Kamis, Juni 30, 2011

Kaya Ragam Kain Indonesia

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau Indonesia memiliki ranah budaya yang luar biasa. Luasnya wilayahnya negara, beragamnya suku bangsa, bahasa, serta adat istiadat, sudah membuat tanah air ini begitu kaya. Kekayaan alam dan budaya yang sudah diakui oleh mancanegara inilah yang sudah seharusnya membuat kita bangga.

Salah satu kebanggaan yang harus kita jaga adalah dalam bentuk warisan budaya berbentuk kain. Tidak bisa dipungkiri, beragamnya suku bangsa dan budaya di tanah air sudah mewariskan keragaman bahan sandang bagi kita. Pakaian dan kain yang digunakan penduduk di setiap daerah adalah bentuk nyata dari keragaman sandang itu.

Bagaimanapun, tujuan dari penggunaan kain dan pakaian selain untuk menutupi bagian tubuh tertentu adalah untuk keindahan. Hal ini sudah berlangsung dari dulu meski tanpa pernah disadari. Penampilan seseorang akan ditunjang oleh pakaian yang dikenakannya. Karena itu, di daerah manapun, setiap kain yang diciptakan selalu menonjolkan unsur keindahan dibalik setiap keunikannya. Lihat saja kain songket dari Palembang, keindahan kainnya terlihat dari unsur benang-benang emasnya yang gemerlapan. Tidak hanya indah, songket pun terlihat mewah. Selain itu, Palembang pun memiliki kain pelangi yang menonjolkan warna-warna cerah, yang terbuat dari benang sutra cina tipis, yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan kain Tussah.

Selain itu, tentu saja Indonesia masih memiliki keragaman jenis kain lainnya yang berlimpah. Semuanya menonjolkan unsur keindahan yang tak kalah. Sebut saja di antaranya kain batik dan kain ikat atau tenun ikat (pernah saya tulis ulasannya di postingan sebelumnya). Ragam kedua jenis kain ini begitu banyaknya, sehingga tak heran kalau khusus untuk batik, Indonesia sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai pelopor warisan budaya ini.

Dari sebuah artikel yang saya baca di sini  kekayaragaman kain di Indonesia, ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya :
  • Faktor letak dari daerah yang bersangkutan
  • Kepercayaan dari masyarakat, serta adat istiadat yang dianut daerah tersebut
  • Kondisi alam sekitar, seperti binatang dan tanamannya, yang kerap menginspirasi sebuah hiasan
  • Adanya pengaruh dari daerah di sekitarnya
  •  Karakter dan pola kehidupan dari masyarakat tersebut
Dari faktor-faktor tersebut, tak heran kalau kain Indonesia begitu beragam. Bayangkan saja betapa luasnya tanah air kita, dari Sabang sampai Merauke, melingkupi berbagai suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat. Ketika setiap daerah memiliki ciri khas kain tersendiri, sudah berapa banyak jenis kain yang dimiliki Indonesia?

Kalau kita memang tertarik dengan keragaman kain yang ada di Indonesia, kita tidak perlu mencari informasinya di banyak tempat. Kali ini ada www.kainindonesia.com yang menyajikan berbagai postingan menarik tentang kain. Misalnya saja tentang Tips Memilih Kemeja Batik untuk Pria, Timor Leste Belajar Batik, Mengapa Ragam Hias Batik Berlimpah, dan informasi lainnya. Kita pun bahkan bisa bergabung bersama milisnya untuk mendapatkan diskon menarik untuk setiap penawaran produk kain yang ada. Mendapatkan harga menarik untuk sebuah kain berkualitas, bukankah suatu hal yang menyenangkan?

image diambil dari www.kainindonesia.com 

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More