Senin, Juni 13, 2011

[Celoteh Anak] Tempat Ibadah

Abith lagi UAS. Duile .. anak SD sekarang ya, baru kelas 1 SD aja udah kayak anak kuliahan. Pake ada istilah Ujian Akhir Semester aja. Yang gue inget, dulu istilahnya TPB (Tes Prestasi Belahar), atau THB (Tes Hasil Belajar). *Itu tahun berapa Om Iwoooook?*

Namanya anak belom ngerti ujian, Abith ngadepin semuanya dengan santai. Pas diingetin besok mau ujian, dengan entengnya dia bilang; "Ah gampang Ayah, tinggal di cakra (silang) aja.

Gue : "Tapi kan harus tahu jawabannya dulu!"
Abith : "Ah gancil, cetek. Kakak kan pinter!"

Deuuuh ... anak siapa sih ini? Jitak juga nih :D

Mengingat gue dulu paling stress kalo ngadepin ujian, kali ini pun gue nggak bisa tenang lihat kesantaian Abith. Mau ujian gitu loh! Meski anak SD kelas 1 pastinya masih dalam bimbingan gurunya selama ujian, harusnya gue nggak separno itu. Pikiran gue berkelebatan, gimana kalo Abith pas ujian malah gugup dan ngaco ngisi jawabannya?gimana kalo gurunya ngebiarin aja anak-anak asuhannya ngisi semaunya? wehehehe .. namanya aja ujian ya? tapi anak kelas 1 esdeeee ...

Makanya, tiap malem gue dampingin Abith belajar sekarang. Lah, biasanya? Bagian Iren. hehehe ...  Tapi musim ujian gini, biar gue yang ngurus deh. Tiap abis magrib gue panggil Abith.

Gue : "Kakak, belajar!"
Abith : "nanti, liat si Mamat dulu."

deuuuh ... ceklek! TV gue matiin.

"Nanti aja nonton Bambi abis belajar.'
Abit merengut, tapi tak urung dia nurut, duduk deket gue.
"Besok ulangan apa?"
"Agama."
"ibuuuuuu ... besok ulangan apa?" teriak gue.
"AGAMA!" jawab Iren dari dapur.
"Dibilangin nggak percaya."
Wehehehe ... biar yakin aja ini sih. Daripada salah belajar coba? Belajarnya Bahasa Indonesia, eh yang diulangankan Bahasa jerman. Kan ngaco tuh.

Ya wes, gue mulai buka-buka buku agama Abith, lalu ngetes satu-satu materi yang pernah diajari gurunya Abith.

"Rukun iman ada berapa?"
"Enam!"
"Siiip ... kalau rukun Islam?"
"Lima!"
Asyeeeek ... pinter nih anak gue.
"Hmmm ... Umat muslim kalau beribadah diii ....."
Abith diam sejenak. Rupanya bingung juga dengan pertanyaannya. Hmm .. butuh kalimat yang disederhanakan nih. Akhirnya, gue bikin keterangan tambahan.

"Kakak kalau ngaji di mana?" tanya gue yang ngerasa yakin kalau Abith pasti tahu jawabannya..
"DI DEKET RUMAH UMMI!" teriak Abith penuh semangat.

Hadooooh .....

4 komentar:

Huahahahaha... Abith lucuuuuu...
Emang anak2 neh kalau pas diajarin malah kadang2 bikin kita gregetan + ngakak sendiri. Adekku waktu tak ajarin tokoh pewayangan, ada Semar-sebagai Romo ( Bapak )-, n anak2nya ; Gareng, Petruk, dan Bagong...
dianya malah balik nanya ;
"Itu Romonya ada, ibunya siapa?"

Tuing tuing mikir dah...

@rahmat - ahahaha ... bener juga tuh. kok nggak diceritain siapa ibunya ya? yg salah siapa coba? hihihi

hahaahhaha
pertanyaan ayahnya mesti di sederhakan tuh, mas
coba tanya seperti ini "kakak nama tempat ngajinya apa" insyaAllah di jawab "masjid" hehehehe
seneneeeeeng banget ngeliat seorang bapak yang mau nemenin anaknya belajar *kasus keponakan, yang ajarinya si mami (tante alias daku)

hehehe iya, harusnya pake kosa kata dan kalimat yang lebih tepat ya? biar anaknya ga pusing jawabnya. hihihi ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More