I'm a Writer Trainer

Wohoho... selama ini saya paling sungkan dan ragu kalau diminta ngajarin nulis. Bukan apa-apa, saya selalu merasa ilmu kepenulisan saya tidaklah cukup. Selama ini saya menulis hanya berbekal belajar otodidak saja, mangkanya nggak pernah tahu tentang teori-teori menulis tuh seperti apa. Kalau sekarang harus ngajarin, apa iya harus hantam kromo juga? Gimana kalau nanti pesertanya nanya-nanya tentang sesuatu yang berbau teoritis? Gimana kalau nanya ini, nanya itu? huwaaa.... bikin saya makin keder aja.

Beberapa kali memang saya menerima tawaran menjadi tutor dalam workshop penulisan, tapi waktu itu hanya sebatas  motivator saja dan bukan pelatihan nulis yang bener-bener belajar menulis. Untuk belajar menulis tentunya butuh waktu yang tidak sekadar workshop 2-4 jam saja. Butuh waktu jauh lebih lama dari itu. Karena itu, kalau sekadar untuk berbagi pengalaman menulis saya selama ini, saya masih bersedia. Itu pun kadang saya pilih-pilih dulu  eventnya.

Tapi ternyata, menjadi trainer di bidang penulisan itu memiliki peluang yang cukup besar saat ini. Banyak sekali calon-calon penulis yang mulai tertarik untuk menekuni dunia penulisan, dan butuh 'bantuan' untuk mengarahkan bakat dan kemampuan mereka. Untuk itulah posisi trainer banyak diburu dan dibutuhkan orang sehingga menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

Berbekal hal tersebut, dan karena ingin memiliki rasa percaya diri yang lebih meningkat, pada tanggal 25 Desember 2011 lalu saya mengikuti workshop 'Writer for Trainer 2011' yang di adakan di Bekasi Cyber Park. Cukup jauh memang, dan sempat ketar-ketir sendiri karena ini adalah pertama kalinya saya ke Bekasi. Tapi apapun selalu membutuhkan perjuangan, kan? Apalagi sekarang untuk sebuah ilmu dan wawasan baru yang dikucurkan oleh Penulis dan Trainer Penulisan yang sudah berpengalaman; Benny Rhamdani.

Bersama 17 orang peserta lainnya, sepanjang hari itu saya meraup banyak sekali ilmu baru sekaligus berlatih keras agar bisa menjadi seorang Trainer Penulisan handal. Target pun mulai disusun dan dicanangkan, 2012  kami harus sudah siap meluncur sebagai seorang trainer. Berbagai program pelatihan sedang digodok oleh alumni-alumni Writer for Trainers ini. Ada yang tertarik ikut program yang akan saya selenggarakan? Tungguin info selanjutnya ^_^

Komentar

Ratih Soe mengatakan…
"...hanya sebatas motivator saja dan bukan pelatihan nulis yang bener-bener belajar menulis..." --> Halaaah, rendah hati sekaliii. Kalo Kang Iwok hanya sebatas memotivasi, gak mungkinlah saya bisa nulis cerpen yg tentang ular ituuuh, dan cerpen saya akan teuteup 'tell' bukannya 'show.' Makasih sekali lagi buat semuanya, Suhu.
Yakin, programnya pasti diantri orang :)
Iwok mengatakan…
Hihihi ... makasih mba Ratih kalo memang apa yang pernah saya sampaikan ada yang nempel di hati. Mudah2an nanti saya bisa memberikan ilmu yang jauh lebih mengena. amiiin.

Hayu kita tambah lagi kadar semangatnya! ^^
Dian Onasis mengatakan…
saya mau lho kang diinfoin kalau kang iwok bikin training penulisan.. selama lokasinya terjangkau..hihihi

selalu menyenangkan memiliki guru seperti kang iwok.. tanya deh ama alumni blogfam online course kemaren itu..:)

sukses selalu ya kang... menebar kebaikan selalu menghasilkan jutaan kebaikan.. amin
Iwok mengatakan…
Terima kasih banyak Uni. senang sekali kalau memang saya bisa memberikan sedikit ilmu dan motivasi untuk tetap menulis.
Pelatihan nanti insya Allah online kok, jadi bisa diikuti oleh peserta dari mana saja :)
Benny Rhamdani mengatakan…
yuk... 2012 melaju sama naga
Iwok mengatakan…
tengkyu Bhai, yuk mariiiii :D
Yuk makan-makan kedondong... ;D
Iwok mengatakan…
Ngerujak dong Chi? :P
ophiee mengatakan…
mantap nih komunitasnya bang...
mampir jg dblokaku ya...

Postingan populer dari blog ini

Keajaiban Itu Ada; Bocil Sembuh dari Panleukopenia

Digitalisasi Usaha untuk Bertahan di Masa Pandemi

[Tips Menulis] Ketebalan Sebuah Naskah Novel?