Minggu, November 27, 2011

Kumpul Blogger Tasik

Sudah lama sebenarnya saya ingin sekali ada Komunitas Blogger di Tasik. Ngiri rasanya melihat adanya komunitas-komunitas blogger yang bermunculan di setiap kota di penjuru nusantara. Dari ujung barat sampai ujung timur, komunitas blogger muncul satu per satu dengan eksistensinya masing-masing. Lalu kenapa di Tasikmalaya tidak ada? Saya tahu blogger di Tasik itu banyak sekali. Saya tahu itu karena beberapanya saya kenal justru dalam kegiatan-kegiatan blogger di luar kota.


Selama ini saya hanya gabung dalam komunitas Blogger Family - www.blogfam.com, sebuah komunitas blog yang luas dan tidak melihat unsur kedaerahan. Blog dari manapun (bahkan blogger Indonesia yang tinggal di luar negeri) boleh bergabung. Saya bergabung di sana mulai tahun 2005 sampai sekarang, dari seorang member biasa sampai akhirnya dipercaya untuk menjadi salah seorang moderator di sana. Sebuah kepercayaan besar bagi saya saat ditunjuk menjadi moderator, karena saya merasa ini bukan hanya tentang saya pribadi, tetapi juga kepercayaan untuk seorang blogger asal Tasikmalaya. Seorang blogger asal Tasikmalaya dipercaya untuk menjadi moderator sebuah komunitas besar seperti blogfam, yang jumlah membernya sudah lebih dari 3.500 orang blogger, tentu sebuah kehormatan besar. Meski nama blogfam kemudian tidak lagi sebesar dulu, tapi saya bangga bisa menjadi bagian atas nama besar yang pernah disandangnya.

Untuk kepentingan komunitas, seringkali saya melakukan perjalanan jauh; Bandung atau Jakarta, untuk sebuah Kopdar (Kopi Darat). Rasanya senang sekali bisa bertemu banyak blogger dengan segala macam cerita yang tertuang dalam setiap pertemuan. Jarak Tasik-Bandung-Jakarta, dan rasa letih karena sebuah perjalanan panjang menjadi sirna tatkala sebuah persahabatan dan kekerabatan kemudian terjalin erat. Jalinan itu tak hanya ada di dunia maya, tapi juga menular dalam dunia nyata yang sesungguhnya. Betapa sebuah blog dan komunitas sudah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat dan sahabat-sahabat menyenangkan. 


Tatkala komunitas-komunitas regional kemudian bermunculan, dan gemanya menggaung hebat, saya pun hanya bisa menatap iri. Angingmamiri - Makasar, Blogger Bekasi, Wongkito - Palembang, D'Blogger - Depok, Angkringan - Jogja, Batagor - Bandung, Bloggerngalam - Malang, Kayuh Baimbai - Kalimantan Selatan, dan banyak lagi komunitas blogger lainnya, saya berusaha memanjangkan leher dan mencari tahu; adakah komunitas blogger Tasikmalaya?

Karena itu, saat mendapat kesempatan untuk mengikuti Asean Blogger Conference di Bali, saya pun berbincang banyak dengan Kang Duddy (yang juga diundang di acara yang sama) dalam perjalanan bis malam menuju bandara. Kita sepakat untuk 'Yuk, kita belajar banyak dari komunitas-komunitas blogger yang kita temui nanti di Bali. Sepulang dari sana, kita bangun komunitas blogger sendiri'. Karena itu, dibalik keikutsertaan kita dalam konferensi, ada misi lain yang kita cari di sana; menggalang semangat membangun komunitas. Alhamdulillah... hasil berbincang dengan peserta yang merupakan perwakilan komunitas blogger masing-masing, banyak hal yang kemudian dapat menyuntik saya untuk segera mewujudkan mimpi ini.


Sore ini, lima orang blogger Tasik yang memiliki harapan dan mimpi yang sama, akhirnya berkumpul di Beranda Citebaks - Jl. Dr. Sukarjo Tasikmalaya. Ada Kang Duddy, Kang Eka, Nunu, Rina, dan saya. Kita ngobrol banyak dan seru, tentang harapan-harapan yang ingin diwujudkan. Diselingi tawa membahana, kita merumuskan cita-cita. Di sela-sela teh jahe, teh telor, martabak, dan mie baso, kita berdiskusi tentang visi dan misi.

Kami ingin menunjukkan bahwa sebagai blogger, kami memiliki kepedulian tinggi terhadap kota tercinta. Kami ingin menjadi salah satu supporter dalam memberikan informasi yang dibutuhkan orang tentang Tasikmalaya. Kami ingin menulis tentang Tasikmalaya, tentang segala sudut dan keriuhannya, tentang kuliner dan kerajinannya, tentang wisata dan keindahannya, tentang semua-mua yang ada di sini. Melalui cara dan gaya kami sebagai blogger, biarlah kami ikut berbicara dan berbangga atas semua yang ada di sini. Itu inti yang kami bicarakan sore ini. Bukan sebuah harapan muluk kalau seluruh blogger Tasik bisa berkumpul bersama dan mewujudkan semua ini menjadi nyata. Semoga saja.
Menjelang malam pertemuan diakhiri, padahal Beranda Citebaks sudah semakin ramai, dan jalanan di sepanjang Dr. Sukarjo dan Simpang Lima mulai riuh. Ada janji yang terucap bahwa pertemuan ini bukanlah akhir tapi awal dari semua yang kami harapkan. 

Dukung kami! ^^

19 komentar:

sukses yah kang iwok, semoga semua lantjar djadja...

@goiq - amiiin .. thanks Bro, mudah2an kita bisa menyusul keberadaan Wongkito di belantara komunitas blogger tanah air :)

kang iwoook...jadi semangat nulis lebih luas dan gak melulu narsis sendiri...kapan ketemuan lagih? kudu lebih rame yah pesertanya...

@Nunu - hayuuuu .... pertemuan kedua harus bisa ngajak blogger lain lebih banyak, biar lebih heboh dan semakin bikin kita tambah semangat ngeblognya. Jadi kapan ya waktu pasnya? *malah balik nanya. hehehe*

mudah2an ntar tmen2 lain yg blm bs dtg bs ikutan yah....senangnya ktemu orang2 optimis dan positif ... semangatt!!!

ngiri deh :)

Kang Eka - amiiiin. semakin banyak blogger tasik yang peduli, langkah kita akan semakin mudah. Semangat!

Gege - mau gabung Ge? jadi anggota kehormatan. Tapi kalo ada kopdar harus datang. hahaha terbang dulu dari KL ke Tasik :p

Saya dukung kang... Bloger nubi boleh ikutan XD ?

ooh boleh pisan atuh. Siapapun boleh gabung tidak dibatasi usia atau sudah berapa lama ngeblognya. Yang penting kita satukan seluruh blogger tasik dalam satu wadah. Hayu ah kita ramaikan :D

bakalan seru nih kalau ada komunitas bloger TASIK,salam kenal kang

@Kang Herbal (halah) - salam kenal oge kang. tos lebet grup blogger Tasik di facebook kang?

@Fauzi - hayuk kita bikin Tasik semakin bersinar :)

saatnya bolgger tasik menggenggam indonesia. cayoo. ganbatte

Orang tasik yah :)
Hadir ajah bang :) sesama dr tasik !!

ngiring gabung kang

salam kenal gan ah...wilujeng tepang

makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
QUEENXXX92

saya mau donk,, kalo ada apa apa tentang pertemuan sesama blogger hubungi saya di fb https://www.facebook.com/agenpos1 terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More