Senin, Oktober 22, 2018

Blogfam is Back!


Saya memulai dunia kepenulisan saya dari Blogfam (blogger family). Sebagai seorang blogger, saya sangat menikmati aktivitas saya dengan menulis ini dan itu, bahkan untuk tema-tema yang mungkin dianggap receh saat ini. Tapi itulah nikmatnya dunia blogging pada saat itu. Blog jadi media pelampiasan untuk menuliskan apa saja yang diinginkan tanpa perlu dibebani aturan dan bahkan jaga imej karena takut dicemooh orang. Buat saya, blog menjadi ajang suka-suka dan bersuka ria. Saya suka menulis, karena itu saya rajin ngeblog.

Jumpa Penulis Blogfam I di Bandung, 14 Januari 2006!

Dan di Blogfam inilah saya bertemu dengan para penulis yang sesungguhnya, bukan sekadar blogger yang hobi menulis di media online belaka, tetapi juga sudah memiliki buku sebagai karya nyata. Nama-nama seperti Labibah Zain (pustakawan dan penulis sekaligus founder blogfam), Isman Suryaman (sekarang lebih dikenal sebagai komika dan mentor di SUCA), Primadonna Angela, Tria Barmawi, Benny Rhamdani, Syafrina Siregar, dan buanyak lagi. Mereka lah yang kemudian membuat saya melek, bahwa blog bisa jadi sebuah media  dan jembatan meraih mimpi saya menjadi seorang penulis.

Jumpa Penulis Blogfam II di Bandung, 11 Desember 2006

Ya, saya memang pernah bermimpi jadi seorang penulis dengan banyak karya. Tapi sampai di titik itu, saya merasa tidak ada yang dapat menjembatani bakat dan hobi saya. Dan teman-teman blogger di Blogfam inilah yang kemudian menjadi guru dan penyemangat saya. Kepada merekalah saya sering melayangkan berbagai pertanyaan seputar dunia penulisan. Bahkan kalau ada pertemuan-pertemuan (kopdar Blogfam), saya rela menempuh perjalanan jauh dari Tasikmalaya agar bisa bertemu dan sharing dengan mereka.

Kopdar menyambut Elsa dari Belanda, Juni 2007

Bermula dari seorang Benny Rhamdani yang membuka kelas penulisan buku cerita anak bergambar (Picture book) di forum Blogfam dan saya ikut di dalamnya. Tidak disangka kalau cerita yang saya tulis ternyata lolos untuk diterbitkan. Woaah … saya merasa impian saya untuk memiliki buku sendiri mulai terbuka, dan saya tidak boleh menyia-nyiakannya. Masih di bawah bimbingan Benny Rhamdani, saya mulai merintis menulis buku sendiri. Sejumlah judul kemudian berhasil diterbitkan dan membuat saya semakin percaya diri kalau saya memang memiliki bakat di bidang ini.

Launching buku Blogfam -Ortu Kenapa, Sih? di Jakarta, Juli 2006

Alhamdulillah … hingga saat ini saya sudah menerbitkan tidak kurang dari 100 judul buku, sebuah pencapaian yang mungkin saja tidak pernah bisa saya raih kalau tidak bergabung bersama Blogfam.

So, Blogfam buat saya akan tetap menjadi sebuah rumah sampai kapan pun. Dan member-member Blogfam adalah saudara-saudara saya yang akan selalu ada dan untuk saling menyemangati. Karena itu, ketika Maknyak mengabarkan kalau Blogfam mau dibangkitkan lagi, perasaan saya meledak penuh rasa bahagia. Saya ingin melihat rumah itu hidup lagi, hangat lagi, dan penuh tawa lagi. Jadi YES, saya support untuk agenda #BlogfamisBack dan #BlogfamHomeComing. Ayo wujudkaaaan.

18 komentar:

Ye ye yeeee Blogfam Homecoming!!! Selamat datang Kang Iwok ... saya lebih rajin main ke rumah ini ketimbang si pemilik rumah *ngaku pokoknya* :D

Oya? Sekalian nyapu-nyapu kalo gitu. #sodorinsapu 😁

Hayuuukkk pengen ketemuan lagi..

Hayuuu ... Maknyak harus tanggung jawab nih 😆

Tahu nggak, Kang Iwok.. Di forum Blogfam, saya mungkin pernah nimbrung di threat-threat yang ada Kang Iwok. Suatu hari, ketika saya kuliah, di kampus saya, di fakulltas saya, ada pelatihan menulis dengan Kang Iwok sebagai narasumber. Pelatihan tersebut dilaksanakan di sebuah kelas kecil dan dengan peserta yang terbatas. Kang Iwok bicara cuma beberapa meter di depan saya, tapi saya nggak berani buat menyapa duluan *tutup muka

Woaah .. kenapa ngga nyapa? Kan bisa ngobrol nantinya. Hehehe Eh, Pelatihan yang di mana ya? UIN Jogja bukan?

Kangen sama blogfam.... Kangen di ruang diskusi belajar nulis, kangen saling ber email bikin cerita estafet...

Iya Rin, banyak kenangan sekali di Blogfam, tempat seru-seruan ya.

Soalnya aku pemalu *heleh*. Bukan, Kang. Dulu pelatihan di Teknik UI. Udah lama banget kok, bertahun-tahun lalu. Aku lulus kuliah udah 8 tahun yang lalu.

Waah yang di tehnik UI. Yg ngobrolin novel cewek tulalit traveling gokil ya? Duh, asli serem waktu itu berhadapan dengan mahasiswa UI. Hahaha

Yiaaay ... #langsungngaca 😂

Dan kita harus kopdar ya Mas, tularkan kembali virus rajin menulis yang receh tapi bernilai hehehe...

Hahaha ayo ah ketemuan. Mudah-mudahan waktunya pas ya, dan ada rezekinya 😁

Bakalan sibuk lagi mengasuh dan menggagas proyek menulis yang keren nih Kang Iwok :) semoga ke depan akan bisa merangkul para veteran ataupun yang baru mau belajar hehehe, amiin

Hahaha ... Saya kok makin ngga pede ngajarin nulis belakangan ini. Tapi kalau sekadar sharing-sharing aja sih hayulah 😁

Udah habis nyapu nyapu nih saya ... mana minumnya Kang? :D Eh dikasih bunga juga boleh hahahahaha

Saya sudah rajin nyapu2 loh, Kang ... naga-naganya saya bakal nyapu lagi di sini qiqiqiqiq kabuuurrrrrrr ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More