Rabu, April 01, 2015

[Tips] Proposal Pengajuan Naskah ke Penerbit


Kali ini saya coba posting tentang Proposal Naskah, ya, agar Tim Penerbit (Editor) yang menerima naskahnya nanti bisa melihat sekilas di awal, gambaran dari isi naskah tersebut; konsep bukunya seperti apa, target pembacanya siapa, dan keunggulan naskahnya apa saja. Contoh yang saya ajukan adalah proposal naskah untuk buku anak yang saya tulis (insya Allah sedang dalam proses penerbitan).

Format proposal naskah tidak harus terpaku seperti contoh di bawah ini ya, boleh kok dilengkapi selengkap-lengkapnya, disesuaikan dengan kebutuhan naskahnya masing-masing. Semoga bermanfaat dan membantu. :)

Proposal Naskah

Judul    : Dongeng Dari Dasar Laut
Penulis :  Iwok Abqary
Jumlah Cerita : 7 cerita @12 halaman

Sekilas tentang ‘Dongeng Dari Dasar Laut’

Dongeng dari Dasar Laut adalah kumpulan 7 dongeng dengan tokoh hewan-hewan di dasar laut. Meskipun setiap cerita berdiri sendiri, tetapi menggunakan tokoh-tokoh yang sama. Dengan demikian ada benang merah sebagai pengikat antar cerita melalui tokoh-tokohnya.

Konsep naskah ini adalah buku cerita bergambar. Dasar laut memiliki keindahan tersendiri, sehingga banyaknya ilustrasi yang menarik akan memperkuat cerita di benak pembaca anak. Pesan yang ingin disampaikan pun diharapkan lebih mudah dicerna.

Konsep Buku : Cerita bergambar

Target Pembaca : Anak usia dini yang masih dibacakan dongeng oleh orangtua, hingga anak usia sekolah dasar.

Kelebihan Naskah
  • Mengenalkan jenis-jenis hewan laut dan kehidupannya kepada anak.
  • Dilengkapi dengan fakta unik tentang hewan laut yang menjadi tokoh cerita, sehingga memberikan pengetahuan tambahan pada anak. Fakta unik ini diletakkan di akhir setiap cerita.
  • Setiap cerita menyisipkan pesan moral tentang persahabatan, kebaikan, tolong menolong, rajin belajar, pantang menyerah, berbuat baik, tanpa melupakan sisi hiburan bagi anak untuk bergembira.
  • Belum banyak buku kumpulan cerita lokal yang semuanya mengambil seting di dasar laut. Naskah ini bisa mengisi kekosongan tersebut dan merebut peluang yang ada.

15 komentar:

wow keren banget kang tipsnya, aku bookmark yah hehehe

Terima kasih kang...ini amat membantu saya

@salman - eilakan man, good luck ya.
@ardha - sama-sama, terima kasih sudah mampir :)

terima kasih mas ,artikelnya sangat bermanfaat :)

Kang, benarkah penerbit tidak mau menerbitkan tulisan yang sudah di publish kan di blog? Mohon pencerahannya.

maksud dari 12 halaman itu apa kak iwok....

Kang,saya mengirimkan naskah 10 hari yang lalu ke GPU, kemarin saya mendapatkan surat balasan bhw naskah sy sdh diterima dan dalam pertimbangan untuk diterbitkan. Mereka akan mengirimkan jawaban setelah 3 bulan. Pertanyaan sy kang, seberapa besar kesempatan naskah sy bisa diterbitkan?

Kang,saya mengirimkan naskah 10 hari yang lalu ke GPU, kemarin saya mendapatkan surat balasan bhw naskah sy sdh diterima dan dalam pertimbangan untuk diterbitkan. Mereka akan mengirimkan jawaban setelah 3 bulan. Pertanyaan sy kang, seberapa besar kesempatan naskah sy bisa diterbitkan?

Seberapa besar? saya nggak bisa jawab nih Ardha, soalnya hanya pihak editor yang tahu apakah naskahnya layak terbit atau tidak. Ditunggu saja ya, semoga segera ada kabar baik. Semangat! :)

sangat menarik untuk dicoba, saya ditolak mulu soalnya pas ngajukan proposal ke penerbit. :( moga setelah ikuti saran ini, proposalku diterima.

makalah sederhana | baju muslim pria | berita gadget

Aamiin .. semoga kali ini beruntun ya mas :)

sangat menarik untuk dicoba, saya ditolak mulu soalnya pas ngajukan proposal ke penerbit. namun saya masih belum putus asa sampe sekarang :)


berita gadget | naruto battle | permainan strategi perang | game hantu android

Tetap semangat mas El Baihaki. Insya Allah akan indah pada waktunya :)

terimakasih kang sangat membantu, tapi saya mau tanya. kalau misalnya naskah novel itu biasanya spacenya pakai "add space between" atau engga ya?

@Edo - add space between apa ya Do? Saya pake pengaturan standar dari word saja :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More