dan kadang teks yg dimaksukan erorr / blank :)

@Mas Gaptek - terima kasih banyak sudah mampir.
Waah .. saya malah belum nyoba mobile blogging nih. Pengen nyoba juga. Waktu di Bandung, acaranya singkat-singkat, jadi cuma sekilas2 saja materinya. Maklum acaranya kan cuma sehari, jadi setiap materi waktunya ngga lama. padahal lumayan tertarik juga tuh dengan mobil bloggingnya :)

terbayar sudah jarak jauh yang sudah ditempuh, pantas sekali mas iwok memperoleh gelar juara, sukses ya...
—Salam dari Bandung

Selamat atas kemenangan artikelnya mas (baca: galaxy mini)... :D

@Kang Ade Truna - alhamdulillah .. hatur nuhun Kang Ade. hehehe .. iya, perjalanan berjam-jam akhirnya berbuah galaxy :)

@arifew - alhamdulillah ... makasih mas Arief :D

jadi kpengen ikut nih mas,, kpan saya bisa ikut blogliciuos ya? hehe

@Aeldi - mudah-mudahan saja IBN ngadain workshop semacam blogilicious lagi secepatnya. Terima kasih sudah mampir :)

Keren bangetartikelnya, semangar ngeblog

@Fitrah - terima kasih sudah mampir dan membaca. ayo semangat ngeblog lagi! :)

mantap,,,salam blogger nusantara

salam blogger nusantara kembali Meri.
Terima kasih sudah mampir :)

Dapatkan Bonus 10% utk Member baru Sportbook,
Dapatkan ID account betting online anda di website kami : http://situsjudi.com/
bisa melalui via sms / ym / form di website kami.
Salam Betting,
Agen Judi Bola Online - SitusJudi.com

weih...jago nulis na euy. lam kenal kang abi ti Tasik berhiber...hehehe

Zey - waaah orang tasik oge? siiip ... salam kenal oge Kang. hayu ah kita ramaikan dunia blog di tasik :D

salam kenal dari Solo Spirit of Java

salam kenal dari jogja

Solo dan Adi Pradana - salam kenal juga dari Tasikmalaya. terima kasih sudah mampir :)

blognya bagus mas..salam kenal ya, makasi ya infonya tentang www.idblognetwork.com saya juga mau daftar neh..hehe..biar bisa dapet duit :) tapi masih ditutup pendaftarannya ya mas?

Iya, kayaknya IBN kewalahan menerima serbuan calon member. hehehe ... ditunggu saja mas, nanti juga pasti dibuka lagi kalau mereka sudah siap.

Terima kasih sudah berkunjung dan salam kenal kembali :)

nice bang akupengen ikut and gabung

Gan, permisi,, saya mau minta alamat emailnya buat daftar IdBlogNetwork. Soalnya tadi pas mau daftar saya diminta ngisi email Refferal. PM ane ke:

arif.firmans@gmail.com

Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

Blogny siep deh...!

4 jempol buat agan.

MantaB !!!. Kita Sambut dan Sukseskan Blogilicious 2012 di Banjarmasin..

baru nemu artikel nya, menarik sekali... kapan diadain lagi di bandung?

seneng kali ya klu bisa berkumpul dng orang yg banyak ilmu gini.. coba klu ada di bali

alhamdu ada juga blogger tetangga kabupaten.. saya dari ciamis kang tp gabung di Blogger JOgja... salam blogger...

wah, saya baru gabung di IBN. Salam kenal..
:D

Senang bisa mampir disini, link rujukan yang Saya ambil dari idblognetwork.com Blogilicious Event peserta pemenang lomba tentunya. Selamat sebelumnya atas hadiah yang diberikan. Banyak juga yang dapat Saya petik dari postingan berkualitas diatas kutipan yang akan Saya pegang untuk kegiatan blogging Saya kedepan "Ngeblog bukan untuk mencari uang, tapi dari ngeblog bisa menghasilkan uang". Terlalu tergesa-gesa Saya pikir kalo itu yang Saya pikirkan "semata-mata karena uang", Saya yakin kalo sudah waktunya Saya bisa. Terima kasih sobat ini merupakan kunjungan perdana Saya disini salam kenal.

Ow maaf all kalau saya baru sempat balas komen-komen di tread ini :

@dofollow - ayo gabung. eh apa sekarang malah sudah? :D

@Flanzka - waduh maaf, komennya baru saya balas sekarang. gimana, sudah ada referal belum?

@Jejak-jejak hati - terima kasih banyak sudah mampir :)

@Boyke - sukses selalu untuk setiap kegiatan blogger ya. :)

@Neng Ira - coba kita tunggu infonya. siapa tahu ada kegiatan lagi di bandung :)

@Pulsa MMR - eh bukannya di Bali juga ada komunitas bloggernya juga ya? Salam buat rekan-rekan di sana ya :)

@Imam - alhamdulillah ... iraha atuh mudik ka Ciamis? :D

@Mahfud - salam kenal juga. terima kasih sudah mampir :)

@Berbagi kreativitas - salam kenal kembali. terima kasih sudah berkunjung. salam blogger! :)

Artikelnya bagus banget om, ada tehnik cara menulisnya ga :))

artikelnya lengkap sekali kang, kapan kotaku bisa dikunjungi idblognetwork.. ngimpi kali saya iya :D soalnya kotaku kecil :)

Wah semoga sampai kota saya disini di tangerang keren


Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

nah harus rajin ikutan yang kaya gini nih :D

@eljohn - hahaha nggak pake tehnik menulis, langsung tuangkan saja yang masih keinget :D

@infomezzo - saya sendiri berangkat ke Bandung karena Tasikmalaya tidak dilewati Idblognetwork. Ayo, cari infonya kalau ada acara seperti ini lagi di kota terdekat :D

@Anonim - Tangerang bukannya pernah juga?

@hipnoterapi - betuuul ... santapan bergizi buat para blogger :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More