Jumat, September 23, 2011

[Review] Flipped

Judul : Flipped
Penulis : Wendelin Van Draanen
Penerbit : Orange Books/Lingkar Pena Publishing House (LPPH)
Penerjemah : Sylvia L. Namira
Terbit : Agustus 2011

Cinta itu tak pernah diduga kapan datangnya. Dia bisa datang kapan saja, dan ... jleb! langsung mengena di ulu hati. Juliana Baker pun pasti tidak akan mengira kalau rasa suka itu akan datang begitu cepat. Tiba-tiba saja di usianya yang baru 7 tahun, kehadiran Bryce Loski yang jadi tetangga barunya langsung menyihir perhatiannya. Bryce yang berambut pirang, bermata biru, langsung terasa begitu istimewa. Juli mungkin belum mengerti bahwa itu adalah cinta pertamanya, yang dia tahu dia sudah jungkir balik di depan Bryce.

Bagi Bryce, Juli adalah sosok cewek yang menyebalkan. Dari pertama bertemu, cewek itu selalu muter di depannya, pasang aksi dan selalu berusaha menarik perhatiannya. Juli selalu ingin terlihat akrab di sekolah, padahal Bryce risih dikuntit terus kemana-mana. Buat Bryce, Juli adalah sosok yang harus dihindari, sekarang atau kapanpun.

Keadaan itu tidak berubah selama bertahun-tahun. Juli Baker tetap berharap Bryce adalah cowok yang tepat untuk first kiss-nya. karena itu dia masih saja flipped di depan cowok itu. Begitupun dengan Bryce, Juli hanyalah sosok seorang tetangga saja, tidak lebih, dan bukan teman yang pantas untuk berakrab-ria.

Sampai akhirnya, bertahun-tahun kemudian, Juli harus mengakui kalau Bryce bukanlah orang yang tepat untuknya. Juli harus kecewa memergoki Bryce selalu membuang telur ayam pemberiannya, padahal dia memberikannya dengan tulus. Juli marah saat menguping Bryce menceritakan kepada Garreth tentang paman Juli  yang terbelakang mental, dan tertawa saat membicarakannya. Juli kecewa dan sadar Bryce tak pernah memiliki rasa terhadapnya. Harapan yang sudah dipupuknya bertahun-tahun berganti kemarahan.

Salah kalau kita pikir kisah cinta pertama akan selalu termehek-mehek alur ceritanya. Jangan pernah pula berpikir kalau Flipped hanya kisah cinta anak ingusan yang belum saatnya. Flipped menyimpan banyak pesan dalam setiap keluguan Juli Baker dan kebingungan Bryce dengan perasaannya. Lihat pula sosok-sosok di belakang mereka berdua; keluarga Losky yang mapan dan keluarga Baker yang hidup pas-pasan. Bahkan setiap sosok yang dihadirkan memiliki karakter-karakter kuat bagi kisah Juli dan Bryce ini.


Flipped adalah kisah tentang cinta pertama yang manis, segar, sekaligus mengharubiru. Kalau anda pernah jatuh cinta, mungkin Flipped bisa mengingatkan anda pada bagaimana kuatnya rasa itu. You never forget your first love!

Novel ini pernah memenangkan penghargaan : Rebecca Caudill Young Reader's Book Award Nominee (2004), South Carolina Book Award for Junior Book Award (2004), Sunshine State Young Readers Grade 6-8 Nominee (2004), Nevada Young Readers Award, VIrginia Young Readers Program Award VIrginia Young Readers Program Award, South Carolina Children's Book Award, California Young Readers Medal .

2 komentar:

Kak, saya sedang cari novelnya, tau dimana bisa didapat.??

halo Tarmizi, coba googling di toko2 buku online, siapa tahu masih ada. atau coba cek di www.mizan.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More