Rabu, Agustus 28, 2013

#10DaysforAsean - Diversity of Harmony

#Day3

Sebuah slogan bagaimanapun dapat memberikan arti tersendiri. Kita bisa melihat tayangan iklan di media cetak dan elektronik yang selalu hadir dengan slogan atau tagline masing-masing. Tagline itu singkat, tapi terlihat unik dan menarik perhatian. Terkadang tagline atau slogan itu terlihat begitu bombastis, tetapi seringkali justru semakin mengundang kepenasaran calon konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan. Untuk itulah tujuan tagline diciptakan, bagaimana sebuah tulisan singkat dapat mempresentasikan sebuah produk sehingga dapat dikenali dengan mudah dan memancing minat konsumen. Sebuah trik marketing yang menjadi ujung tombak penjualan.  

Coca-Cola adalah produk yang memiliki slogan-slogan keren menurut saya. Media promo iklannya selalu berubah di setiap momen tertentu, dan selalu hadir dengan tagline yang pas dan menarik. Singkat, tapi tepat pada sasaran.  

Tak ubahnya dalam memperkenalkan sebuah produk, dunia pariwisata pun mengikuti cara yang sama. Harus diakui kalau Malaysia berhasil menciptakan sebuah tagline yang pada akhirnya melekat dalam benak mereka yang sudah menyaksikan tayangan promo pariwisata mereka. Tagline TRULY ASIA beserta lagu pengiringnya menjadi sesuatu yang sangat mudah diingat dan dikenali saat iklannya muncul di televisi.  

Bagaimana dengan Indonesia? Tagline BEAUTIFUL INDONESIA yang disematkan pada promo dunia pariwisata Indonesia sebenarnya cukup cantik dan menarik. Tetapi entah kenapa gaungnya tidak terdengar membahana. Kurang gencar promosinya? Bisa jadi.   Tapi, kalau saya diminta untuk membuat tagline baru untuk kepariwisataan Indonesia, maka saya akan menyodorkan ; DIVERSITY OF HARMONY.  

Kenapa? Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman; suku bangsa, bahasa, dan adat budaya. Semuanya dipersatukan dalam rangkulan Bhineka Tunggal Ika. Dengan begitu banyak perbedaan, keharmonisan dan tenggang rasa akan perbedaan itu masih tetap terjaga sehingga bangsa Indonesia tetap berada dalam kerukunan dan persatuan.  

Diversity of Harmony adalah simbol keberadaan Indonesia, dan menunjukkan bahwa perbedaan itu justru semakin membuat kita kaya. Sekarang, kekayaan itulah yang ingin kita tunjukkan dan bagikan pada dunia, agar mereka tahu diversity of harmony itu ada di Indonesia.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More